306 views | 2 Likes

Agrowisata Bhakti Alam: Wisata Edukasi Keluarga yang Wajib Dikunjungi

4 star (from 2 people)
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
Category: Attraction

Posted on 28 June 2018, 15:56:34
lingling
Sightseeing

Agrowisata Bhakti Alam merupakan sebuah wisata berkonsep alam perkebunan dan peternakan yang belakangan ini lagi banyak dibicarakan orang. Bhakti...

How to Get There

Hi guys. Akhirnya bisa nulis review lagi nih di GoTravelly setelah liburan panjang Lebaran kemaren. Saya mau cerita tentang pengalaman liburan saya selama liburan kemarin. Lebaran kemaren saya banyak menghabiskan waktu di Surabaya karena kebetulan semua keluarga besar berkumpul disini. Karena banyak ponakan yang masih kecil-kecil, tante ku berinisiatif buat ngajakin kita semua liburan ke luar kota sebentar.

Kota terdekat yang akan kami putuskan adalah Pasuruan untuk mengunjungi AgroWisata Bhakti Alam. Pejalanannya hanya 1,5 jam saja dari kota Surabaya. Bhakti Alam berada di Desa Ngembal, Kecamatan Tutu, Kabupaten Pauruan dan untuk menuju ke lokasinya juga gampang banget karena banyak petunjuk yang bertuliskan “Bhakti Alam” di setiap persimpangan jalan. Medan menuju Bhakti Alam juga naik turun karena lokasinya berada di ketinggian 550 mdpl. Di sepanjang perjalanan kita bisa melihat beberapa penduduk yang menjual beberapa sayuran dan buah-buahan. 

What to Do

Agrowisata Bhakti Alam merupakan sebuah wisata berkonsep alam perkebunan dan peternakan yang belakangan ini lagi banyak dibicarakan orang. Bhakti alam ini berdiri di lahan seluas 60 hektare dan dihuni oleh banyak pepohonan rindang nan hijau. Bisa dibayangkan gimana sejuknya udara disini, apalagi lokasinya deket ada di pegunungan.

Buat kalian yang capek jalan kaki, ngga usah khawatir karena disini udah disediain kereta wisata yang siap mengantar pengunjung berkeliling, tapi harus antri dulu ya guys. Perjalanan naik kereta ini memakan waktu sekitar 40 menit karena kereta akan berhenti di beberapa area seperti Milk Kingdom, Area Tanaman Melon, Area Tanaman Buah Naga, Area Tanaman Belimbing dan yang terakhir adalah rest area.

Di pemberhentian pertama, yaitu Milk Kingdom, kami disambut oleh dua sapi perah. Disini pengunjung bisa membeli ice cream yogurt, susu yogurt, pernak pernik susu dan segala sesuatu berbahan dasar susu. Sebelum membeli, saya sempat mencicipi free yogurt yang ditaruh dalam gelas plastik kecil.

Selanjutnya, kami mengunjungi area tanaman melon. Melon disini merupakan melon kuning ya guys, jadi sejenis melon golden gitu. Melon-melon ini ditanam di ruangan khusus Green House dan digantung menggunakan benang dan kawat. Pengunjung juga diperbolehkan mencicipi melon yang sudah dikupas. Rasanya manis dan seger lho guys.

Untuk area tanaman belimbing dan buah naga, disini pengunjung bisa mencicipi manisnya buah naga dan banyak sekali anggota keluarga saya yang ngeborong buah-buah naga tersebut.Ohya, belimbingnya juga ga kalah manis lho guys.

Terakhir, sampailah kami di Rest Area yang merupakan pusat semua fasilitas. Disini pengunjung bisa melihat area taman bunga, penjual souvenir, permainan ATV, kios buah dan cottage. Disini banyak banget spot foto yang biasa diabadikan oleh pengunjung. Buat kalian yang laper, ngga usah khawatir karena disini juga sudah ada food court.

Video by Maxfur Hary

By the way, Bhakti Alam juga menerima kegiatan outbound yang fasilitasnya lengkap banget, seperti rombongan barak berisi 55 orang dan juga dilengkapi dengan kamar mandi. Wahana disini juga lengkap banget, seperti camping ground, flying fox dan hall.

Jalan-jalan ke Vhakti Alam ini rekomended banget buat kalian guys, apalagi kalian yang mau adain acara outboud ataupun berwisata bersama keluarga. Konsepnya yang fun, fruity and education ini benar-benar membuat pengunjung merasa nyaman berwisata disini. Terbukti dengan banyaknya wisata yang mendidik namun juga ngga ngebosenin, seperti melihat pasteurisasi yogurt, keju dan olahan susu lainnya. Terlebih, pengunjung juga bisa melihat proses pengolahan susu mulai dari pemerahan hingga menjadi susu siap minum.

Tips and Trick

Nah, itulah info mengenai Agrowisata Bhakti Alam ini. Buat kalian yang mau berkunjung, saya punya beberapa saran:

  • Harga tiket hari Senin - Jumat Rp 30.000 per orang dan Rp 35.000 per orang untuk hari Sabtu-Minggu.
  • Harga tiket sudah termasuk dengan sepotong buah segar melon, jus buah dan susu segar.
  • Agrowisata Bhakti Alam buka setiap Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00
  • Buat kalian yang pengen adain acara outbound, bisa klik infonya disini.
  • Bawa kamera.
  • Bawa baju ganti jika ingin bermain air di kolam renang.
  • Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Gallery (11)

Comments (4)