263 views | 1 Likes

Suka Wisata Extreme? Cobain Jembatan Ondo Langit di Wisata Alam Gumuk Reco

4 star (from 1 people)
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 09 April 2019, 13:19:31
jimmy
Tourist

Liburan ke Semarang? maka wajib berpetualang di jembatan ondo langit

How to Get There

Hai guys, explore Semarang lagi yuk! Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang emang dikenal sebagai kota yang padat akan gedung-gedung tinggi. Eitss, tapi tunggu dulu guys, Semarang ngga cuma punya wisata tengah kota aja, tapi juga ada beberapa wisata menarik yang bisa kamu kunjungi, seperti Kampung Talun Kacang, Puri Maerokoco, Taman Bunga Celosia dan Kampoeng Kopi Banaran. Kebetulan Minggu lalu ada hari libur, aku pun ngajakin beberapa temen-temen buat explore Semarang dan kami pun pergi ke Gumuk Reco Banyubiru.

Gumuk Reco Banyubiru ini memang belum lama dibuka, tapi udah cukup hits di kalangan warga Semarang lho guys. Lokasinya cukup deket sama Danau Rawa Pening, tepatnya di Dusun Kenongo, Desa Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Rutenya kalo kalian berangkat dari Semarang kota, arahkan aja kendaraan kalian menuju Ambarawa. Kalo udah sampe simpang tiga Bawen, belok ke kanan lewat jalan melingkar di Ambarawa. Ikuti aja jalan ini sampe di lampu merah trus belok kiri. Lurus terus sampe di simpang tiga dekat pasar. Belok kiri dan ikuti jalan ini dan sampelah di desa Sepakung Semarang.




What to Do

Desa Sepakung adalah sebuah desa yang ada di Gunung Telomoyo dimana keindahannya ngga usah diragukan lagi. Desa ini dibagi oleh beberapa titik seperti Cemoro Sewu, kawasan gardu pandang, kali kulon dan Gumuk Reco. Dari semua wisata ini, kami mengunjungi Gumuk Reco yang emang paling baru dibandingkan yang lainnya. Lalu, ada apa aja sih disini?

Dari sini kami bisa melihat keindahan pemandangan alam yang menakjubkan seperti hamparan perbukitan hijau yang dipenuhi pepohonan rindang juga landscape pegunungan yang indah. Ngga cuma itu guys, kalian juga bisa menikmati sejuknya udara khas pegunungan bikin seger banget. Cocok banget buat refresh pikiran dan melepas penat setelah lelah bekerja.

jembatan ondo langit

Sedikit cerita tentang asal usul Gumuk Reco nih guys, jadi Gumuk Reco punya arti Bukit Arca. Penamaan ini pastinya punya alasan yaitu karena kisah keberadaannya batu besar ini yang merupakan batu peninggalan Kerajaan Majapahit yang belum selesai dipahat menjadi arca. Sekarang Gumuk Reco telah diubah menjadi destinasi wisata yang keren untuk semua kalangan. Jadi, pengunjung ngga cuma bisa menikmati pemandangan alam aja, tapi disini juga ada beberapa wahana yang bisa dicoba juga berbagai spot instagramable.

jembatan ondo langit

Kalo dilihat secara konsep, wisata ini tergolong wisata yang cukup extreme ya guys. Misalnya aja ada wahana ayunan langit yang punya ketinggian hingga 800 meter. Konsep wisata yang seperti ini emang belakangan lagi hits ya guys, jadi sekalian bisa uji adrenalin. Dari semua wahana, yang paling aku suka adalah Jembatan Ondo Langitnya guys. Untuk mencoba wahana ini, pengunjung diharuskan membayar sebesar Rp 25.000 yang sudah termasuk sama peralatan pengamanan dan asuransi.

jembatan ondo langit
jembatan ondo langit

Awalnya serem juga sih jalan melintasi jembatan ini, tapi lama-lama juga udah biasa dan mulai menikmati pemandangan sekitar. Ngga lupa juga kami harus mengabadikan moment jalan di jembatan ini. Ngeri-ngeri seru lah pokoknya guys.

jembatan ondo langit

Perjalanan kali ini memang cukup seru guys karena emang kita sama sekali belum pernah kesini. Next time, pastinya kita bakal balik lagi kesini buat seru-seruan.

Video by Revanza Rvlog

Tips and Trick

Buat kalian sobat GoTravelly yang pengen dateng kesini juga, aku punya beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Tiket masuk wisata ini sebesar Rp 5.000 per orang.
  • Buat kalian yang dateng dari luar kota, saran aku mending sewa kendaraan dari kota Semarang untuk menuju kesini.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Pake alas kaki yang nyaman.
  • Jaga kebersihan.

Gallery (5)

Comments (1)