225 views | 0 Likes

Traveling ke Coloane Village: Sisi lain dari Macau yang terasa seperti Eropa

0 star (from 0 people)
Macau, Macau, Macau
Category: Historical Places

Posted on 04 June 2018, 12:00:08
Victoria
Tourist

Sesampainya di Coloane Village, kalian akan dibawa ke suasana Macau tempo dulu. Desa ini masih terjaga keaslian bangunan tempo dulunya, lho guys. So,...

How to Get There

Hello guys, lagi pengen traveling ke Macau? Yuk berkunjung ke Coloane Village. Mungkin sebagian dair kalian masih belum pernah mendengar nama desa ini, karena mostly wisatawan yang berkunjung ke Macau adalah untuk jalan-jalan ke tempat hits seperti Venetian dan Reruntuhan St Paul. Nah, buat kalian yang pengen melihat Macau dari sisi lain, datangi saja Desa Coloane ini.

Untuk mencapai tempat ini, kalian yang dari Indonesia bisa naik pesawat menuju Macau atau Hongkong kemudian dilanjutkan perjalanan darat ke Macau. Untuk menuju Coloane Village, kalo kalian berangkat dari A-Ma Temple, kalian cukup naik bus nomor 21, 21A dan 26. Sedangkan kalo kalian berangkat dari Largo Senado, naiklah bus nomor 21A dan 26A. Atau kalo kalian berangkat dari Guia Hill Park, kalian bisa menumpang cable car nomor 25. Gampang banget kan ya?

What to Do

Sesampainya di Coloane Village, kalian akan dibawa ke suasana Macau tempo dulu. Desa ini masih terjaga keaslian bangunan tempo dulunya, lho guys. So, memulai perjalanan dari halte bus Coloane Villa Square, kalian akan melewati alun-alun  dan disebelahnya akan kalian temui Lord Stow’s Bakery yang menjadi legenda dunia kuliner di Macau. Aku saranin kalian buat mampir ke kedai ini untuk mencoba Potuguese egg tarts yang sangat lezat. Fyi, Portuguese egg tarts adalah kudapan legendaris Macau yang telah ada sejak jaman dulu kala dan akan lebih nikmat bila ditemani secangkir kopi.

Next, lanjutkan perjalanan ke arah Avenida de Cinco de Outubro sampai ke Largo da Marques Eduardo. Disini kalian bisa melihat tepian laut yang indah, monument dengan kolam teratai di tengahnya dan yang paling menarik adalah Chapel of St Francis Xavier. Kalian bisa berfoto di depan chapel ini seolah-oleh seperti kalian sedang ada di Eropa. Keren banget.

Lanjut dari chapel kemudian belok kiri kea rah Rua do Coentano dimana terdapat sebuah kuil kecil yang didirikan untuk menghormati Dewi Tin Hau. Ngga Cuma itu aja guys, kalo kalian belok ke arah kanan menuju Rua do Estaleiro hingga bertemu dengan Kuil Tin Hau. Kuil ini dibangun pada tahun 1677 dan merupakan kuil tertua di Macau. Perjalanan bisa kalian lanjutkan menuju arah selatan dimana kalian akan meneukan kuil lagi. Kuil ini bernama Tam Kung yang dibangun pada tahun 1860 dan terdapat dua singa batu di sisinya.

Selsai dengan menjelajah kuil, lanjutkan perjalanan hingga ke arah utara dimana kalian bisa melihat rumah-rumah tradisional yang dibangun diatas air. Berkeliling di desa ini memang tidak akan merasa bosan karena banyak sekali tempat menarik yang bisa dijadikan sebagai spot berfoto. Terlebih, tempat ini memiliki kondisi lingkungan yang sangat bersih sehingga tidak mengurangi keindahan bangunan tua dan kuno yang berjajar.

Jalanan di desa ini didominasi dengan tegel merah dan kuning yang tersusun rapi. Beberapa jalan lainnya menggunakan tegel hitam putih yang disusun dengan membentuk orname gelombang. Aristektur China dan Portugis juga masih dominan di Kawasan ini. Selain itu, yang menjadi kelebihan desa ini adalah banyaknya area public yang bisa dijadikan tempat berkumpul warga setempat maupun wisatawan.

Ohya, tempat ini juga dikenal sebagai “The Quiet Place”, oleh karena itu penduduk Macau betah sekali berlama-lama disini. Kebanyakan penduduk Macau menjadikan tempat ini sebagai destinasi untuk melakukan olahraga seperti lapangan golf dan jogging atau jalan santai di sekitaran pantai.

Tips and Trick

Overall, tempat ini worth to visit banget kalo kalian lagi berkunjung ke Macau. Karena disini kalian bisa melihat sisi lain kota Macau yang terasa seperti lagi ada di Eropa. So, buat kalian yang pengen kesini, jangan lupa siapkan passport kalian dengan masa valid minimal 6 bulan. Enaknya kalo mau traveling ke Macau, kalian ga perlu ribet ngurus visa, jadi cukup siapkan passport dan beli tiket pesawat aja. Sebelum berangkat juga kalian harus cek kondisi cuaca, sehingga kalian bisa menyesuaikan pakaian apa yang harus dikenakan, biar ngga salah kostum. Jangan lupa buat bawa kamera karena desa ini keren banget buat foto-foto seolah lagi ada di Eropa. Kalo kalian laper, di desa ini juga ada kuliner khas Portugis yang wajib banget untuk dicoba, mampir saja ke Cacarola, O’Pescador atau Nga Tim Café. Ohya, kalo kalian pengen nginep di sekitar sini juga bisa banget, kalian bisa stay di Fortuna Hotel, MGM Macau dan The Victorian Hotel. Jangan lupa buat booking jauh-jauh hari yaa, biar dapet harga murah.

Video by Erik Sian

Gallery (10)

Comments (1)