Jembatan Akar Bayang

jembatan akar bayang

sendi | Sightseeing
Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia | City Trip
21 Nov 2016


Jembatan Akar Bayang
Kita pasti sering melewati jembatan penyeberangan atau jembatan layang bukan.. Bagaimana dengan jembatan akar? Apa sudah pernah dengar atau mencobanya? Jembatan akar yang saya maksud di sini merupakan jembatan yang terbuat dari akar pohon, selain di Ba

How to Get There

Jembatan akar ini berada di Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Berangkat dari kota Padang (melalui Teluk Bayur) menuju kota Painan setelah itu dilanjutkan ke Kecamatan Bayang untuk menuju lokasi Jembatan Akar ini.

 

 

Begitu memasuki kawasan jembatan akar ini, pastikan bahwa kita melihat tembok bertuliskan selamat datang, yang terletak di pinggir jalan.

 

 

 

What to Do

Sebenarnya jembatan akar ini sudah diresmikan menjadi obyek wisata pada tahun 1992.

Untuk menuju jembatan akar ini, kita harus membayar retribusi Rp. 5.000 per orang.

 

Di sini kita tidak dapat langsung menyebrangi jembatan akar, namun kita harus menuruni sejumlah anak tangga menuju ke tepi Sungai Bayang terlebih dulu hingga akhirnya terlihatlah sosok jembatan akar yang mempesona ini.

 

Jembatan akar ini merupakan hasil lilitan akar dari dua pohon beringin yang bersebrangan di kedua sisi sungai, jembatan ini menjadi penghubung dua wilayah (kampung).

 

Menurut cerita penduduk sekitar, sebenarnya jembatan akar ini merupakan campur tangan manusia dan alam. Awalnya antara dua pohon beringin yang berseberangan ini diberi bambu sebagai perantara untuk menyebrang. Perlahan-lahan bambu tersebut patah karena termakan usia, namun akar dari pohon beringin itu sudah terlilit di bawah bambu itu sehingga terbentuklah jembatan akar.

 

 

Belakangan ini diberi papan kayu sebagai pijakan serta diberi tali penyangga yang terbuat dari baja untuk memperkokoh jembatan akar ini.

 

   

 

Selain menikmati pesona jembatan akar ini, kita juga dapat melihat anak-anak dari kampung sekitar yang sedang bermain pelampung (yang terbuat dari ban) di Sungai Bayang ini.

 

 

 

Tips and Trick
  • Karena sudah berumur 100 tahun, kita harus waspada saat melewati jembatan akar ini, takutnya ada akar yang sudah rapuh
  • Apabila bermain di sungai, perhatikan cuaca, karena di musim hujan debit airnya sewaktu-waktu bisa deras
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  •  

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY