223 views | 5 Likes

Antimainstream: Pantai Wedi Ireng, Pantai Berpasir Hitam dan Putih

4 star (from 5 people)
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 03 July 2018, 11:22:29
meliana
Tourist

Akhirnya sampe juga gue di Pantai Wedi Ireng ini. Masuk ke pantai ini sama sekali ngga dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Kalian cukup bayar...

How to Get There

Masih di Banyuwangi nih guys. Gue kemaren abis datengin salah satu pantai yang keren di Banyuwangi, namanya Pantai Wedi Ireng. Kalo bahas pantai emang ngga pernah ada abisnya di Banyuwangi ini dan rata-rata semua pantainya punya keunikannya tersendiri, termasuk Pantai Wedi Ireng ini.

Pantai Wedi Ireng berlokasi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Lokasinya cukup tersembunyi sehingga membuat pantai ini belum banyak dirambah wisatawan. Posisi Pantai ini diapit oleh Pantai Pulau Merah dan Teluk Hijau, jaraknya hanya sekitar 5 km dari Pantai Pulau Merah. Untuk menemukan pantai ini pun ngga susah guys, tapi butuh perjuangan buat sampe sananya.

Berangkat dari pusat kota Banyuwangi, jaraknya sekitar 65 km dan bisa ditempuh selama tiga hingga empat jam perjalanan. Dari kota Banyuwangi menuju ke Kecamatan Jajag dan ikuti aja petunjuk jalan menuju Pulau Merah. Tapi, sebelum Pulau Merah, ikuti jalan menuju Pantai Pancer yang jaraknya sekitar 3 km dari Pulau Merah. Setelah sampai di Pantai Pancer, kita harus memilih dua cara untuk sampai ke Pantai Wedi Ireng, yaitu dengan jalur Hutan dengan jalan kaki atau Jalur laut dengan perahu.

Buat kalian yang suka petualangan, jalur hutan ini cukup seru buat dilewati karena sebelum masuk pintu hutannya, kita harus menyebrangi muara sungai yang ada di Pantai Pancer yang dalamnya hingga sampai perut orang dewasa. Perjalanan melewati hutan ini agak menurun dan ngga terlalu melelahkan. 

Untuk jalur laut juga ngga kalah seru lho guys. Gue kemaren pake jalur ini sih soalnya. Hehehe.. Kalian cukup bayar ongkos perahu sebesar Rp 25.000 sekali jalan dengan fasilitas life jacket. Perjalanan ini ngga kalah seru karena kita bisa melihat Pulau Merah dari kejauhan, pegunungan pesisir selatan pantai Banyuwangi yang merupakan hutan alami juga melewati beberapa pulau.

 

 

What to Do

Akhirnya sampe juga gue di Pantai Wedi Ireng ini. Masuk ke pantai ini sama sekali ngga dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Kalian cukup bayar ongkos perahu aja tadi sama parkir sebesar Rp 5000. Murah banget kan ya? 

Rasanya semua lelah selama perjalanan jauh tadi terbayar setelah melihat indahnya Pantai Wedi Ireng ini. Dalam Bahasa Jawa, Pantai Wedi Ireng memiliki arti Pasir Hitam dan gue pikir pun pantai ini akan dilengkapi pasir berwarna hitam, tapi ternyata pasirnya berwarna putih guys! Lalu dimana keterkaitan nama Wedi Ireng nya? 

Ternyata nih guys, nama Wedi Ireng merefleksikan salah satu keunikan elemen yang terdapat pada pantai ini. Coba aja kalian keruk pasirnya, maka akan terlihat dibalik pasirnya yang putih ternyata menyimpan butiran pasir hitam di dalamnya. Inilah sebabnya kenapa pantai ini disebut dengan Pantai Wedi Ireng.

Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga wisatawan dapat menikmatinya dengan berenang, bermain air hingga snorkeling. Pihak pengelola pun telah menyiapkan beberapa fasilitas seperti kamar mandi, kursi malas, payung, kedai makanan dan persewaan alat snorkeling untuk wisatawan yang ingin menjelajahi bawah laut yang memiliki aneka terumbu karang dan ikan-ikan yang warna-warni.

Video by Dani Wijanarko

Tips and Trick

Gimana? Tertarik untuk dateng kesini? Gue rekomendasiin kalian semua buat dateng ke pantai ini karena pantai ini keren banget. Buat kalian yang suka, wisata pantai yang masih asri, alami dan tenang, Pantai Wedi Ireng ini cocok banget buat kalian kunjungi. Nah, sebelum berangkat, gue punya beberapa tips:

  • Bawa bekal air minum yang banyak
  • Bawa baju ganti dan peralatan mandi
  • Gunakan sunblock, kacamata hitam, topi, baju tipis dan sandal jepit.
  • Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Gallery (9)

Comments (8)