499 views | 0 Likes

Menjelajah BJBR, Mangrove tercantik di Jawa Timur

2 star (from 1 people)
Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 31 May 2018, 10:31:52

Dan sampai juga di Mangrove seluas 5 hektar ini. Untuk masuk ke dalam BJBR ini kalian cuma harus mengeluarkan uang sebesar Rp 3000 saja untuk tiket...

How to Get There

Main ke Probolinggo lagi yuk guys. Selain ada Gunung Bromo dan Wisata Bawah laut Gili Ketapang, Probolinggo juga punya wisata Mangrove tercantik di Jawa Timur. Kali ini aku mau bersantai sambal foto-foto di mangrove cantik, yaitu BJBR atau BeeJay Bakau Resort. BJBR merupakan sebuah Kawasan wisata hutan bakau yang terletak di pesisir Pantai Mayangan, utara Kota Probolinggo.

Wisata BJBR ini ada di sebelah utara alun alun Kota Probolinggo, tepatnya di pesisir pantai Mayangan dan butuh hanya 10 menit saja dari alun alun menuju kesana. Kerennya, akses jalan menuju ke mangrove ini ngga susah lho guys.

Buat kalian yang mungkin masih bingung, mungkin bisa gunakan GPS dan search lokasi Pelabuhan Mayangan. Atau kalian juga bisa tanya langsung kepada penduduk sekitar dimana letak Pelabuhan Mayangan karena rata-rata mereka belum mengenal istilah Mangrove BJBR.

What to Do

Dan sampai juga di Mangrove seluas 5 hektar ini. Untuk masuk ke dalam BJBR ini kalian cuma harus mengeluarkan uang sebesar Rp 3000 saja untuk tiket masuk gerbang pelabuhan. Ditambah harga tiket masuk BJBR sebesar Rp 10.000 dan tiket parker sebesar Rp 2000. In total, Cuma Rp 15.000 saja dan harga ini berlaku mulai hari Senin – Jumat, sementara untuk tiket weekend (Sabtu dan Minggu) dijual seharga Rp 30.000. Buat kalian yang warga Probolinggo kayak aku, dan berdomisili di Probolinggo, maka tiket akan dipotong sebesar 50%. Enak banget kan ya?

Sedikit cerita aja nih guys, Hutan bakau ini dulunya merupakan suatu Kawasan yang kumuh dan penuh sampah lho. Namun, atas jasa 3 orang pemuda yang sangat peduli lingkungan, daerah kumuh ini disulap menjadi hutan bakau yang sangat cantic seperti saat ini. Hutan bakau ini mulai dibangun pada tahun 2013 dan kemudian menjadi populer di kalangan traveller.

Disini, kalian bisa jalan-jalan keliling hutan bakau yang sangat indah melalui sebuah jalan buatan yang terbuat dari kayu kelapa sambal menikmati angin yang bertiup sepoi-sepoi dari pantai Mayangan. Disetiap sudut belokan juga terdapat bangku kecil yang bisa digunakan untuk bersantai.

Wisata ini juga bagus banget buat dijadiin objek fotografi lho guys. Banyak banget pasangan yang melakukan sesi pemotretan prewedding di tempat ini. Salah satunya di icon BJBR ini nih guys. Spot ini memang ngga boleh dilewatkan kalo kalian berkunjung kesini. Pokoknya spot wajib berfoto deh.

Selain icon BJBR, ada juga gembok cinta yang diyakini memiliki nilai mistis tersendiri. Konon katanya, ketika ada sepasang kekasih yang memasangkan gembok dengan menuliskan nama mereka disini, maka hubungannya akan langgeng. Boleh percaya boleh ngga sih, soalnya aku sendiri belom pernah coba. Hehehe.. Mungkin kalian yg udah pernah coba, bisa komen di bawah ya.

Icon lain yang ada disini adalah Patung Kuda yang mengenakan pelapis kumpulan pipa besi dan miniature Kapal Pinisi.

Kalo menurutku sih, spot paling bagus ini ya foto dengan background laut dan gunung seperti ini. BJBR memang dibangun tepat di tepi pantai, namun dari sini kita juga bisa melihat indahnya gunung dengan jelas. Dijamin, feed Instagram kamu makin keren kalo foto di background ini.

Ada juga patung Globe melayang yang disertai semburan air ini. Patung ini sangat mirip dengan patung bola dunia yang ada di Universal Studio. Wah, jadi ngga perlu jauh-jauh ke Singapura yaa kalua mau foto di depan bola dunia begini. Hehehe..

Berkunjung ke wisata ini, ngga perlu bingung deh karena semua fasilitasnya lengkap lho. Mulai dari toilet, musholla, café hingga bungalow. Buat kalian yang kelaperan atau sekedar pengen nongkrong di café, datang saja ke Kafe Tenda ini. Disini, menu makanan dan minumannya lumayan terjangkau dan yang paling aku suka tuh konsep outdoornya yang membuat aroma pantai bisa langsung tercium. Di hari-hari khusus, aka nada live music yang akan menghibur kalian. Café ini menghadap langsung ke pantai buatan yang ada di BJBR, jadi kamu juga bisa langsung lihat sunset di pantai yang indah ini. Romantis banget kan?

Tips and Trick

Overall, aku suka banget tempat ini karena cocok banget buat destinasi wisata keluarga. Apalagi sebentar lagi akan libur lebaran, maka BJBR bisa dijadikan alternative pilihan wisata yang berbeda. Sebelum kalian memutuskan untuk pergi kesana, ada beberapa tips yang semoga bermanfaat:

  • Suhu di BJBR pada siang hari sangat panas, jadi gunakan sunblock atau sunscreen agar tidak terbakar.
  • Gunakan topi, kacamata hitam, kaos santai dan sandal pantai.
  • Bawa kendaraan pribadi, karena transportasi umum di daerah Probolinggo yang masih jarang.
  • Bawa kamera
  • Harga makanan dan minuman di Kawasan ini mungkin lebih tinggi daripada harga dipasaran, baiknya kalian tanya harganya terlebih dahulu sebelum membeli karena wisatawan tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar.
  • Jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan

Video by BeeJay Bakau Resort

Gallery (13)

Comments (4)