168 views | 3 Likes

Malioboro: Jalanan Sejuta Umat yang Romatis dan Memorable

4 star (from 3 people)
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 03 July 2018, 16:02:21
nur
Sightseeing

Whoops, kalau bicara soal Yogyakarta apa yang teringat di pikiran kalian? Jalan Malioboro? Atau malah teringat kenangan yang susah dilupakan? wkwkwk.

How to Get There

Ke Jogja rasanya belum lengkap kalo belum mampir ke Jalan Malioboro. Jalanan ini memang tidak pernah sepi pengunjung, mulai dari pagi hari hingga larut malam. Lokasinya yang berada di pusat kota, membuat banyak wisatawan selalu menyempatkan untuk datang ke jalan ini. Minggu kemarin, saya sempetin buat jalan-jalan ke Malioboro untuk sekedar menikmati malam minggu sambil mencari jajanan murah. 

Ngga susah buat cari lokasi jalanan ini karena dekat sekali dengan Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan. Buat kalian yang dari luar kota, bisa turun di salah satu stasiun tersebut dan jalan kaki saja menuju jalan Malioboro ini. Atau kalo kalian datang ke Jogja naik bus, dari terminal Jombor kalian bisa naik bus TransJogja koridor 2A dan 2B lalu turun langsung di halte Malioboro. Cukup mudah dijangkau bukan? 

What to Do

Jalan Malioboro ini dikenal sebagai jalanan yang romantis dan legendaris. Meskipun saya hanya berjalan kaki di sepanjang jalan ini, tentu saja saya ngga pernah bosen karena sambil berjalan-jalan kalian bisa membeli atau hanya sekedar melihat pernak-pernik khas di sepanjang jalan Malioboro. Jika beruntung, kalian juga bisa lho menikmati penampilan musisi jalanan yang lagi perform. Rasanya beda aja kalo ada di Yogyakarta, ada rasa khas yang gak bisa kalian temuin di kota kota lain. 

Keberadaan Malioboro sering dikaitkan dengan tiga tempat sakral di Jogja, yaitu Gunung Merapi, Keraton dan Pantai Selatan. Awalnya, jalan ini ditata sebagai sumbu imaginer antara Pantai Selatan - Keraton Yogya - Gunung Merapi. Jalan Malioboro mulai ramai sejak pemerintah Belanda membangun Benteng Vredeburg pada tahun 1790 di ujung selatan jalan ini. Dan kini, rasanya kurang afdol kalau ke Yogyakarta tapi nggak mampir e Jalan Malioboro. 

Selain belanja dan nonton performing arts, di jalan ini pengunjung juga bisa menemukan banyak makanan enak seperti Gudeg dan oseng-oseng mercon. Istimewanya, makanan-makanan ini dijual dengan harga yang relatif murah. Selain itu, disini juga kalian bisa mampir ke Angkringan Kopi Jos Stasiun tugu untuk mencicipi Kopi Jos yang super nikmat. Pecinta kopi, kalian nggak boleh melewatkan momen ngopi disini ya!

Di sepanjang jalan ini banyak banget wisata yang bisa kalian kunjungi seperti Benteng Vredeburg, Titik Nol Kilometer dan belanja oleh-oleh di Pasar Tradisional Beringharjo. Anyway, kalo kalian capek jalan, disini juga banyak transportasi umum seperti delman, becak dan juga Bus TransJogja. Jangan lupa bawa camera buat mengabadikan tiap momen indah kalian di Yogyakarta. 

Setiap sudut jalanan ini memang indah banget guys, mulai dari bangunan khas Jawa hingga gedung peninggalan Belanda yang tadi udah saya sebutin. Apalagi, ditambah dengan lampu-lampu jalan yang berwarna kuning semakin menambah kesan romantis wisata malam Malioboro. Karena suasananya yang romantis, tak heran kalau kalian akan menemukan banyak pasangan muda mudi yang menghabiskan waktu malamya di sekitar Jalan Maliboro ini. 

Kalo kalian lagi jalan-jalan ke Jogja dan ingin menikmati malam dengan santai, datang saja ke wisata malam di Jalan Malioboro. Yahh, meskipun hanya berjalan kaki disepanjang jalan ini, perjalanan kalian pasti akan terasa romantis, apalagi jika bersama pasangan.

Jadi, kapan kalian pulang ke Jogja? Indahnya kota dan banyaknya kenangan udah menunggu kalian:)

Video by Miftah Hulhuda

Tips and Trick

  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan-jalan.
  • Bawa kamera.
  • Jaga baik-baik barang bawaan kalian karena disini sangat ramai.
  • Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Berhati-hatilah, pastikan barang berharga kalian aman.

Gallery (10)

Comments (8)