212 views | 1 Likes

Taman Sari Yogyakarta ~ Peninggalan Kerajaan Masa Lampau Yang Ramai Dikunjungi Wisatawan

4 star (from 1 people)
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 30 June 2018, 04:49:29
windiarinda
Sightseeing

● Kompleks Taman sari Jogjakarta ●
Setidaknya dapat dibagi menjadi empat bagian.
Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah Barat, bagian selanjutnya adalah bagian yang terletak di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbu

How to Get There

● Kompleks Taman sari Jogjakarta ●
Setidaknya dapat dibagi menjadi empat bagian.
Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah Barat, bagian selanjutnya adalah bagian yang terletak di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun, bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua, bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Bangunan yang ada dalam foto di bawah ini adalah beberapa bangunan yang tersisa dari Kompleks Taman Sari

 

 

 



-> Sumur Gumuling
Bangunan berbentuk lingkaran seperti cincin. Bangunan berlantai dua ini hanya dapat dimasuki melalui terowongan bawah air saja. Jadi untuk masuk ke bagian ini kita akan turun ke bawah dan menyusuri terowongan bawah air baru kemudian masuk ke bangunan ini. Sumur Gumuling pada masanya juga difungsikan sebagai mesjid. Di kedua lantainya terdapat mihrab, untuk imam memimpin shalat. Di bagian tengah bangunan terbuka dan terdapat 4 tangga naik dan bertemu di tengah, kemudian ada 1 tangga untuk naik ke lantai 2. Di bawah pertemuan tangga ada kolam kecil yang dulunya digunakan untuk tempat berwudhu.

 

 

 

 

 


-> Umbul Pasiraman atau Umbul Binangun
Dulunya merupakan kolam pemandian untuk Sultan, Permaisuri, Para istri, serta Putri Putri Raja. Dikelilingi dinding yang tinggi, terdapat dua gerbang masuk di timur dan barat. Di sekeliling kolam terdapat pot bunga raksasa. Ada bangunan tempat berganti pakaian dan istirahat Sang Sultan dan ada menara tinggi yang dahulu difungsikan untuk Sultan melihat permaisuri dan istri-istrinya yang sedang mandi

Cara untuk ke Taman Sari ini adalah dengan menaiki kendaraan pribadi, atau menyewa motor/mobil. atau sekarang juga sudah dipermudah dengan adanya Ojek dan Taksi Online. Lokasi Taman Sari ini dekat sekali dengan Alun ALun Kidul. Lebih mudah lagi jika menggunakan Google Maps.


Lokasi = Jalan Taman, Petahan, Kraton, Kota Jogjakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta
Tiket Masuk = Rp 5.000 / orang
Biaya Membawa Kamera professional Pribadi = Rp 3.000 /grup
Fee untuk Pemandu = Seikhlas hati

What to Do

 

 

Di Kawasan Wisata Taman Sari, Kalian bisa berjalan jalan melihat situs situs peninggalan Kerajaan sambil berfoto foto .  Berwisata sambil mempelajari sejarah masa lampau akan menambah ilmu pengetahuan kebudayaan kalian. Hal ini dapat menambahkan rasa cinta terhadap Negara Indonesia karena menyaksikan bukti kejayaannya pada masa lampau.

 

Tersedia warung warung yang menjual makanan khas Kota Gudeg ini . kalian bisa sejenak beristirahat di warung warung penduduk. Tersedia es krim potong yang dibalut dengan cokelat yang sangat lezat di jalan menuju pintu keluar setelah Sumur Gumuling, kalian wajib cobain kalo kesini.

 

Tips and Trick

Datang Ke Taman Sari Pagi Pagi agar tidak terlalu ramai.

Persiapkan Kamera terbaik Anda agar bisa mengabadikan tempat tempat bersejarah di Kawasan Taman Sari.

Jangan membuang sampah sembarangan di situs sejarah ini, karena kalau bukan kita yang menjaga Kekayaan warisan budaya kita, lalu siapa lagi ?

Jangan ragu untuk membayar jasa guide dan meminta penjelasan dari guide yang merupakan penduduk sekitar agar kita lebih mengetahui sejarah dari masing masing bangunan yang ada di kawasan Taman Sari.

 

Where to Stay

Berhubung Lokasi Taman Sari di Pusat Kota Yogyakarta, Kita bisa mencari penginapan di Sekitar Pusat Kota Yogyakarta Sesuai Budget masing-masing. Tersedia banyak sekali penginapan di Kota Yogya, mulai dari yang bernuansa tradisional kedaerahan sampai yang berarsitektur modern dengan harga tarif permalam mulai dari Rp 50.000

Gallery (7)

Comments (1)