413 views | 1 Likes

keindahan air terjun gumandar part 1

4 star (from 1 people)
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 12 June 2018, 14:29:40

Selamat pagi traveller dan salam lestari ,
Pagi yang cerah dengan birunya langit membuat langkah kaki ini tak ada hentinya untuk mengeksplore salah satu keindahan alam indonesia ini.
Kali ini guys saya bakal mengajak kalian semua untuk mengeksplore sala

How to Get There

Untuk menuju ke air terjun gumandar ni guys kalian harus menempuh perjalanan menuju ke desa Dayurejo kecamatan prigen jatiarjo kabupaten pasuruan atau lebih tepatnya ni guys jika kalian dari pandaan lurus saja ke arah perempatan jetak dan ambil arah ke prigen dan anda tinggal mengikuti arah ke wisata pamitra bike park karena untuk menuju ke air terjun gumandar anda harus memarkirkan kendaraan kalian disitu guys. Jalannya pun sudah enak ni guys hingga sampai di desa dayurejo namun setelah memasuki wisata pamitra bike park jalan berubah menjadi paving namun tak sampai di parkiran jalan berubah menjadi bebatuan makadam yang bisa memacu andrenalin kita ni guys disini sekitar 2 km. Nah setelah sampai di parkiran motor ni guys kalain harus membayar retribusi untuk biaya parkir motor sebesar Rp.5000/motor dan setelah itu guys kalain harus melanjutkan tracking sepanjang 3 km menuju ke air terjun gumandar.

Letaknya yang berada di gunung arjuna dengan ketingian 1400 Mdpl membuat kami harus tracking untuk sampai di tujuan utama.

Tracking yang lumayan jauh dengan kondisi jalan sempit dan menanjak membuat kami terasa lelah apalagi teriknya matahari yang terus mengikuti langkah kami saat menuju ke air terjunnya

Meskipun begitu hal ini tak mematahkan semangat kami untuk sampai di tujuna utama.

Setelah menempuh selama 30 menit lamaya akhirnya kita sampai pada ketinggian 1000 mpdl.

Konstruksi jalan yang semakin menanjak serta teriknya matahari yang menyengat karena tidak ada satupun pepohonan di kanan kiri kami hanya berupa ilalang serta rerumputan khas pegunungan. 

Namun jangan risau guys dengan keadaan seprti ini karena disini kita akan disuguhkan akan indahnya panorama serta landscape alam dari ketinggian membuat capek perlahan akan hilang. Kita bisa beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan lagi ke tujuan utama sembari menikmati indahnya alam yang disuguhkan disini dnegan cara mengabadikan moment dengan bidikan camera kalian ni guys.

Dan yang pasti ni guys semakin tinggi tempat yang kita pinjak maka semakin indah pula tempat tersebut , lelah akibat jalan yang terus menanjak tak akan terasa saat memandangi suguhan panorama alam disini. Konstuksi jalan yang berubah menjadi bebatuan menajak dengan dikelilingi oleh ilalang serta megahnya bukit di kanan kiri kita membuat tempat ini semakin eksotis untuk dinikmati.

What to Do

Dan inilah guys , akhinya kita sampai di tujuan utama yaitu air terjun gumandar

Namun sayang ni guys ekspedisi kali tak berjalan dengan sesuai hrapan kami, meskipun sudah mulai musim hujan  kali ini kami tak menemukan sebuah aliran air disini.

Disini hanya terdapat kubangan air di beberapa cekungan bebatuan. Mungkin air ini berasal dari hujan yang mengguyur tempat ini semalam.

Sebenarnya air terjun gumandar ini sangatlah eksotis ni guys karena memiliki beberapa tingkatan aliran air terjun serta memiliki kolam kecil alami di setiap bawah aliran airnya.

Alhinya kami memutuskan untuk kembali turun dan akan datang lagi di waktu yang tepat saat air mulai mengisi aliran air terjun gumandar ini.

memang namnya air terjun musiman ni guys akan ada saat musim hujan mulai melanda tempat ini.

Meskipun begitu kami tak putus asa dengan apa yang kami dapatkan disini karena suguhan panorama alam yang indah bisa membayar lelahnya perjalanan kami kesini.

Hamparan ilalang , bukit yang megah serta panorama alam dari ketinggian disini membuat kita merasa nyaman ,apalagi hembusan sepoi-sepoi angin dan tenangnya suasana membuat kita lupa akan dengan rutinitas kesaharian.

Tempat ini sangatlah cocok untuk melepas penak dan merefres kepala dari berbagai macam kepenatan di kepala kita ni guys.

Namun kami masih belum menyarah ni guys kita akan datang lagi kesini untuk bisa menikmati indahya air terjun gumandar lain waktu saat alam berpihak kepada kita.

Ikuti terus perjalanan saya ni guys saat berkunjung lagi dan menikmati air terjun gumandar di artikel selanjutnya.

Tips and Trick

Oh ya ni guys sedikit tips ni jika kalian berkunjung ke air terjun gumandar ini , datanglah di saat yang tepat pada saat musim hujan perkiraan ada aliran air mulai bulan januari hingga april ni guys , selanjutnya saat anda membawa motor ke sini usahakan kondisi motor kalian fit dan siap untuk di ajak off road di jalan makadam bebatuan , setelah itu guys bawalah bekal makana serta air minum yang cukup ni guys karena di atas tidak ada warung yang berjualan makanan. Dan yang terpenting ni guys jika kalian berkunjung saat musim penghujan kalain harus waspada dengan aliran air yang akan menjadi deras bahkan bisa membahayakan jadi kalian harus tetap waspada apabila hujan  mengguyur tempat ini. Bawalah mantel hujan karena disini tidak ada tempat untuk berteduh ni guys saat hujan  mengguyur tempat ini dan pakailah sandal anti selip karena jalan bisa licin saat hujan. So , jaga keselamatan kalian saat berkunjung ke air terjun  yang berada di lereng gunung arjuna ini guys.

Gallery (6)

Comments (2)