239 views | 2 Likes

Damai nya Ranu Gumbolo

4 star (from 2 people)
Lumajang, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 26 May 2018, 16:54:52
Ferdy_duck87
Sightseeing

Ranu Gumbolo, kebanyakan dari kita pasti sudah tidak asing, atau paling tidak sudah pernah mendengar nama nya.
Tanpa banyak bicara lagi, mari kita simak ulasan nya di sini.

How to Get There

 

Ranu Gumbolo terletak di daerah Pasurjambe, Lumajang. untuk menuju kesini kita bisa melalui kota Malang, Probolinggo, Ataupun Lumajang. Biasanya Kebanyakan Transportasi yang paling umum yakni melewati Malang, karena akses nya lebih mudah dan gampang.

Bagi Yang membawa kendaraan pribadi, bisa langsung menuju ke arah Desa Tumpang, karena bisa di bilang di desa inilah pusatnya orang2 yang ingin mendaki ke Gunung Semeru, atau pun hanya sekedar trekking ringan ke Ranu Gumbolo. Sedang bagi kita yang berasal dari luar kota  yang turun di  Stasiun Kota Baru ataupun Terminal Arjosari Malang,Mudah saja kita hanya tinggal mencari angkutan Umum yang bertujuan ke Desa Tumpang. Tarif Angkutan umum dari Terminal Arjosari ke Desa Tumpang Rp.10.000. Sedang dari Stasiun kita menuju Terminal dulu dengan Tarif Rp. 5.000 / orang, Baru di lanjut menggunakan Angkutan  umum menuju desa Tumpang, dengan tarif Rp 10.000 / Orang. 

Sesampai di Desa Tumpang, Kita Bisa mengecek kembali Perlengkapan kita, Logistik yang akan di bawa , Syarat2 yang di perlukan Mendaki, Maupun sedikit beristirahat sejenak setelah melakukan perjalanan jauh. O iya syarat yang saya maksud di sini adalah Surat Sehat Masing2 Anggota Perjalanan. Foto kopi KTP, Matere 5.000 / rombongan. Dan juga tiket Pendakian yang sudah kita Booking Jauh2 hari. HargaTiket pendakian adalah Rp 17.500 / orang / hari saat Weekday, dan Rp. 22.500 /orang / hari saat Weekend.

Setelah semua Beres, Kita bisa Melanjutkan Perjalanan dengan menyewa Jeep yang Banyak tersedia di sekitar Pasar Tumpang dengan tarif Rp. 65.000 / orang sekali perjalanan yang akan membawa kita ke Desa Ranu Pani, Desa Terakhir di Kaki Gunung Semeru yang merupakan Start awal kita melakukan Pendakian. Bagi yang membawa kendaraan Pribadi, kita bisa langsung menuju Ranu Pani.

What to Do

Setelah Sampai di Ranu Pani, segera kita Lakukan Registrasi Ulang dan Juga mendengarkan Briefing dari Pihak Saver, Saver adalah Organisasi Nirlaba yang bertugas mengawasi, Mengedukasi dan juga mencegah Supaya tidak terjadi nya Hal2 yang tidak di inginkan Saat kita sedang Menikmati indahnya kawasan Gunung Semeru, termasuk Ranu Gumbolo.

Setelah semuanya Lengkap , Baru kita bisa memulai Perjalanan menuju Ranu Gumbolo, Estimasi Waktu dari Ranu Pani Sampai Ranu Gumbolo antara 3 sampai 7 jam perjalanan sesuai fisik masing2 anggota Pendakian kita.

Untuk track menuju Ranu gumbolo sendiri, Menurut saya tidak begitu berat Karena Banyak di dominasi jalur Landai dan hanya sekali kali menanjak dengan kemiringan yang tidak begitu Curam dan masih bisa di atasi.

Dan yah.. Setelah melakukan perjalanan sekitar 4 jam akhirnya kita sampai juga di Surga nya Gunung Semeru, Yaitu Ranu Gumbolo.

Percayalah Untuk mendapat kan Hasil yang mengagumkan di butuh kan perjuangan, dan Hasil akhir tak akan pernah menghianati Usaha kita, Jangan Mudah menyerah.

Selamat datang, Selamat Menikmati Ranu Gumbolo.

Mari kita jaga bersama, JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN. BAWA TURUN KEMBALI SAMPAH KITA.

Jangan Mengambil Apapun selain Gambar.

Jangan Bunuh Apapun selain Waktu, dan Jangan Tinggalkan Apapun Selain Jejak.

Salam Lestari..

 

 

 

Tips and Trick

 

Pilih Waktu yang baik saat ingin melakukan pendakian, biasanya waktu terbaik adalah Musim Panas.

Siapkan fisik 1 minggu menjelang hari keberangkatan.

Syarat dan Perlengkapan Wajib jangan Sampai terlupa.

Berdoa, pada keyakinan Masing masing.

Where to Stay

Banyak tersedia Hotel, Penginapan , Maupun Homestay , Baik di Malang , Tumpang , Ranu pani dengan Harga yang menyesuaikan Fasilitas.
Mulai dari yang gratis, cukup memberi seikhlasnya saja, sampai yang Berjuta juta / Malamnya.

Gallery (9)

Comments (4)