251 views | 0 Likes

Menikmati Indahnya Panorama Air Terjun Toroan

0 star (from 0 people)
Sampang, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 08 June 2018, 11:50:38
gizeline
Tourist

Air terjun Toroan menawarkan pemandangan air terjun sekaligus pantai dalam satu tempat!!!

How to Get There

Minggu kemaren lagi anter salah satu teman yang suka fotografi buat jalan-jalan ke Madura dan lokasi yang akan kami kunjungi adalah Air Terjun Toroan. Air terjun ini berada sekitar 105 km dari kota Surabaya dan perjalanan untuk menuju kesana bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.  Untuk menyebrang ke Pulau Madura, ada 2 alternatif pilihan. Kalian bisa melewati Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura atau dengan kapal ferry.

Setelah menyebrang ke Pulau Madura, dari kota Bangkalan, bisa langsung belok kanan ke arah Banyuates dan Ketapang. Untuk menuju kesini, kalian bisa memilih jalur pintura dan bersiaplah untuk melihat pemandangan yang keren sepanjang perjalanan. Untuk jalannya sendiri overall bagus, meskipun masih ada beberapa lobang.

What to Do

 

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih selama 2 jam 20 menit, akhirnya tiba juga kita di Air Terjun Toroan. Setelah parkir motor dan ternyata air terjunnya ada dibawah parkiran motor lho guys. Selain itu, pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya alias gratis, cukup bayar parkir sebesar 5000 rupiah. Untuk menuju ke air terjunnya, sudah disediakan tangga agar memudahkan pengunjung langsung turun menuju air terjun.

Air terjun Toroan menawarkan pemandangan air terjun sekaligus pantai dalam satu tempat. Bukan karena lokasinya yang berdekatan, namun memang air terjun ini langsung jatuh ke pantai, tak ada Batasan yang menutupinya. Air terjun ini tingginya hampir mencapai 20 meter dan dikenal sebagai yang tertinggi di Madura. Dinding tebingnya berwarna kuning keemasan dan terdapat lebih dari satu turunan, namun hanya satu turunan saja yang aliran airnya begitu deras dan besar. Saat air laut pasang, akan terlihat pemandangan air terjun dan pantai yang menyatu begitu mesra.

air terjun toroan

Suara gemerincing air terjun dan deburan air laut yang khas menjadi keunikan tersendiri. Ada beberapa batu karang yang terlihat di permukaan dan batu-batu ini biasa digunakan oleh pengunjung sebagai tempat berpijak untuk melihat air terjun dengan lebih dekat atau hanya sekedar berfoto-foto.

air terjun toroan

Jika air laut sedang dalam keadaan surut, lokasi Air terjun ini akan terlihat berbeda. Air terjun akan tetap mengalir, namun air laut yang surut meninggalkan hamparan pasir bertekstur kasar dengan batu karang besar yang ada dimana-mana. Air Terjun Toroan berasal dari Sungai Payung yang berada di kecamatan Timur dan di sekitar air terjun dan pantai terdapat pepohonan rindang yang memberikan suasana sejuk di sekitar pantai. Air terjun ini memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter, jadi mending ga usah coba-coba renang karena banyak batu karang di sekitar.

Air terjun ini berhadapan langsung dengan perairan laut Jawa dan masih sangat alami. Dan karena kita tiba disini sudah agak sorean, kita pun memutuskan untuk nunggu sunset sekalian. Sambil menunggu matahari terbenam, kami pun berfoto-foto disekitar air terjun.

air terjun toroan

 

air terjun toroan

Video by Pulau Madura Com

Tips and Trick

Buat kalian yang pengen dateng ke air terjun ini, ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan:

  • Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi seperi motor atau mobil, karena akses transportasi umum yang lokal itu sulit.
  • Gunakan GPS jika merasa bingung atau kalian juga bisa tanyakan pada masyarakat sekitar. Meskipun kebanyakan masyarakat Madura tidak bisa berbahasa Indonesia.
  • Buat kalian yang naik motor, segera pulang melewati Suramadu sebelum jam 11 malam karena diatas jam 11 masih banyak begal berkeliaran.
  • Jangan lupa bawa baju ganti buat kalian yang mau main basah-basahan.
  • Bawa kamera
  • Jaga kebersihan

 

 

Gallery (8)

Comments (0)