255 views | 1 Likes

Candi Prambanan ~ Bukti Tingginya Peradaban di Indonesia Pada Masa Lampau

3 star (from 1 people)
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Category: Historical Places - Temple

Posted on 30 June 2018, 03:32:15
windiarinda
Sightseeing

~ Candi Prambanan ~
Atau Candi Roro Jonggrang adalaha candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun sekitar abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk trimurti, yaitu 3 dewa utama Hindu, yaitu Brahmana, Wishnu dan Siwa. Candi ini terletak di Keca

How to Get There

 

~ Candi Prambanan ~


Atau Candi Roro Jonggrang adalaha candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun sekitar abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk trimurti, yaitu 3 dewa utama Hindu, yaitu Brahmana, Wishnu dan Siwa. Candi ini terletak di Kecamatan Prambanan, Jogja. Berada persis di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta.


Candi ini termasuk situs warisan dunia UNESCO , merupakan candi hindu terbesar di Indonesia dan candi terindah di Asia Tenggara. Seperti bangunan candi Hindu lainnya yang bentuknya tinggi dan ramping ke atas dengan Candi Siwa sebagai Candi utama yang tingginya mencapai 47 meter di tengah tengah kompleks Candi Prambanan ini.

 

 

Cara untuk Ke Candi ini, dapat ditempuh dari Kota Yogyakarta menuju Kabupaten Sleman. Jika dari Bandara Adi Sutjipto, keluar lalu ke arah kanan lurus aja mengikuti Jalan Raya Solo sampai memasuki Kecamatan Prambanan. Pintu Utama Candi ada di sebelah Kiri saat baru memasuki Wilayah Kecamatan Prambanan. Dapat ditempuh hanya dengan waktu 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Kebetulan Saya menginap di Rumah Pakde yang ada di Jalan Kaliurang km 12,5, lalu mengendarai motor berdua dengan adik saya dari Jalan Kaliurang Sampai Ke Jalan Raya Solo . Hanya dalam waktu 1 jam perjalanan dan jalanan Jogja kala itu tidak terlalu padat.

Tiket Masuk :
Aku ambil paketan yang
Candi Prambanan + Ratu Boko = Rp 75.000 /orang
Free shuttle bus dari Prambanan ke Situs Ratu boko dan kembali ke Candi Prambanan
Akses ke lokasi :
Kendaraan Pribadi Motor Atau Mobil, sekitar 30 menit dari Bandara Adisutjipto.
Kalau dari Bandara keluar pintu Bandara ke arah kanan lurus aja ikutin jalan raya Solo, ntar masuk kecamatan Prambanan ada pintu gerbang masuk lokasi Candi Prambanan sebelah kiri di persimpangan.

What to Do

 

 

What to Do:


*Pengunjung dapat menikmati arsitektur candi yang kental dengan budaya Hindu . Dapat bersantai di pinggiran candi . Tentunya dapat berfoto foto mengabadikan moment . 

*Pengunjung juga bisa melihat museum Candi Prambanan yang ada di kawasan Candi. 

*Ada juga tempat penyewaan pakaian adat jawa dan kalian bisa berfoto dengan memakai pakaian adat jawa dengan latar Candi Prambanan dengan hanya membayar R 50.000/orang

*Dan juga ada Orang yang memakai pakaian khas ikon ikon perwayangan , dan kalian bisa berfoto bersama dengan dikenakan tarif.

*Restoran yang menyediakan makanan khas daerah Yogyakarta juga terdapat di kawasan ini. Untuk yang tidak membawa bekal dapat memesan menu sesuai budget pribadi.

*Masih di area parkir Candi, terdapat pasar yang menyediakan cendera mata khas Yogyakarta yang bisa kalian bawa pulang sebagai oleh-oleh. Juga jajanan jajanan pasar khas daerah Yogyakarta bisa kalian cicipi.

 

 

 

 

Selain berwisata untuk melihat tempat tempat yang baru, Kalian juga bisa merenung disini seraya mengagumi akan majunya peradaban bangsa di Masa Lampau. Sehingga bangga menjadi anak Indonesia dengan segudang wisata alam dan budaya serta peninggalan sejarah yang menarik untuk segera dikunjungi.

 

 

 

 

 

Indonesia itu Indah Kan?

Tips and Trick

Tips dari Aku :

Kurangi terlalu banyak foto , beberapa x jepretan yang mewakili keindahannya saja sudah cukup, karena pada hakikatnya travel adalah menikmati keagungan dan kuasa TUHAN YME. Dan mengembalikan ke diri bahwa kita ini kecil dan tidak ada apa apanya. Sehingga terciptalah makna travelling yang sesungguhnya yaitu menikmati alam.

Tips selanjutnya:
Bawa minum ya, soalnya bakalan dehidrasi kalau keliling Candi ini tanpa asupan cairan di tubuh yang banyak. 

Jangan lupa untuk membawa Kacamata dan Topi atau payung, karena cuaca di kawasan Candi jika panas akan sangat menyengat di kulit. Jadi tetap lindungi diri anda walaupun sedang Traveling.

 

Where to Stay

Untuk wisatawan dari luar kota, Kalian bisa menginap di Kota Yogyakarta , tersedia banyak sekali penginapan di Kota ini.

Gallery (7)

Comments (1)