4 star (from 2 people)
180 views | 1 Likes
Air Terjun Sipiso Piso ~ Air Terjun Sebagai Ikon Wisata Provinsi Sumatera Utara
Karo, Sumatera Utara, Indonesia
Category: Waterfall

Air Terjun Sipiso Piso ~ Namanya Tak Asing lagi didengar karena memang Air Terjun ini adalah ikon wisata di Provinsi Sumatera Utara. Sebagai Air Terjun yang memiliki ketinggian sekitar 120 meter, sehingga untuk mencapai dasar air terjun ini, kita akan men

Posted on 30 June 2018, 02:07:12
windiarinda
Sightseeing
Location on Google Maps
Air Terjun Sipiso Piso
Tongging, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22173, Indonesia
How to Get There

Saat Memasuki Kawasan Air Terjun Sipiso Piso kita akan dihadapkan pada pemandangan ini

 

Air Terjun Sipisopiso atau Sipiso-piso adalah sebuah air terjun yang berada di Dusun Hutabaringin, Desa Tongging, Kecamatan MerekKabupaten KaroProvinsi Sumatera UtaraIndonesia. Air Terjun Sipisopiso memiliki ketinggian hingga 120 meter[1] dan mengucur deras membentuk garis vertikal sempurna. Sehingga Air Terjun Sipisopiso masuk dalam air terjun tipe Plunge. Air Terjun Sipisopiso berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba serta terbentuk pada aliran Sungai Pajanabolon yang merupakan salah satu sungai menyuplai air ke Danau Toba. Air Terjun Sipisopiso berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan air laut. Nama Sipisopiso diambil dari nama sebuah Gunung yang berada tepat di timur laut Air Terjun Sipisopiso. Gunung yang juga disebut Dolok Sipisopiso ini memiliki ketinngian sekitar 1.860 meter di atas permukaan air laut. Pemandangan di atas adalah pemandangan yang Saya saksikan dan Saya abadikan saat baru memasuki kawasan wisata ini.

 

 

Untuk Mencapai Air Terjun ini, dapat ditembuh dari dua arah. Yang pertama bisa dari Kota Medan-Brastagi-Sipiso Piso dan yang kedua Bisa dari arah Kota Medan-Siantar-Sipiso Piso. Saya dan teman teman mengambil jalur dari Medan-Brastagi-Sipiso Piso. Perjalanan kami dimulai pukul 01.00 WIB dinihari dengan menggunakan mobil pribadi dan kecepatan standar. Kami sampai di Air Terjun Sipiso Piso sekitar pukul 06.00 WIB pagi hari dan cuaca sedikit mendung, sehingga ksesegaran alam di sekitar Air Terjun Sipiso Piso dapat kami hirup. Perjalanan dimulai dari Kota Medan lalu memasuki Jalan Jamin Ginting, dan menanjak ke daerah dataran Tinggi Brastagi, lurus terus sampai Kota Kabanjahe, Sampai di Kabanjahe Kita harus belok kiri memasuki Jalan Kabanjahe-Merek , Jangan lupa untuk selalu gunakan Google Maps dalam perjalanan, dan jika ragu anda dapat bertanya di SPBU yang buka 24 jam di sekitar Kota Kabanjahe. mengikuti jalan sampailah di Jalan Saribu Dolok, dan harus Belok Kanan di Plang besar yang tertulis Air Terjun Sipiso Piso. 

 

Tiket Masuk : Rp 5.000/orang 

Parkir Mobil : Rp 5.000

What to Do

 

Di Kawasan Wisata Air Terjun Sipiso Piso, Kita dapat duduk bersantai menikmati pemandangan air terjun ini dari kejauhan. Jika memiliki kaki yang kuat dan stamina yang masih fit, bisa menjejaki tangga tangga sampai ke dasar Air Terjun. Karena memiliki ketinggian sekitar 120 meter, maka ada ratusan anak tangga yang bakal kalian tempu jika ingin melihat Air Terjun ini dari bawah.

Jika tidak tertarik untuk menuruni anak tangga, Kita masih dapat menikmati keindahan Air Terjun ini sambil duduk bersantai menikmati makanan yang kita bawa. 

 

 

 

Dari Kawasan Wisata AIr Terjun Sipiso Piso, Kita juga dapat melihat Keindahan Danau Toba dari atas. juga dapat berfoto dengan latar seperti diatas dengan bakground Danau Toba , Danau Terluas di Asia Tenggara yang sangat mempesona.

 

 

Jika kalian berkeliling kawasan ini, di ujung perputaran parkiran , terdapat , wahana wahan atau spot foto keren seperti rumah pohon yang bisa kalian naiki untuk berfoto dengan hanya membayar Rp 5.000/orang. Suasana berada di rumah pohon dengan latar Danau Toba bakal kalian dapatkan disini. Terdapat pula spot spot foto lain yang sengaja dibangun dari kayu kayu, dan dibuat secantik mungkin oleh pengelola kawasan wisata , untuk menarik pengunjung Zaman Now yang hobinya berselfi ria.

 

Terdapat banyak sekali warung yang menyediakan makanan, juga makanan khas daerah Karo. Kalian juga membeli cendera mata khas Khas daerah Sumatera Utara, atau misalnya Kaos Kaos bertuliskan Air TErjun Sipiso Piso , sebagai oleh oleh untuk sanak saudara, dan sebagai tanda kalau kalian sudah berkunjung ke Air Terjun Sipiso Piso

 

 

 

 

 

 

 

Tips and Trick

* Kalau lagi wisata ke Air Terjun Sipiso-Piso ini , Kita harus siapkan fisik yang sehat dan stamina yang fit. Karena akan ada rausan anak tangga yang menanti untuk dilalui heheheheh

Sayang banget kan Kalau udah jauh jauh kesini , tapi cuma liat dari kejauhan tanpa bisa merasakan kesegaran airnya.

* Jangan Lupa untuk membawa makanan dari rumah atau dari penginapan tempat kalian menginap , walaupun tersedia banyak sekali warung yang menjual nasi serta lauk pauknya, tapi lebih nikmat membawa bekal untuk dimakan sambil menatap Air Terjun ini diatas rerumputan. Jangan lupa juga membawa alas duduk , walaupun ada penyewaan alas duduk, tapi kan lumayan berhemat kalau bawa sendiri heheh.

* Selalu hati hati saat berada di lokasi wisata Air Terjun ini , karena memang keamannya kurang diperhatikan pengurus wisata.

* Siapkan kamera terbaik anda dengan baterai yang full untuk mengabadikan momen saat berada di Air Terjun ini.

 

 

Where to Stay
Untuk pengunjung dari luar Kota, bisa menginap di Kota Medan, atau juga bisa menginap di Kota Pematang Siantar. Terdapat banyak sekali hotel dan penginapan di Kota ini tinggal disesuaikan dengan budget kita.
Gallery (6)
Comments (1)