352 views | 2 Likes

Terpesona oleh keindahan Pantai Sine

4 star (from 2 people)
Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 15 June 2018, 15:19:53
gizeline
Tourist

Wisata Pantai Sine memang memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai ini menghadap ke arah timur, maka dari itu pantai...

How to Get There

Lebaran kali ini saya main ke rumah sodara saya yang ada di Tulungagung. Kalo dari Surabaya, butuh sekitar 3,5 Jam perjalanan darat. Pada hari kedua disana, saya iseng bertanya pada sodara saya apa ada wisata terdekat disini dan dia nyaranin saya buat dateng ke Pantai Sine. Pantai ini berada di desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Deket banget dari rumah sodara saya, Cuma setengah jam perjalanan kira-kira.

Dengan berbekal Google map dan sepeda motor pinjaman dari sodara saya tersebut, maka berangkatlah saya ke Pantai Sine di pagi-pagi buta karena pengen ngejar sunrise. Jalanan menuju ke Pantai Sine memang agak berliku dan naik turun, tapi tenang aja karena jalannya mulus dan lancar.

What to Do

Wisata Pantai Sine memang memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai ini menghadap ke arah timur, maka dari itu pantai ini memiliki panorama sunrise yang sangat indah.  Selain itu, alam yang membentang disekitar pantai ini merupakan Pantai Teluk. Kalian bisa melihat ada Teluk Cinta di sisi utara pantai ini.

Di pantai ini juga kalian bisa menikmati rimbunnya pohon cemara yang sering disebut sebagai Cemara Sewu. Pengunjung bisa duduk santai dibawah rimbunnya pohon cemara ini sambal menikmati semilir angin pantai yang segar. Pantai Sine memiliki pasir putih yang sangat lembut di sepanjang pantainya.

Di sisi utara pantai ini juga terdapat tebing yang mengalirkan mata air alami dan di sekeliling Pantai Sine juga terdapat hitan lindung alami yang asri. Masyarakat sekitar sering menyebut pantai ini sebagai Bali-nya Tulungagung karena saking indahnya pantai ini. Sambil menunggu matahari terbit, saya mencari spot terbaik untuk menikmatinya.

Tak lama kemudian, sang surya perlahan muncul di ufuk timur, yaitu dibalik perbukitan yang ada diseberang laut. Indah sekali. Saya pun langsung mengabadikan momen tersebut. Oh ya, disini saya ngga sendirian ternyata. Karena banyak sekali fotografer yang membidikkan kameranya ke arah panorama indah ini. Saya cukup menikmati indahnya panorama ini dengan mata.

Selain terkenal dengan panoramanya, pantai ini juga menyajikan berbagai budaya lokal masyarakat sekitar seperti pagelaran kesenian wayang kulit yang biasanya diselenggarakan pada tanggal satu suro. Selain pagelaran wayang kulit, disini juga sering mengadakan acara ritual budaya seperti Upacara Larung Saji yang dipercaya masyarakat setempat guna mengusir hal-hal buruk.

Semakin siang pantai ini mulai ramai dikunjungi wisatawan. Saya pun memutuskan untuk mencari sarapan dengan menu makanan khas daerah sini. Di Kawasan ini banyak sekali terdapat warung yang menjual makanan dan minuman, bahkan juga ada penjual ikan asap yang siap dibungkus untuk oleh-oleh. Saya pun memilih untuk mencoba makanan lautnya, seperti ikan salmon dan juga ikan hiu dan kelapa hijau.

Untuk fasilitas di pantai ini cukup lengkap kok guys. Seperti toilet, musholla, warung makanan dan beberapa permainan yang bisa dilakukan disini. Seperti mengendarain ATV dan kuda.

Tips and Trick

So, tertarik buat berkunjung kesini? Harus banget sih menurutku kalo pas kalian lagi traveling ke Tulungagung. Soalnya pantai ini keren banget. Sebelum kalian berencana untuk traveling kesini, saya ada beberapa tips:

  • Tidak ada kendaraan umum untuk menuju ke Pantai ini. Saya saranin kalian buat pake kendaraan pribadi.
  • Pastikan kendaraan tersebut dalam keadaan oke, karena medan menuju pantai ini cukup terjal meskipun jalannyanya mulus.
  • Bawa kamera untuk mengabadikan moment.
  • Jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan.

Video by MotoMideo Tulungagung

Gallery (11)

Comments (4)