DeniPermana | Sightseeing
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia | gorgeous mountain
17 Nov 2016


Kawah Ijen Banyuwangi yang menawan dan wajib anda kunjungi!!!!
Ayo coba mendaki Gunung Ijen di jamin deh pengalaman mendaki anda sangat berkesan selain keseruan medaki disni anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah dan hanya anda temui di Kawah Ijen.

How to Get There

Gunung ijen adalah tempat, penambang belerang terbesar di Jawa Timur yang berlokasi di kabupaten banyuwangi. Selain menjadi lokasi penambangan, di kawasan gunung ijen memiliki keindahan yang luar biasa, makanya tak jarang wisatawan menjadikan tempat ini favorit bagi mereka yang sedang berkunjung ke Banyuwangi dan wajib untuk mengunjungi tempat ini.

Untuk menuju lokasi kawah Gunung Ijen bisa di tempuh dari Surabaya 260 km atau 6 jam 54 menit, dan jika dari Kota malang maka menempuh jarak sekitar 248 km atau 6 jam 49 menit perjalanan untuk sampai  ke lokasi Gunung Ijen.

Setelah sampai di kawasan Kawah Ijen anda akan melakukan pendakian, jadi jika merencanakan berlibur ke lokasi wisata Gunung Ijen anda harus menyiapkan persiapan yang matang dan di perlukan kondisi badan yang sehat+stamina yang full untuk mendaki Gunung Ijen.

Kebanyakan orang yang berkunjung ke Kawah Ijen memulai pendakiannya pada malam hari karena saat malam hari wisatawan akan di buat kagum oleh fenomena alam “Blue Fire Ijen”. Pendakian dengan rute yang menanjak dan jalan yang lurus ini sekitar 3 km, tetapi jangan Khawatir pendakian di ijen mudah kok gak serem-serem banget laughing.

Semoga info di atas berguna bagi anda yang ingin mencari refrensi ke Gunung Ijen yang menawan ini.

What to Do

Gunung Ijen adalah sebuah Gunung Berapi yang masih aktif dan terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini sangat terkenal dan menjadi daya Tarik wisatawan, Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan bersebelahan dengan Gunung Merapi.

Tau kah anda jika Gunung Ijen pernah meletus? Nahh Gunung Ijen ini terakhir meletus pada tahun 1999 dan Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncak, itulah salah satu daya Tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

 

Kawah ijen merupakan danau terbesr dipulau jawa dan wisata yang satu ini wajib untuk anda kunjungi ketika anda berada di kota Banyuwangi. Di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2.443 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hektar. Danau kawah Ijen dikenal merupakan danau air yang sangat asam dan terbesar di dunia.

Apa sihh yang membuat Kawah ijen ini unik dan apa aja sihh yang bisa anda nikmati pemandangan saat anda berada disini? Ya disini anda akan melihat warna batu belerang saat berada di Kawah ijen. Batu Belerang di Kawah ijen ini sangat lah indah dari puncak kawah ijen anda dapat melihat hamparan pemandangan selat bali dan gunung-gunung yang menawan disekitar kawah ijen.

 

Disini anda akan melihat bunga yang cantik yaitu Bunga Edelweis, dan bunga ini akan muncul pada bulan juni sampai bulan September.

Tidak hanya ini saja loh di sini anda akan melihat fenomena Blue Fire, Apa itu Blue Fire? “Blue” berarti “Biru” dan Fire berarti “Api” jadi kalo di simpulkan adalah “Api yang biru”. Dengan ada nya fenomena seperti ini maka tak jarang peneliti dari luar negeri datang ke tempat ini untuk melakukan penelitian yang langka di dunia dan jauh-jauh ke tempat ini pastinya untuk menyaksikan Blue Fire, Blue fire itu sendiri terjadi karena semburan belerang cair dari kawah ijen. Untuk menyaksikan blue fire tersebut anda harus melakukan pendakian setidaknya pukul 01.30 dari pos paltuding.

Pesona kawah ijen tak hanya sampai disitu saja lohh, disini anda akan menyaksikan banyaknya para penambang belerang yang silih berganti naik dan turun di lereng Kawah Ijen. Ratusan penambang belerang  membawa batu batuan belerang berwarna kekuningan. Dengan dibantu alat berupa keranjang yang terbuat dari bambu dan memikulnya. Penambang belerang tersebut menapaki lereng kawah ijen dengan perlahan. berdasarkan beberapa narasumber beban yang di pikul para penambang itu sendiri sekitar 90kg – 130kg.

 

Saat anda disini anda tidak perlu repot-repot untuk membawa bekal pendakian karena di paltuding terdapat banyak warung yang menjual kebutuhan anda untuk  melakukan pendakian ke kawah ijen, Disini juga tersedia penginapan dan jika ingin melakukan berkemah disini tersedia area kemah yang luas, kebayng dong berkemah di Kawah Ijen yang menawan ini, pasti membuat pengalaman perjalanan anda lebih menarik dan berkesan.

Tanpa menunggu lama ayo mendaki dan nikmati keindahan yang ada di Kawah Ijen, pasti petualangan ini menjadi perjalanan yang mengasyikan dan susah di lupakan…

 

 

Anda ingin tau Wisata lainnya yang menarik di Banyuwangi KLIK DISINI

 

Tips and Trick
  1. Bawalah Camera, kacamata, masker, jaket, sepatu/sandal, dan obat-obatan pribadi anda.
  2. bawalah air di botol karena anda akan mudah Lelah saat mendaki.
  3. jagalah kebersihan saat berada di tempat ini.
  4. saat berkunjung ke tempat ini pastikan kondisi badan sehat+stamina full.
  5.  

    Disini saya ada video mengenai “Kawah Ijen” yang membuat anda penasaran dengan pemandangannya dan harus anda kunjungi, Anda penasaran??? 

    Klik disini ->    

                         

    *Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY