375 views | 3 Likes

Piknik sambil Menikmati Indahnya Senja di Pantai Karanggongso

4 star (from 3 people)
Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 12 June 2018, 12:09:13
dino
Sightseeing

Kalau inget Kabupaten Trenggalek, pasti kalian juga inget sama deretan pantainya yang terkenal itu. Nah, Selain Pantai Prigi yang hits, ada pantai apa lagi ya yang kece di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur? Main-main dan explore Trenggalek yuk kawan!

How to Get There

Hello guys, lebaran kali ini aku mudik ke salah satu kabupaten daerah selatan pulau Jawa nih, coba tebak dimana? Yups, Trenggalek. Kabupaten Trenggalek ini terletak di Selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan laut, sehingga sudah pasti Trenggalek ini mempunyai deretan Pantai-pantai yang indah untuk di jelajahi dan salah satunya adalah Pantai Karanggongso.

Kali ini, aku pergi bersama sepupuku yang asli Trenggalek, jadi dia paham betul bagaimana jalan menuju ke pantai tersebut. Pantai Karanggongso ini berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, sekitar 52 km dari pusat kota Trenggalek. Akses menuju pantai ini gampang banget lho guys, karena letaknya juga berdekatan dengan pantai-pantai lain seperti Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, Pantai Mbangko’an, Pantai Watu Lunyu, Pantai Cengkrong dan pantai lainnya.

Kami pun berangkat berdua saja dengan sepeda motor. Untuk menuju pantai ini gampang banget ternyata guys, karena ada banyak papan petunjuk jalannya. Dari kota Trenggalek, ambil arah menuju jalur lintas Trenggalek-Tulungagung sampai perempatan kecamatan Bandung dan dari situ akan ada papan petunjuk jalan menuju pantai Karanggongso.

Jalanan menuju Pantai Karanggongso ini sudah halus dan mulus, namun kalian juga harus tetap hati-hati karena cukup banyak tanjakan dan tikungan selama perjalanan. Namun, tetap nikmati perjalanan kali ini yaa karena ada pemandangan rumah-rumah penduduk juga hutan tipis yang bakal nemenin.

Bagi kalian yang datang menggunakan kendaraan roda empat juga tak perlu khawatir, karena selain jalan menuju pantai ini cukup mulus, juga terbilang cukup luas. Oh iya, karena jalanannya yang menanjak dan berliku, pastikan pengemudi berpengalaman dan kendaraan yang digunakan cukup memadai ya hehehe. 

What to Do

Akhirnya sampe juga di pantai ini pas agak sorean. Cuaca hari ini cerah dan kami pun memutuskan untuk nungguin sunset. Pantai karanggongso mempunyai garis pantai yang cukup panjang, sebelah barat berbatasan langsung dengan pantai Pasir Putih dan sebelah timur berbatasan dengan pantai Mbangko’an. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembutdan ombak yang lumayan tenang. Pemandangannya pun bener-bener bikin mata seger.

Buat kalian yang bingung cari tempat refreshing penghilang penat, Pantai Karanggongso ini bisa jadi tujuan travelling kalian nih!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Di depan kami terdapat deretan pegunungan yang membentang seolah menutupi pemandangan laut selatan Jawa. Pantai ini juga memiliki icon yang berupa dermaga sederhana. Dermaga ini sekilas mengingatkan aku sama film La La Land, tapi versi sederhananya. Hehehe..

Panjangnya waktu yang ditempuh selama perjalan akan terbayar lunas setelah kalian tiba di Pantai Karanggongso ini. Suasananya yang lumayan sepi tentunya bikin saya makin menikmati keindahan alam ciptaan-Nya. 

Camera yang ciamikpun tak lupa kami siapkan sejak dari rumah tadi, oh iya pastikan baterai juga terisi penuh ya kawan. Paling nggak enak sih kalau pas travelling terus baterai handphone/camera mati, sedih ituu hehehe. 

pantai karanggongso

Karena kami ngga berniat main basah-basahan, kami pun hanya duduk santai dipinggir pantai sambil sesekali mengabadikan moment. Piknik tipis-tipis gitu deh kami berdua disini, sambil membuka bekal makanan yang sudah kita bawa dari rumah tadi.

Buat kalian yang pengen berenang, bisa banget berenang di pantai ini karena ombaknya yang tenang. Tapi, kalo kalian ngga bisa berenang, kalian bisa sewa ban dengan harga Rp 10.000 saja untuk ukuran besar dan Rp 5000 untuk ukuran kecil. Selain itu, kalian juga bisa naik perahu dengan biaya Rp 20.000 saja per orang, kalian akan diajak berkeliling ke beberapa lokasi unik di sekitar pantai, seperti Watu Dukun, Watu Bentis, Pantai Asmara dan Goa Merah.

Sungguh, liburan ke Pantai Karanggongso ini membuat saya seneng dan merasa 'gak salah pilih pantai' dehh!

pantai karanggongso

Ohya, buat kalian yang doyan ikan asap, disini banyak banget penjual ikan asap yang merupakan hasil tangkapan nelayan sekitar. Selain ikan asap, ada juga ikan tuna dan ikan kakap yang tentu saja sangat nikmat bila disantap dengan sambal pedas.

Karena di deket rumah gak ada beginian, akhirnya kami memutuskan untuk mencoba dan membeli beberapa ikan asap yang dibungkus, niatnya sih buat oleh-oleh gitu lah ya haha. 

Akhirnya, matahari perlahan turun di balik pegunungan yang membentang, lalu warna langit berubah menjadi kekuningan dan agak kemerahan. Indah sekali. Kami pun segera mengabadikan moment tersebut. Jarang-jarang banget kan bisa dapet view seperti ini.

Nah karena si sepupu ngefotonya bagus, aku manfaatin aja buat ngefotoin aku terus haha. View kayak gini emang pasnya dibuat foto ala-ala siluet gitu, keren deh. 

Nah kalau ke Trengalek, jangan lupa mampir ke Pantai Karanggongso juga ya. Setelah itu, jangan lupa share di Gotravelly biar aku juga bisa baca pengalaman kalian disana. Selamat liburan kawan-kawan!

Tips and Trick

Menjelajah ke pantai ini memang menjadi kewajiban saat kalian traveling ke Trenggalek. Nah, sebelum kalian merencanakan perjalanan menuju Trenggalek, baiknya kalian simak tips berikut:

  • Agar memudahan, saranku mending bawa kendaraan pribadi untuk menghemat waktu dan biaya.
  • Buat kalian yang dateng siang-siang, jangan lupa untuk pake sunblock, kacamata hitam dan topi.
  • Gunakan pakaian santai dan sandal jepit.
  • Buat kalian yang mau basah-basahan, jangan lupa bawa perlengkapan mandi.
  • Bawa kamera yang bagus kalo kalian pengen hunting foto disini.
  • Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Video by Piong Anggoro

Gallery (9)

Comments (4)