248 views | 3 Likes

Payung Raksasa Masjid Agung Jawa Tengah

4 star (from 3 people)
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 20 June 2018, 03:25:26
stella
Sightseeing

Setibanya disana, awal pertama yang dikunjungi adalah Menara MAJ. Menara ini disebut sebagai menara Asma’ul Husna  karena tingginya sekitar 99...

How to Get There

Lagi ada di Semarang? Main ke Masjid Agung Jawa Tengah(MAJ) yuk. MAJ terletak di Jalan Gajah, beberapa kilometer dari Simpang Lima Semarang. Akses yang mudah terjangkau juga menjadikan MAJ sangat di gemari masyarakat. Kita bisa kesana dengan berbagai macam kendaraan, mulai dari bis sampai naik motor sendiri.

Untuk menuju Masjid Agung Jawa Tengah bisa melalui banyak rute dalam kota. Apabila kalian memulai dari arah barat seperti Pekalongan dan Kendal, silakan menuju Mangkang – Kali Banteng – Tugu Muda – Jl Pandanaran – Simpang Lima – Jl Brigjend Sudiarto – Lottermart – Jl Gajah, sekitar 20 menit maka akan sampai di depan Masjid Agung Jawa Tengah.

Jika kalian dari Kota Demak, rute yang bisa dilalui adalah : Jl. Kaligawe – Jl Raden Patah – Jl Widoarjo lalu belok kiri – Jl Citarum  – Jl Gajah – 10 menit sudah sampai di Masjid Agung Jawa Tengah.

Nah, bila dari arah selatan seperti Jogjakarta dan Solo bisa melewati Ambarawa – Ungaran – Banyumanik – Jl. Wahidin – Jl Tentara Pelajar – Pasar Mrican belok kiri – Jl Lamper – Perempatan Lamper (Lotte mart) lurus – Jl Gajah – Masjid Agung Jawa Tengah.

Cukup mudah dijangkau bukan?

What to Do

Setibanya disana, awal pertama yang dikunjungi adalah Menara MAJ. Menara ini disebut sebagai menara Asma’ul Husna  karena tingginya sekitar 99 meter.  Untuk masuk ke dalam menara kita membayar biaya wisata menara sebesar Rp. 5.000,- saja. Cukup murah untuk apa yang didapatkan nanti. Namun memang karena lift yang digunakan sedikit, kita perlu sedikit sabar antri ke atas. Setelah mendapatkan antrian, beberapa detik saja kita sudah sampai ke atas menara dengan menggunakan lift.

Diatas menara, pengunjung bisa melihat lanscape Kota Semarang, mulai dari Pelabuhan, Laut, Simpanglima dan beberapa daerah yang lain. Weeh indah, begitulah kebanyakan masyarakat yang melihat dari atas menara. Menara yang begitu luas, menjadikan kita bebas dalam berjalan. Apabila kita tidak puas dengan pemandangan dari menara, Pengurus MAJ memberikan fasilitas teropong jarak jauh. Hanya memasukan koin lima ratusan kita bisa melihat Kota Semarang dari atas lebih dekat. Seru!

Setelah puas, saatnya turun. Karena kitapun harus berganti dengan para pengunjung yang lain. Namun jangan buru-buru turun ke lantai dasar. Kita sempatkan mampir ke Museum Islam yang letaknya di menara. Ketika memasuki museum, kita akan disuguhi dengan bermacam peninggalan islam jaman dulu. Kisah masuknya islam di jawa,dan beberapa karya islam yang menarik. Museum ini cukup tenang, jadi mudah untuk belajar dan melihat-lihat. Kita juga bisa melihat sejarah islam dengan menggunakan komputer layar sentuh yang tersedia beberapa buah.

Setelah puas dengan perjalanan ke menara MAJ, kita akan menuju serambi. Keindahan bangunan ini lebih banyak digunakan untuk berfoto ria, duduk santai bersama keluarga atau teman. Beraneka senyum ceria menghiasi wajah mereka yang terasa ringan. Nah, yang menarik adalah payung yang sangat besar, jumlahnya ada 6. Payung tenda ini bisa di buka dan ditutup sesuai kebutuhan seperti ketika sholat ied atau pengajian.

Waktu menjelang sore, banyak pengunjung datang lebih banyak. Kitapun bisa melihat lampu-lampu MAJ dihidupkan secara bergantian. Penasaran? Kalo lagi di Semarang jangan lupa mampir ke Masjid Agung Jawa Tengah ya!

Tips and Trick

1. Lebih baik datang di sore hari

2. Sempatkan untuk beribadah selain menikmati keindahannya(untuk umat muslim)

3. Jangan lupa membawa alat dokumentasi tentunya!

Bonus proses terbukanya payung dari youtube ‘muhammad falih’ nih guys

 

Gallery (6)

Comments (6)