256 views | 1 Likes

Selami Indahnya Umbul Ponggok yang memesona

4 star (from 1 people)
Klaten, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Snorkling

Posted on 05 June 2018, 10:57:45
jimmy
Tourist

Umbul Ponggok merupakan wisata air di Klaten dimana kalian bisa Snorkeling dan diving dengan pemandangan bawah air yang sangat keren. Menurut cerita,...

How to Get There

Melancong ke kota Klaten lagi nih guys. Kali ini, saya akan mengunjungi salah satu tempat wisata yang belakangan ini hits banget di kalangan traveller, yaitu Umbul Ponggok. Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah denger tentang wisata ini, bahkan sudah pernah datang langsung. Tapi, ini merupakan pengalaman pertama saya buat dateng kesini.

Umbul Ponggok berada di Kabupaten Klaten dan merupakan wisata air yang sangat indah. Umbul Ponggok berasal dari dua kata, yaitu “Umbul” yang berarti mata air dan “Ponggok” yang merupakan nama dari desa dimana mata air itu berada. Mata air ini berada di Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah.

Untuk menuju kemari, lumayan jauh juga guys dari Jalan Raya Jogja-Solo. Saya saranin sih buat bawa kendaraan pribadi aja soalnya belum ada transportasi umum yang lewat sana. Meskipun begitu, kalian ngga perlu khawatir karena akses untuk kesana bisa ditempuh dengan mudah kalo kalian bawa kendaraan pribadi. Selain itu, banyak banget penunjuk jalan yang sangat jelas untuk menunjukan ke arah lokasi.

Kalo kalian datang dari arah Solo, carilah Pasar Delanggu. Di perempatan lampu merah pasar Delanggu terus maju hingga 200 meter sampai ada toko Jempol di kanan jalan, lalu belok kanan dan ikuti jalan di samping toko Jempol tersebut. Setelah itu, kalian lurus terus ikuti jalan utama menuju Polanharjo dan carilah rambu penunjuk jalan kea rah Klaten kota atau Karanganom sampai menemukan gapura besar bertuliskan “SELAMAT DATANG DI DESA WISATA AIR PONGGOK”. Tatap ikuti jalan utama sampai memasuki perkampungan dan menemukan tugu ikan, lalu belok kiri. Lokasi Umbul Ponggok sekitar 50 meter jaraknya dari tugu ikan tersebut.

Nah, gimana kalo kalian datang dari arah Jogja? Pertama, kalian harus temukan dulu GOR Klaten. Kemudian ikuti jalur utama arah menuju Karanganom. Lihat jika ada penunjuk arah menuju lokasi desa Ponggok. Dari rute ini, kalian akan bertemu dengan pertigaan pertama yang berada di tengah persawahan, lalu belok kanan dan ikuti jalan utama kembali. Lalu, ada pertigaan kedua, dan belok kiri. Sekitar 50 meter dari pertigaan kedua ini kalian akan menemukan pertigaan lagi dimana kalian akan melihat penunjuk arah ke lokasi desa Ponggok. Pada pertigaan ketiga, belok ke kanan dan ikuti jalan utama. Jika disekitar jalanan sudah terlihat banyak tambak ikan, berarti lokasi Umbul Ponggok sudah dekat.

Kalau kalian merasa bingung, kalian bisa gunakan Google Maps atau tanya pada penduduk sekitar. Pokoknya jangan ragu untuk bertanya ya guys.

What to Do

Umbul Ponggok merupakan wisata air di Klaten dimana kalian bisa Snorkeling dan diving dengan pemandangan bawah air yang sangat keren. Menurut cerita, mata air ini sudah ada sejak ratusan tahun silam dan dulunya pada masa penjajahan Belanda, mata air ini  berfungsi untuk pengairan perkebunan.

Kolam ini memiliki luas 50 x 25 meter dengan kedalaman air rata-rata 1,5 – 2,6 meter, sehingga sangat cocok digunakan untuk snorkelling dan siving tanpa takut terbawa gelombang karena kolam ini merupakan sumber mata air alami yang segar dan jernih dimana banyak jenis ikan yang hidup di dalamnya.

Meskipun dipenuhi ikan, namun air di Umbul Ponggok ini sangat jernih. Hal ini dikarenakan adanya sumber mata air alami yang mengalir terus menerus, sehingga air akan terus jernih dan terjaga kebersihannya. Ohya, kolam ini juga beda lho dengan kolam lainnya, karena dasar kolam ini tidak berupa lantai keramik namun berupa pasir dan bebatuan. Tak heran banyak ikan yang betah hidup di dalamnya.

Fyi, ternyata Umbul Ponggok menjadi salah satu tempat snorkelling air tawar terbaik di Indonesia lho. Ngga heran, banyak sekali anak muda yang hobi snorkelling dan diving kerap datang kemari untuk latihan dan mengabadikannya dalam sebuah foto, serasa seperti snorkelling di lautan yang jernih. Selain itu, banyak juga yang memilih kolam ini sebagai spot foto prewedding underwater. Keren banget kan!

Buat kalian yang ngga bisa renang, tenang aja karena disana ada pemandu yang bisa mengajari dan membimbing kalian untuk bisa renang. Sementara untuk anak kecil, disini juga terdapat kolam dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam untuk digunakan anak-anak.

Video by Fadel Rohman

Tips and Trick

Well, buat kalian yang tertarik ingin berkunjung kesana, berikut tips yang mungkin bisa membantu:

  • Harga tiket masuk sebesar Rp 15.000 / orang.
  • Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00.
  • Bawa perlengkapan berenang. Baju renang, snorkel dan sepatu katak.
  • Bawa kamera underwater.
  • Bawa baju ganti dan perlatan mandi.
  • Cek semua perlengkapan sebelum digunakan.
  • Jangan jauh-jauh dari teman atau pemandu.

Gallery (10)

Comments (6)