285 views | 1 Likes

Danau Linting ~ Pesona Keindahan Danau Dengan Air Panas di Sumatera Utara

4 star (from 1 people)
Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia
Category: Lake Exploring

Posted on 30 June 2018, 00:59:08
windiarinda
Sightseeing

Danau Linting , danau yang terletak di Kabupaten yang sama dengan tempat kelahiranku. Danau ini persisnya terletak di tiga desa, Desa Sibunga-bunga, Desa Gunung Manumpak, dan Desa Durian IV Mbelang, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Sedang, Provinsi Suma

How to Get There

 

Lahir dan Besar di Sumatera Utara membuatku bersyukur. Karena alamnya yang lengkap dan banyak terdapat keunikan alam yang membuatku mengerti betapa besar anugerah Tuhan di tempatku lahir dan betapa indahnya ciptaan Tuhan di kampung halamanku ini. Mulai dari Pantai, Air Terjun, Sungai, Danau, Gunung , semua ada di kampung halamanku ini. Kali ini Aku akan ngebahas tentang Danau Linting, Salah satu Danau dengan Air yang panas yang ada di Deli Serdang, Sumatera Utara.


Danau Linting , danau yang terletak di Kabupaten yang sama dengan tempat kelahiranku. Danau ini persisnya terletak di tiga desa, Desa Sibunga-bunga, Desa Gunung Manumpak, dan Desa Durian IV Mbelang, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Sedang, Provinsi Sumatera Utara. Danau ini merupakan Danau di Indonesia yang merupakan danau dengan air yang panas, yang pertama adalah yang sangat terkenal yaitu Danau Segara Anak yang terletak di Gunung Rinjani dan satunya lagi adalah Danau Linting ini. 

 

 

Sebagai objek wisata yang bisa dibilang langka, namun Danau ini masih belum dikenal oleh banyak orang, padahal pemandangan airnya yang hijau dapat menarik banyak wisatawan. Namun, Danau ini belum bisa sejajar seterkenal Danau Toba, mungkin karena memang Danau ini belum diolah secara maksimal, baik dari segi fasilitas maupun infrastruktur jalan yang belum ideal. Namun Saya yakin Danau Linting ini bakalan termashyur suatu saat dan bermanfaat bagi kehidupan penduduk setempat. Karena pesona alamnya yang indah nan mempesona. Merasa bersyukur lahir di SUMUT. 

 

Cara untuk Kesini bisa dari Kota Medan, menuju Deli Tua dan mengikuti jalan sampai ke Kecamatan STM Hulu. BIsa juga dari Amplas Menuju Patumbak dan akan sampai di Kecamatan STM Hulu juga. Dan dapat juga ditempuh dari Kota Tanjung Morawa melewati Jalan Bandar Labuhan atau Jalan Limau Manis dan berakhir di Kecamatan STM Hulu. Untuk Mencapai Kesini Saya dan Teman Saya cuma berbekal Google Maps, dan bertanya dengan orang Sekitar jika sudah tak tahu arah. Saya Bergerak dari Medan Menuju Deli Tua untuk ke Danau Linting menggunakan motor dan Butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan.

 

 

 

 

Berhubung hari itu adalah Hari Jumat, jadi lokasi wisata sepi, cuma ada 1 rombongan keluarga yang memang tinggal ga jauh darisitu, dan penduduk sekitar yang menjaga Danau dan yang memiliki gubuk gubuk di sekitar kawasan wisata.

Tiket Masuk plus parkir motor Rp 5.000 per orang  

 

 

What to Do

 

Di Danau ini konon katanya harus bersikap baik dan berkata kata sopan, karena jika tidak, akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Diperbolehkan mandi tapi hanya dipinggir, kalau Aku cuma duduk menikmati pemandangannya nan hijau plus foto foto hehehe. Itu caraku menikmati alam nan indah ini.

 

 

Kalian bisa bersantai dengan duduk di pinggir Danau yang airnya hangat dan sangat hijau ini . Menikmati Suasana alam yang jauh dari kebisingan , serta Pepohonan yang hijau dapat menyegarkan mata, dan menghilangkan beban pikiran , serta membebaskan kita sejenak dari rutinitas hidup.

 

Tak Lupa Pula mengabadikan momen momen dengan berswa foto ria, sebagai tanda kalian pernah menginjakkan kaki di Danau Linting ini. 

 

Terdapat pula pondokan yang dimiliki oleh warga sekitar dan kalian bisa memesan minuman hangat, kopi atau teh untuk menemani waktu bersantai kalian di Danau ini. Juga tersedia makanan makanan ringan yang akan melengkapi waktu bersantai di tempat yang asri ini.

 

Di dekat Danau Linting ini, Juga terdapat Air Terjun yang biasa disebut dengan Air Terjun Pelangi oleh penduduk sekitar , untuk kalian yang suka menantang adrenalin untuk menjajaki Air Terjun di Indonesia. Kalian bisa bertanya pada penjaga Danau LInting ke arah mana Air Terjun Pelangi, dan kalian juga bisa diantar ke Air Terjun Pelangi langsung.

 

Tips and Trick

Tips dari Saya Jika Anda berkunjung ke Danau Linting , diantaranya :

* Jangan Malu bertanya pada penduduk di sepanjang jalan saat mencari Lokasi Danau Linting ini, karena Malu bertanya sesat kemudian

* Usahakan jangan Mandi, walaupun Airnya sangat menggugah selera untuk nyebur , karena pasalnya kedalaman Danau ini belum terdeteksi

* Tetaplah berkata kata sopan dan berperilaku wajar di Danau ini, untuk menghargai kepercayaan penduduk sekitar yang sangat menjaga tempat ini.

* Bawa makanan , karena di tempat ini tidak terlalu banyak penjual makanan ,

* Buanglah bungkus sampah pada tempatnya , mari menjaga alam Indonesia agar tetap asri

* Jangan ambil apapun kecuali foto, Jangan tinggalkan apapun kecuali kenangan akan indahnya Danau LInting ini

 

Where to Stay

Untuk yang dari Luar Kota, bisa menginap di Kota Medan atau di Tanjung Morawa lebih dekat dengan Bandara Internasional Kualanamu. TErdapat banyak sekali Hotel maupun penginapan dengan harga yang variatif.Saran Saya, menginap di daerah Tanjung Morawa , dan pilih alternatif jalan dari Jalan Bandar Labuhan untuk Ke Danau Linting ini.

Gallery (5)

Comments (1)