5 star (from 2 people)
382 views | 2 Likes
air terjun sumber pitu tumpang yang sejernih kaca
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Pesona alam di indonesia ini memang tak akan ada habisnya guys untuk di eksplore akan keindahannya. Duwet krajan adalah salah satunya, Sebuah desa yang terletak di paling selatan kecamatan Tumpang tepatnya berada di kaki gunung tengger. Karena letaknya be

Posted on 26 June 2018, 13:37:29
Location on Google Maps
Sumber Pitu Waterfall
Krajan, Duwet Krajan, Tumpang, Malang, East Java 65156, Indonesia
How to Get There

Untuk menuju ke air terjun sumber pitu ini guys , dari kota malang arahkan kendaraan anda ke Tumpang dan ikuti saja arah ke Gunung bromo atau coban pelangi karena masih satu jalur. Namun setelah sampai di balai desa wringinanom anda akan menemukan pertigaan arah ke duwet krajan serta terdapat papan spanduk air terjun sumber 7 disitu. Ikuti saja arah itu hingga memasuki desa duwet krajan. Sesampai disana kita akan menemukan banner lagi untuk menuju air terjun sumber pitu , nah disitulah terdapat jasa penitipan kendaraan yang umumnya di kelola oleh warga sekitar dengan memanfaatkan lahan rumahnya sebagi tempat parkir. Untuk biaya parkir sangatlah terjangkau hanya dengan Rp.5000 kita bisa menitipkan motor kita pada warga dan Rp.10.000 untuk mobil ni guys.

Setelah memarkirkan kendaraan kita ni guys , di lanjutkan tracking kurang lebih 3 km melewati perkebunan sayur warga sekitar yang sangat indah dan asri. Pertama konstruksi jalan sudah berupa beton yang menurun saat melewati hutan bambu , namun setelah itu berupa jalan setapak pada umumnya. Di sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan keasrian perkebunan sayur serta beberapa tebing tinggi yang berdiri kokoh membuat jauhnya perjalanan kita seakan tidak terasa capek.

Dan setelah menempuh 30 menir perjalanan dengan menuruni beberapa bukit , kita akan sampai di bagian paling dasar tepatnya di muara sungai yang sangat jernih. Disini terdapat sebuah pos yang terbuat dari bambu, nah disini kita akan di kenakan biaya masuk sebesarRp.5000/org ni guys.

 

    

Karena melimpahnya air yang keluar di sumber pitu ini, dibangunlah tandon PDAM yang di fungsikan untuk menyalurkan air ke pemukiman warga ,serta terdapat kolam alami yang sangat jernih hingga dasarnya pun terlihat meskipun mempunyai kedalaman 1 sampai 2 meter. Air di sumber pitu ini begitu dingin dan segar dikarenakan secara geografis terletak di kaki gunung tengger. Disini juga terdapat pohon yang rimbun membuat tempat ini semakin alami dan asri.

 

What to Do

 Selain kita akan di suguhkan oleh kecantikan air terjun sumber pitu , disini kita akan mendapatkan bonus sebelum menuju ke tujuan utama yang berupa air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter yaitu air terjun wringin gantung ni guys. Dinamakn air terjun wringin gantung dikarenakan terdapat pohon beringin disisi barat atas air terjunnya. Dalam bahasa jawa "wringin" berarti pohon beringin serta "gantung" berarti menggantung jadi kalu di kombinasikan dalam bahas indonesia adalah pohon beringin yang menggantung. Kesejukan dari hembusan air terjun wringin gantung membuat rasa capek selama perjalanan menuju kesini akan terbayar, terlebih lagi jika kita beruntung , kita bisa melihat pelangi kecil di bawah air terjun yang membuat tempat ini semakin eksotis.

Yang pasti kita bisa menikmati indahnya 2 airt erjun dalam satu lokasi yang memiliki keunikan tersendiri. Pastinya anda bisa bermain air sambil mengabadikan moment dengna bidikan camera anda ni guys, karena setiap sudut di kawasan air terjun ini memiliki keindahan yang unik dan pastinya sangat asri ni guys.

Setelah mneikmati sejuknya hembusan di air terjun wringin gantung ni guys , kita bisa menuju ke tujuan utama yaitu air terjun sumber pitunya ni guys taj hauh letaknya hanya butuh tracking ke atas satu menit melalui anak tanga alami dari tanah.

Nah disini kita bisa mneikmati indahnya air yang mengalir dari beberapa titik bebatuan yang berjajar dan sangat deras serta memiliki kolam alami yang sangat jernih di bawahnya akan membuat anda terpesona saat melihatnya ni guys. saking jernihnya air membuat dasar kolam pun  terlihat dan pastinya akan menggoda anda untuk mencicipi sejuknya air terjun sumber pitu ini guys , air nya sangat sejuk dan dingin yaaa karena berasal dari bawah tanah dan anda harus kuat dan tahan terhadap dinginnya air yang bisa menusuk tulang anda saat bermain di kolam alami air terjun sumber pitu ini guys.

 

Tips and Trick

Oh ya ni guys sedikit tips jika anda berkunjung ke air terjun sumber pitu ini , anda harus siap tenaga untuk tracking pulang dan pergi saat menuju ke air terjun , jadi makanlah dan isi tenaga anda sebelum berkunjung ke air terjun ini. Pakailah alas kaki yang anti selip karena jalan menurun dan bisa licin , setelah itu bawalah minum yang pasti karena anda akan tracking yang lumayan  juah apalgi saat teriknya matahari menyengat tubuh kita ni guys. Sebenarnya sudah ada warung yang berjualan makanan dan minuman di dasar sungai namun letaknya berada di dekat air terjun. Setelah bermain air , disini sudah tersedia kamar mandi ni guys jadi anda jangan khawatir jika anda berbasah-basahan setelah bermain di air terjun sumber pitu ini guys.  

 

 

Gallery (2)
Comments (8)