240 views | 1 Likes

Ubud Monkey Forest, Hutan Kera Suci Ubud yang wajib dikunjungi

4 star (from 1 people)
Gianyar, Bali, Indonesia
Category: Attraction

Posted on 11 June 2018, 13:27:48
biosel
Tourist

Ubud Monkey Forest merupakan sebuah cagar alam dan komplek candi di Ubud. Yang menjadi daya tarik di tempat ini adalah adanya ratusan Kera Bali Ekor...

How to Get There

Ingin berwisata alam dan berinteraksi langsung dengan satwa? Datang aja ke Ubud Monkey Forest. Disini pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan raturan kera yang hidup bebas berkeliaran di hutan. Ubud Monkey Forest ini berada di Jalan Monkey Forest, Ubud, Gianyar, Bali. Kalo kalian dari luar Bali, kalian bisa naik pesawat menuju Denpasar dan lokasi ini hanya sekitar 60 – 90 menit dari Bandara Ngurah Rai Denpasar. Untuk menuju kesini, dari bandara kalian bisa menyewa kendaraan atau ikut paket tour yang banyak ditawarkan oleh agen perjalanan.

Selain itu paket tour dan menyewa kendaraan, kalian juga bisa pergi kesini dengan kendaraan umum lho, yaitu dengan Shuttle Bus. Harga tiket shuttle bus ini mulai dari Rp 50.000 dan bus akan berhenti di Jalan Hanoman Ubud. Tapi kalo kalian beli tiketnya pp, maka harganya akan lebih murah. Setelah tiba di Jalan Hanoman Ubud, kalian bisa jalan kaki menuju lokasi sejauh 1 km atau kalo ngga pengen jalan kalian bisa naik ojek dengan biaya mulai dari Rp 10.000 saja. Setibanya disana, kalian harus membeli tiket masuk sebesar Rp 50.000 / orang. Harga ini relative murah karena disini kalian akan merasakan keseruan liburan wisata alam. Ubud Monkey Forest buka setiap hari mulai pukul 08.30 – 18.00 WITA.

What to Do

Ubud Monkey Forest merupakan sebuah cagar alam dan komplek candi di Ubud. Yang menjadi daya tarik di tempat ini adalah adanya ratusan Kera Bali Ekor Panjang yang bebas berkeliaran di 5 tempat, yaitu di depan pura dalem, Michelin, timur, tengah dan kuburan. Kera-kera ini sangat aktif di pagi hari lho guys, jadi hati-hati ya kalo bawa makanan atau minuman, bisa-bisa direbut.

Kawasan ini juga dikenal sebagai Mandala Suci Wenara Wana yang memiliki misi melestarikan Kawasan berdasarkan konsep Tri Hita Karana. Tri Hita Karana memilikI arti yaitu Tiga Cara untuk Mencapai kesejahteraan lahir dan batin. Nah, dengan konsep itu tadi, Ubud Monkey Forest ini akan menjadi daya tarik wisata unggulan yang menciptakan harmoni dan kedamaian kepada siapapun yang berkunjung. Terlebih, Ubud Monkey Forest ini menjadi paru-paru kota juga tempat pelestarian tanaman langka dan upacara.

Saat berwisata kesini, siap-siap akan terpesona oleh cagar alam yang terawat. Kalian bisa melihatnya dari tumbuhan hijau yang sangat lebat dan tanaman umbi-umbian yang menjadi makanan kera-kera disini. Selain itu, udara disini juga sangat sejuk dan segar.

Hal lain yang membuat Ubud Monkey Forest ini semakin menarik adalah adanya tiga pura yang ada di dalamnya. Tiga pura tersebut merupakan Pura Dalem Agung yang berada di barat daya dan merupakan tempat memuja Dewa Siwa dan Hyang Pendaur Ulang. Pura yang kedua adalah Pura Beji yang berada di barat laut dan digunakan untuk memuja Dewi Gangga. Pura ini juga menjadi tempat pensucian sebelum dilangsungkannya upacara dan juga sebagai melukat atau pembersihan diri secara lahir batin. Pura yang ketiga adalah Pura Prajapati yang terletak di sebelah timur dan berdampingan dengan kuburan. Pura ini tempat untuk memuja Prajapati.

 

Kuburan yang ada di Kawasan ini hanya digunakan untuk sementara aja guys, untuk menunggu saat dilaksanakan ngaben massal yang diadakan setiap 5 tahun sekali.

Video by Daneger and Stacey

Tips and Trick

Demi  kenyamanan pengunjung, baiknya perhatikan tips berikut saat sebelum mendatangi Ubud Monkey Forest:

  • Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pukul 14.00, karena hamper sebagian besar dari kera sudah kenyang mendapatkan makanan dari pengunjung sebelumnya.
  • Letakkan barang berharga didalam tas dan pegang erat kamera jika ingin berfoto-foto.
  • Berjalanlah di jalan yang sudah disediakan dan jangan berjalan melewati areal dari jalan yang sudah disediakan.
  • Jangan memukul atau menyakiti kera-kera karena hal ini dapat membuat kera-kera yang lain menyerang.
  • Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Gallery (8)

Comments (2)