234 views | 1 Likes

Menikmati Indahnya Kawah Wurung Bondowoso

4 star (from 2 people)
Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 03 June 2018, 23:55:55
yasintawrd
Sightseeing

Tau nggak? Ternyata selain Kawah Ijen ada lokasi wisata lain yang bisa dikunjungu di Bondowoso yaitu Kawah Wurung. Dalam rangka kegiatan TnT (Traveling n Teaching) Komunitas 1000 Surabaya yang ke-18 di Bondowoso pada bulan Januari lalu, kami berkesempatan

How to Get There

Foto diatas merupakan salah satu dokumentasi kegiatan Komunitas 1000 Guru Surabaya pada saat melangsungkan kegiatan Teaching di SDN 3 Rejoagung Bondowoso. 

Dan foto ini merupakan foto bersama kami ketika kegiatan Traveling di Kawah Wurung Bondowoso.

Cerita kami dimulai ketika pada hari Jumat malam pkl 20.00 kami seperti biasa bertemu di Meeting Point (KFC A. Yani Surabaya) untuk berangkat bersama menuju Bondowoso. Seperti biasa, transportasi yang kami gunakan adalah Jisang (truk TNI). Perjalanan kami dimulai pukul 22.00 WIB. Dari Surabaya menuju desa lokasi kegiatan Teaching dilaksanakan cukup memakan waktu lama, yakni sekitar 8 jam. Desa tujuan kami memang cukup terdalam dan terpencil, sehingga wajar saja jika membutuhkan waktu yang cukup lama.

Desa Rejoagung sendiri terkenal dengan desa penghasil kopi terbaik, sehingga sepanjang perjalanan masuk menuju desa akan banyak sekali kita temui perkebunan kopi.

 

What to Do

Kami sampai di Desa Rejoagung pada hari Sabtu pagi. Setelah sampai desa dan beristirahat sejenak di rumah Bapak Kepala Dusun, kami mempersiapkan diri untuk melakukan kegiatan Teaching di SDN 3 Rejoagung.

Kondisi di SDN 3 Rejoagung sebenarnya cukup memprihatinkan, karena hanya ada total 11 siswa (dari total 6 kelas) yang bersekolah disini. Baik warga, siswa maupun tenaga pengajar disini cukup ramah dan sangat bersemangat menyambut kedatangan kami.

Kegiatan Teaching kami diisi dengan memberikan materi kepada adik-adik seputar makanan 4 sehat 5 sempurna, pengenalan profesi kemudian pembagian donasi berupa ATK dan sembako. Keesekoan harinya, tepatnya pada hri Minggu kami melanjutkan kegiatan kami, yakni kegiatan Traveling. Awalnya kami menuju Kawah Ijen. Sayangnya pada saat kami ke Kawah Ijen, kondisi alam sedang kurang bersahabat dikarenakan kabut yang cukup tebal sehingga kami tidak bisa melihat pemandangan apapun. Akhirnya, kami memilih untuk menuju lokasi Traveling kedua yaitu Kawah Wurung. Lokasi Kawah Wurung sendiri tidak terlalu jauh dari Kawah Ijen. Sekitar 30-40 menit perjalanan yang harus ditempuh untuk menuju Kawah Wurung dari Kawah Ijen. Harga tiket masuk Kwah Wurung pun tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp. 5.000,-/orang.

Pemandangan Kawah Wurung dari bawah sudah cukup lumayan menyegarkan mata ya! Yuk kita naik menuju puncak kawahnya. Eh, perjalanan menuju puncak Kawah Wurung itu ngga butuh effort gede kok. Semacam Tanjakan Cinta di Semeru, tapi ngga seterjal dan sejauh itu sih, hehe.

Tempatnya ciamik banget! Banyak banget tempat yang bisa dijadikan untuk spot foto, terlebih kalau temen-temen disini tertarik sama dunia fotografi tentu bakal banyak hal yang bisa di explore di Kawah Wurung ini!

 

Tips and Trick

Di lokasi wisata Kawah Wurung sendiri banyak tedapat hewan ternak seperti sapi dan kambing milik warga yang dibiarkan bebas berkeliaran mencari makanan, temen-temen jangan sampai mengganggu ketenangannya ya karena sapi-sapi disini galak, hehe.

Salam hangat dari kami, Komunitas 1000 Guru Surabaya.

Traveling to Care, Teaching to Share!

Gallery (10)

Comments (1)