V3_vthree | Sightseeing
Lankanfinolhu, Paradise Island, No State, Maldives | Beach Exploring
14 Mar 2019


Liburan ala Artis: Explore Paradise Island, Salah Satu Resort Mewah Maldives
Maldives.. Hmm pasti mahal.. apalagi ngedatengin tempat-tempat yang biasa di posting sama artis-arrtiss :D hihihi engga kok, beneran engga, ga sampe ngabisin budget sebanyak yang dibayangin kalau pinter nyiasatin. Baca sampe selesai yuk,,

How to Get There

Well, kalau pepatah bilang "banyak jalan menuju Roma" boleh lah kali ini saya ganti dikit jadi "banyak jalan menuju Maldives" hehehe,,

Yap! memang bener sih banyak jalan menuju apapun, kemanapun, ga cuman Maldives aja. Kebetulan destinasi saya berlibur waktu itu Maldives (sepertinya kata kebetulan ga cocok deh, karena memang saya pengen ke sini dan main air dari beberapa waktu lalu  *alhamdulillah kesampean)

Lanjut nih ya, rute Surabaya - Maldives saya pilih dengan transit Singappore, karena memang selain Singapore bisa juga transit Kuala Lumpur. kenapa Singapore? karena bisa dibilang saya sedikit ketagihan dengan semua yang ditawarkan oleh bandara yang terkenal memiliki fasilitas penerbangan terbaik di Asia dan Dunia ini *WOW

By the way, saya naik Scoot dengan harga 2.1 juta, kelas ekonomi ga muluk-muluk guys ambil harga paling bersahabat dikantong untuk menuju salah satu dedtinasi liburan impian :)

Transit selama 12 jam 45 menit memberikan saya waktu yang lebih dari cukup untuk explore  Changi Airport, ga lupa sesekali nengok flight information supaya ga lari-lari nanti waktu mau boarding *karena pengalaman  pernah ganti gate dan gate nya jauh bener tongue-out

Penerbangan menuju Maldives memakan waktu kurang lebih 5jam. Pukul 22.00 waktu setempat kaki ini udah ga sabar explore Maldives *padahal jam segitu masih di Bandar Udara Internasional Velana heheh

paradise island maldives
touchdown Maldives

Seperti di awal saya bilang banyak jalan menuju mana aja, so saya mau infoin dua cara yang bisa jadi pilihan kalau kalian mau (juga) mampir ke  Paradise Island Resort and Spa ini *anyway kalau ada yang punya cara lain boleh dong info di komen :D

Pertama, untuk traveller ala ransel macem saya, saya prefer buat stay dulu di Male baru keesokan hari nya ke explore Paradise Island Resort and Spa. Selain karena pesawat landing malem, yang mana booth-booth Resort yang berjejer di bandara Velana  ga ada yang buka alias tutup kabeh (mungkin ada pengecualian kalau kalian sudah booked dan menginfokan jadwal landing, mungkin bakal dijemput sama staff nya, well i dont know hehe sekali lagi yang tahu bisa share info di komenlaughing ) juga yang ga kalah pentingnya karena tujuan explore ke salah satu resort mewah di Maldives ini tidak untuk menginap *kok ga nginep? trus ngapain? baca sampai akhir ya, biar ga salah paham :)

Kedua, cara ini bisa untuk traveller ala ransel atau ala koper asalkan jadwal landing kalian ga malam, kalian bisa langsung ngedatengin booth 16 untuk daftar/didata sama staff nya  Paradise Island Resort and Spa. Setelah itu nunggu bentar, karena yang mau ke lokasi bukan cuma kalian aja hehehe tongue-out (sebelumnya pastikan sudah booked ya, jadi nama kalian ada alias udah dipegang sama staff nya)

Perjalanan menuju Paradise Island Resort and Spa ga bikin kalian ribet kok, karena transportasi menuju Resort sudah menjadi salah satu fasilitas yang diberikan untuk para pengunjungnya. Bedanya, kalau kalian pilih cara pertama, kalian harus kembali ke pulau Hulhulé atau kembali lagi ke bandaranya. Kok pulau? iya, karena di Maldives ini terdiri dari pulau-pulau, jadi jangan heran, kebanyakan transportasi disini naik kapal guys. Back to the story ya, dari Male ke pulau Hulhulé kalian bisa pergi dulu ke ferry terminal, cukup bayar MVR10 alias 10 Rufiyaa Maladewa alias lagi 10ribu rupiah per orang (mata uang nya mirip Indonesia ya, jangan salah sebut guys laughing ) setelah sampai di bandara, cari booth 16. Tapi kalau kalian pilih cara kedua, cukup datang ke booth 16, cek nama. beres!

paradise island maldives    paradise island maldives paradise island maldives

       Beli ticket buat ke Bandara                                    Jadwal ferry nya                     situasi didalam kapal (kapalnya ga melulu kyk gini)

Setelah semua (turis/ visitor) yang akan menuju Resort lengkap, staff akan memandu untuk menuju ke kapal yang akan membawa kita ke lokasi tujuan. Kapalnya cukup fancy atau saya lebih suka bilang MBOIS hihihi. Perjalanan dari bandara Velana, pulau Hulhulé menuju lokasi yang tepatnya ada di Kaafu Atol kurang lebih 15 - 20 menit sedikit lebih lama dari Male ke bandara Velana.

Setelah seru-seruan diperjalanan dengan ferry yang melaju kencang, terpaan angin laut dan deburan ombak plus view biru dan tosca laut Maldives, sesampainya di lokasi, sudah ada staff lain yang menunggu, menyambut dan mengantar kan ke lobby Resort. Untuk barang-barang bawaan bagaimana? tidak perlu khawatir, seolah para staff disana sudah hafal betul reaksi para visitorsnya yang superduper kegirangan dengan view yang memang ga bisa dilihat tiap hari ini, maka barang bawaan aman ditangan mereka. jadilah kita bisa melenggang syantik sambil jeprat jeperet, record video, story-story instagram,update status dan lainnya hehe, FYI jangan heran kalau liat banyak visitor yang kebanyakan dari mancanegara ini sama hebohnya dengan kita-kita yang dari Indonesia, bahkan staff yang tugasnya menyambut dan memandu ke dalam lobby resort untuk didata pun sampai mesti sabar nungguin dan bolak-balik mengajak masuk dulu (jarak dari turun ferry ke lobby resort sudah disuguhi spot untuk berheboh-heboh ria)  lah ga heboh gimana wong disuguhi pemandangan yang subhanallah banget gitu *ngerogoh kocek jadi langsung ga nyesel hahahha

paradise island maldives

touchdown Resort

 

                                paradise island maldives     paradise island maldives
                                   foto blur? agak sedih, resiko ga bawa photografer :p      https://www.instagram.com/p/Bu0GKzTHJc8/



paradise island maldives


 

 

What to Do

Sesampainya di Paradise Island Resort and Spa, dan setelah sikap alay heboh kegirangan yang saya (dan visitor lainnya) lakukan, melangkahlah kaki ini menuju lobby nya, disambut dengan staff yang memberikan handuk dingin dan welcome drink berupa minuman sejenis iced lemon yang berasa segerrr banget ditengah cuaca Maldives yang sedang-cerah-cerahnya.

Seperti diawal tulisan saya, saya tidak berencana menginap disini, beberapa pertimbangan membuat saya memutuskan hal itu. diantaranya waktu singkat yang saya miliki terasa sayang sekali jika hanya digunakna untuk explore Resort ini saja sedangkan Maldives memiliki banyak pulau-pulau menarik yang bisa di nikmati, selain itu tentu dari segi harga yang ga match sama rencana saya sebagai traveller ala ransel (penjelasan informasi  harga ada di akhir tulisan ini)

Baiklah, sudah jauh-jauh sampai disini, di Maldives, kalau ga ke resort mewah  ibaratnya ke Paris tapi ga foto sama menara Eifell :)

So, saya dan partner memutuskan untuk  one day visit saja. Apa itu one day visit? jadi one day visit adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh resort-resort mewah di Maldives (bukan hanya Paradise Island Resort and Spa saja) yang memungkinkan visitornya untuk menikmati lokasi Resort dan beberapa fasilitas yang dimiliki resort tersebut.

Paradise Island Resort and Spa memiliki banyak sekali fasilitas yang dapat dinikmati visitor nya, mulai dari hotel servis seperti Express check-in, Express check-out, Laundry service, Luggage storage, Multilingual staff (saya sempat ngobrol sama mbak therapist spa nya yang ternyata dari Bali, itupun disapa duluan sama mbaknya,  ngobrol dengan karyawan dari India dan sekitarnya, dan semuanya ramah) Porter, Tour (fasilitas yang saya ambil untuk one day visit), Sauna, Spa, salon, gift shop, kolam renang, atraksi seperti shark feeding di malam hari, attractions with stingray, fasilitas olahraga seperti biliard, fitness center, tenis, dan masih banyak lainnya (untuk lebih lengkapnya bisa cek informasi hotel yang ada di platform penyedia jasa layanan seperti traveloka dan kawan-kawannya )

 

Dengan membayar sebesar USD$100 one day visit  sudah dapat dinikmati guys. Setelah dapet gelang warna ungu yang dengan manis dipasangin sama mbak nya (gelang sebagai penanda antara visitors yang one day visit sama yang lain) kalian bisa dapet juga  menikmati fasilitas di Resort ini. Fasilitas apa saja yang didapat dari one day visit  di Paradise Island Resort and Spa ini? semua yang disebut tadi? Hush! jangan harap selengkap itu laughing transportasi pastinya, pulang pergi kita akan difasilitasi, seharian mengexplore resort yang ada di satu pulau cantik ini, beach towel atau handuk berukuran besar (mau dijadikan alas gulung-gulung dipantai atau apa aja terserah kalian, udah dipinjemin ini guys hehe), makan siang buffet dari jam 12-2 pm waktu setempat, pemakaian fasilitas seperti musholla, wifi, Smoking area (partner saya berasa nyaman sekali disini karena bisa nyigar sambil menikmati view yang amazing) dan cafe & bar nya (yang ini kalau order makan  minum tetep bayar ya :p )

         paradise island maldives paradise island maldives
                                             penampakan gelang ungu nya (plus saya dan partner heheh)


Coba deh kalian googling, ketik Paradise Island Resort and Spa, bakalan muncul gambar deretan bungalow dikelilingi laut Mladives warna tosca. Yap! itu juga yang saya lihat dan saya nikmati. sebegitu cantiknya! tambah cantik dan seru lagi karena saat kalian explore atau jalan-jalan disini, if u guys lucky enough, kalian bisa ketemu dengan hiu dan stingray dari jarak dekat (atau bahkan menyentuhnya, atau lebih serunya kalian yang disentuh) karena biota laut ini berenang dengan tenangnya di perairan sekitaran resort, bahkan dipinggir pantai yang dangkal.

                              paradise island maldives paradise island maldives
                                  https://www.instagram.com/p/BufkwtjHCPD/

                       paradise island maldives paradise island maldives 
                          https://www.instagram.com/p/Bu0GKzTHJc8/                  https://www.instagram.com/p/BuDb6SvHJ2H/

       paradise island maldives paradise island maldives

paradise island maldives
stingray (hiu nya ga kefoto keburu bengong plus feel amaze bisa ketemu sedeket itu *maaf saya norak hehe)

paradise island maldives
                                                                                  di depan cafe n bar, beach side




Resort ini tidak hanya pas untuk dewasa saja, namun juga cocok untuk anak-anak, karena ada taman bermain dan kolam renang untuk anak disini.

Merasa cukup dan butuh menyingkir sejenak dari teriknya matahari? exploring tempat ini tetap dapat dilakukan, cukup menepi ke area dalam resort yang dipenuhi pepohonan  hijau yang tentunya memberikan efek dingin dengan kanan kiri pemandangan villa garden view area, spot-spot olahraga, dan spot melepas lelah seperti ayunan yang langsung dipasang dipohon rindang (tentunya sambil foto-foto ya :) )

 

paradise island maldives paradise island maldives
spot antara sisi pantai dan sisi dalam resort / garden view- nya

  paradise island maldives    paradise island maldives

Villa garden view area *ada di balik sisi pantai

paradise island maldives
Villa garden view area





 

Tips and Trick

Sudah ada bayangan untuk mengunjungi tempat iini? jangan buru-buru, saya share sedikit ya (mungkin agak banyak, karena saya bawel *maafkan hehe)  tips dan trik yang bisa kalian lakukan

Tips pertama, bawa uang (pastinya dong Fitt money-mouth ) karena Maldives ini menerima 2 mata uang, yaitu mata uangnya sendiri; Rufiyaa Maladewa dan dollar (USD) maka pastikan dulu kalian membaginya dengan bijak. Jangan tukarkan semua uang dollar kalian ke Rufiyaa. Maka dari itu, merancang destinasi-destinasi yang akan dikunjungi cukup penting guna mengatur jumlah uang yang akan ditukar. Contoh nih ya, di Male, mostly, kalian akan melakukan transaksi dengan mata uang rufiyaa (seperti makan, naik fery, membeli minuman di toko, naik taksi, dll) beda lagi dengan membeli souvenir, bisa dengan rufiyaa namun ada yang menerima dollar juga. Sedangkan di Paradise Island Resort and Spa, transaksi pembayaran menggunkaan dollar US (kunjungan saya nih, bayar one day visit, dan nongkrong di cafe n bar nya pakai dollar US ), kalian juga perlu mata uang dollar US untuk membeli simcard atau makan di area bandara, khususnya lantai 2 satu tempat dengan KFC Maldives. Ohiya, penukaran uang dari dollar ke rufiyaa atau sebaliknya bisa di lakukan di Bandara, ada counter penukaran uang, ada ATM juga.  Tips kedua, bawa sunblock dan sunglasses guys, karena Maldives ini destinasinya kebanyakan pantai, pantai, dan pantaiii otomatis sunblock perlu ya, kecuali kalau kalian memang niat nya buat tanning kayak om dan tante bule kebanyakan hihi. Ketiga, bawa charger/powerbank. Ini hukumnya wajib kan ya, masak iya liburan ga mengabadikan momen, ga jeprat-jepret, ga story-story, ga update status? impossible banget jaman now mah tongue-out apalagi destinasinya yang biasa dikunjungi hartis-hartis ituu makin lah pengen banyakin foto :D kalau baterai habis, bisa dicharge di sekitaran lobby atau cafe n bar, disitu ada colokan guys. Keempat, bawa tripod, tongsis, gorilla pod, atau alat bantu foto atau video lainnya. Kelima, bawa baju ganti buat yang niat nyemplung, dan peralatan lain jika memang ingin diving, snorkling atau lainnya. Keenam dan seterusnya, disesuaikan kebutuhan masing-masing hihihi.

paradise island maldives paradise island maldives
                                                 bawa perlengkapan sunblock, stabilizer, sunglases cool


Sedangkan trick yang bisa aku share yaitu pastikan kalian pergi di saat Low season alias bukan waktunya orang-orang liburan, selain bisa dapet tiket murah, memastikan juga untuk resort-resort yang dituju (masih) bisa menerima kunjungan tour atau one day visit ini guys. Karena fasilitas  tour atau one day visit ini kan belum bisa di cek penuh atau engga nya via tarveloka dan kawan-kawannya, beda lagi dengan kesediaan kamar yang sewaktu-waktu bisa di cek via aplikasi-aplikasi tersebut.

 

Where to Stay
Gimana gimana, udah siap buat packing? tunggu dulu, supaya liburannya lebih nyaman di hati (dan di kantong) heheh terakhir nih saya share sedikit tentang tempat menginap sekaligus info harganya supaya kalian bisa prepare (mungkin) jauh-jauh hari sambil nabung (ngomongin diri sendiri sepertinya :') ). Mungkin sebagai referensi kalian bisa menginap daerah Male, kebetulan saya menginap di Kaani Lodge,dengan harga 600rb/malam fasilitas yang diberikan lebih dari cukup (lemari, meja rias/meja kaca, kamar mandi dalam dengan shower panas & dingin, AC, bed size besar, wifi, breakfast, receptionist 24 jam) lokasinya juga dekat dengan masjid, toko-toko, tempat makan dan paling penting ferry terminal. Menginap di daerah Male memungkinkan liburan lebih menarik dan bervariasi karena explore kota juga dapat dilakukan, jadi tidak melulu pantai. Sedangkan untuk menginap di Resort, dengan fasilitas Wah yang diberikan, kalian harus membayar biaya inap minimum 5juta-an rupiah/malam tergantung dari jenis villa yang di pilih, Sebanding sih ya dengan apa yang ditawarkan, Nah ini sekaligus menjawab pernyataan saya tentang salah satu alasan kenapa saya memutuskan untuk tidak menginap di Paradise Island Resort and Spa. Semoga info yang saya bagikan membantu ya :D
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY