320 views | 3 Likes

Situs Warungboto, Wisata Sejarah Kota Jogja

4 star (from 3 people)
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 14 June 2018, 13:42:17
nur
Sightseeing

Lagi di Jogja? wajib banget datang dan tau sejarah kota Jogja di Situs Warungboto

How to Get There

Akhirnya liburan Panjang juga nih guys. Sayangnya, lebaran kali ini saya ngga kemana-mana karena sebagian keluarga besar adalah orang Jogja asli. Well, daripada suntuk mendingan explore Kota Jogja yang keren banget ini. Jogja punya segudang wisata yang keren dan meskipun saya orang Jogja asli, saya belum pernah menjelajahi semuanya. Poor me..

Sebagai kota budaya, Jogja menawarkan begitu banyak wisata bersejarah yang menarik untuk dikunjungi dan kali ini, saya mau mengunjungi salah satu wisata yang lagi hits akhir-akhir ini gara-gara dipake buat lokasi foto prewedding nya anak Presiden Republik Indonesia, Kahiyang dan Bobby. Wisata ini bernama Situs Warungboto. Situs Warungboto ini berlokasi di Jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta.

Dari pusat kota Jogja, Cuma berjarak sekitar 6,5 km dan butuh waktu 14 menit aja. Ngga terlalu jauh sih ya. Pertama-tama, ambil jalan menuju selatan melewati Jalan Margo Utomo kemudian ambil arah menuju Jalan Mataram. Pada perempatan pertama setelah Jalan Mataram, belok ke kiri menuju Jalan Juminahan lalu melewati Jalan Ki Mangunsarkoro hingga tiba di pertigaan. Dari pertigaan jalan tersebut, kalian bisa belok kiri menuju Jalan Kusumanegara lalu lurus hingga menemukan perempatan jalan dengan bangunan Pabrik Sarihusada di kiri jalan. Setelah itu belok kanan menuju Jalan Veteran. Nah, dari jalan ini udah deket banget guys, kalo kalian bingung bisa langsung tanyakan pada warga sekitar karena lokasinya berada ditengah perumahan warga dan belum ada petunjuk jalan yang jelas untuk menuju ke wisata ini.

What to Do

Sesampainya disana, ternyata ngga perlu bayar tiket masuk lho guys. Cukup bayar parkir aja sebesar Rp 3000 / kendaraan. Oya, akses jalan menuju kawasan ini hanya one way access, jadi lebih mudah buat kalian bawa kendaraan bermotor.  Situs ini bisa kalian datangi mulai pukul 06.00 – 16.00 setiap hari ya guys.

Situs Warungboto ini ternyata memiliki sebutan lain lho guys, yaitu Pesanggrahan Rejowinangun. Pesanggrahan sendiri dalam Bahasa Jawa memiliki arti Tempat Istirahat. Situs bersejarah ini dulunya dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono II pada tahun 1880 sebagai tempat peristirahatan beliau, kerabat serta keluarga kerajaan. Hal tersebut dibuktikan dengan tercantumnya Situs Warungboto dalam sebuah tembang macapat yang berkisah tentang Sultan Hamengku Buwono II dimana tembang tersebut menceritakan tentang kemajuan yang dicapai beliau.

situs warungboto jogja

situs warungboto jogja

Bangunan ini terdiri atas beberapa bagian, diantaranya taman, segaran, kolam, kebun dan fasilitas untuk keperluan keagamaan. Dulunya, Situs Warungboto ini terlihat seperti bangunan bekas rumah yang terbengkalai, padahal situs ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Kompleks Istana Air Taman Sari, namun pamornya jauh dibawah Taman Sari.

Belakangan ini, situs ini menjadi destinasi wisata hits di Jogja karena digunakan sebagai lokasi foto prewedding oleh Kahiyang, Putri Presiden Jokowi. Untuk itu, banyak sekali wisatawan lokasi, termasuk anak muda yang mengunjungi situs bersejarah ini. Saat ini, situs ini memang sudah jauh lebih terawat dan telah mengalami beberapa perbaikan.

situs warungboto jogja

Tips and Trick

Tertarik untuk mengunjungi wisata bersejarah ini? Jangan lupa buat bawa kamera yaa karena situs ini keren banget tempatnya buat hunting foto. Jangan buang sampah sembarangan dan mohon untuk tidak merusak apapun di situs ini. Saya saranin juga buat kalian bawa kendaraan sendiri, karena agar lebih mudah juga lebih murah.

Video by Brilio Video Indonesia

Gallery (9)

Comments (7)