4 star (from 2 people)
175 views | 2 Likes
Mengenang Presiden Pertama Indonesia di Makam Bung Karno
Blitar, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places


Posted on 13 June 2018, 15:39:46
Tourist
Location on Google Maps
Bung Karno's Grave
Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Sananwetan, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur 661
How to Get There

Bingung lebaran ini mau liburan kemana? Berwisata sejarah aja ke Blitar. Selain ada Istana Gebang atau tempat tinggal Bung Karno, Makam Presiden pertama Indonesia ini juga cukup populer dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Lokasi makam ini berada di Jalan Ir Soekarno No 152, atau berjarak sekitar 2 km dari pusat kota Blitar. Ngga susah buat cari lokasi makam ini karena banyak transportasi umum juga becak di sekitar Stasiun Kota Blitar yang bisa mengantar kalian menuju kesana.

What to Do

Buat kalian yang mau berziarah ke Makam Bung Karno, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00. Untuk masuk ke wisata Makam Bung Karno ini cukup murah sekali, pengunjung hanya dikenai biaya sebesar Rp 3000 per orang. Kawasan Makam Bung Karno ini bukan ada tempat dimakamkannya Ir Soekarno, tapi juga ada museum dan perpustakaan. Untuk menikmati fasilitas tersebut pengunjung tidak perlu membayar biaya tambahan lagi. Enak banget kan? Ngga perlu mahal untuk belajar tentang sejarah.

Oke, pertama-tama kita pergi ke Perpustakaan Bung Karno. Perpustakaan ini diresmikan pada tanggal 3 Juli 2004 oleh Megawati Soekarno Putri yang saat itu menjabat sebagai presiden Indonesia. Memasuki Kawasan perpustakaan ini, kalian akan disambut dengan tiang-tiang besar yang menghiasi halaman perpustakaan. Disini juga ada patung Bung Karno diantara perpustakaan dan museum, sedangkan di kejauhan kalian bisa melihat makam Bung Karno.

Perpustakaan ini memiliki beragam koleksi buku. Seperti koleksi khusus Bung Karno, koleksi referensi, koleksi umum, koleksi terbitan berkala, koleksi anak juga remaja. Ruang perpustakaan ini nyaman banget lho guys. Suasananya tenang sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar dan mahasiswa untuk meluangkan waktu berkunjung kemari.

Beralih ke Museum Bung Karno. Museum ini berada di Gedung A Barat, tepat disebelah perpustakaan. Kalian bisa menemukan patung Bung Karno diantara Perpustakaan dan Museum. Di dalam museum ini terpajang benda-benda peninggalan Bung Karno sejak kecil hingga akhir hidupnya. Selain itu juga ada koleksi lukisan Bung Karno, peninggalan Bung Karno, uang seri Bung Karno tahun 1964 dan juga foto-foto beliau.

Oh ya, ada yang menarik nih guys. Disini ada salah satu lukisan yang dikenal misterius. Sekilas lukisan ini tampak biasa saja dari depan, namun jika diperhatikan dengan seksama atau dilihat dari samping, lukisan ini bergerak, berdenyut-denyut dibagian jantungnya seolah-olah hidup.

Sebelum beralih ke makam Bung Karno, ada tangga ke kanan setelah perpustakaan di Gedung B dimana kalian bisa melihat Gong Perdamaian. Gong ini merupakan Gong berukuran raksasa dengan gambar bola dunia di bagian tengah yang dikelilingi symbol-simbol agama dan dikelilingi 116 bendera negara. Gong ini sebagai sarana persaudaraan dan pemersatu umat manusia oleh masyarakat internasional yang tergabung dalam World Peace Gong.

Akhirnya tiba di Makam Bung Karno. Dulunya, makan ini dikelilingi oleh dinding kaca sehingga tidak semua orang dapat mendekati makam tersebut. Kini, dinding kaca tersebut sudah dihilangkan dan siapapun bisa mendekati makamnya. Bahkan Makam Bung Karno sudah ditata sedemikian rupa agar menarik minat banyak pengunjung untuk ziarah dan berwisata kesana.

Makam ini didesain dengan arsitektur khas Jawa yang dikombinasi dengan gerbang Candi Bentar. Selain itu, komplek makam ini juga dilengkapi dengan Gapura Agung, Masjid dan Bangsal. Dinding relief di Kawasan ini berisi perjalanan hidup Bung Karno sejak masa muda, masa perjuangan dan masa tua membentang di tepi kolam yang memanjang dari perpustakaan ke arah makam.

Setelah berziarah, saya pun memutuskan untuk keluar area makam, jalannya beda ternyata guys dengan jalan masuknya. Kalian diwajibkan untuk melewati pintu keluar di belakang kompleks, melewati pasar kerajinan dan oleh-oleh yang cukup Panjang sebelum sampai di pintu keluar.  Disini, kalian bisa membeli oleh-oleh khas atau souvenir dengan harga murah, asal pintar-pintar menawar ya.

Tips and Trick

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata sejarah yang murah meriah ini? Jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian peninggalan sejarah disini yaa. Jaga kebersihan Kawasan makam ini dan jangan buang sampah sembarangan. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen disini juga ya.

Video by Jelajah Blitar

Gallery (13)
Comments (2)