224 views | 1 Likes

Cantiknya Teluk Putri Bagaikan Seorang Putri

0 star (from 0 people)
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 25 May 2018, 11:32:28
uklamuklam
Sightseeing

Sama seperti Pantai Ngliyep, Teluk Putri juga masih termasuk wilayah hutan lindung dan memiliki luas area sekitar 10 ha. Disini, kami disuguhi...

How to Get There

Malang memang menyimpan banyak surga tersembunyi yang jarang diketahui. Seperti Teluk Putri yang indah ini. Teluk ini sebenernya cukup mudah di jangkau karena berdekatan dengan Pantai Ngliyep.  Waktu itu saya dan teman-teman berangkat dari Malang Kota dengan menggunakan sepeda motor dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam.

Teluk Putri berada di Desa Kadungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Teluk ini berada di wilayah Malang Selatan dan pertama kali ditemukan oleh Mbah Atun yang merupakan warga asal Jogja.

Bagi yang berada di daerah Jawa Timur atau yang berada di luar Jawa Timur, langsung saja menuju kota Malang. Dari kota Malang, lanjut menuju ke kecamatan Donomulyo lalu dilanjutkan menuju Desa Kedungsalam. Buat kalian yang tidak menggunakan transportasi pribadi, kalian bisa menggunakan angkutan umum yang menuju ke Pantai Ngliyep. Dari terminal Arjosari, kalian bisa naik angkutan umum dengan jalur GN1, yaitu jalur Godang – Ngliyep lewat Donomulyo atau jalur GN2, yaitu jalur Gondang – Ngliyep lewat Sumbermanjing Kulon yang sekarang dikenal dengan nama Kecamatan Pagak.

Untuk menuju Teluk Putri, dari Pantai Ngliyep cukup berjalan kesebelah kiri dan naik ke sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi. Dan tibalahhh kita di Teluk Putri.

What to Do

Sama seperti Pantai Ngliyep, Teluk Putri juga masih termasuk wilayah hutan lindung dan memiliki luas area sekitar 10 ha. Disini, kami disuguhi pemandangan hamparan pasir putih yang indah dan luas. Pasir putih ini sangat lembut, oleh karena itu teluk ini disebut sebagai Teluk Putri karena pasirnya yang lembut, selembut tangan putri.

Ketebalan pasir di Pantai Teluk Putri ini kurang lebih 40 cm dan hamparan pasirnya tidak terlalu luas, hanya sekitar 100 meter saja. Meskipun begitu, hal ini sudah cukup untuk menciptakan rasa nyaman untuk menyepi.

Teluk Putri memiliki keindahan tersendiri selain indah dan bersih, teluk ini juga masih sepi pegunjung. Untuk itu teluk ini sangat cocok bila dijadikan sebagai tempat menyepi saat merasa penat dengan kebisingan kota.

Di teluk ini juga udaranya seger banget guys. Kita juga melihat tebing-tebing dan hutan tropis yang berada disini, sehingga menambah kesan tersendiri untuk kita. Biasanya, teluk ini sebagai tujuan kedua setelah mengunjungi Pantai Ngliyep karena posisinya yang tersembunyi dan kebanyakan pengunjung tidak tahu adanya teluk ini karena lokasinya yang berada di balik bukit-bukit sebelah timur Pantai Ngliyep.

Karena pantainya yang masih bersih, asri dan sepi, kita puas-puasin bermain air disini. Anyway, kalian boleh bebas bermain pasir dan air disini, tapi kalian dilarang untuk berenang karena ombaknya yang tinggi juga adanya tebing-tebing tinggi si dekatnya. Cukup bermain air dan nikmati lembutnya pasir di teluk ini aja udah bikin puas kok. Berasa pantai pribadi deh. Hehehe..

Fyi, di teluk ini masih belum ada fasilitas umum yang memadai, jadi buat kalian yang pengen ke toilet atau musholla, bisa menggunakan fasilitas umum di Pantai Ngliyep.

Tips and Trick

Buat kalian yang pengen dateng ke Teluk ini, aku saranin mending kalian bawa kendaran pribadi, seperti motor atau mobil, karena selain menghemat biaya juga menghemat waktu. Apalagi kalo perginya rame-rame bareng temen-temen.  Untuk tiket masuknya, kalian cukup bayar Rp 15.000 saja untuk tiket masuk di Pantai Ngliyep sudah termasuk tiket parkirnya, jadi kalian ga perlu bayar tiket masuk lagi untuk ke Teluk Putri.

Selain itu, pakai pakaian yang nyaman seperti kaos dan celana pendek juga sandal gunung karena kalian akan sedikit mendaki di bukit. Buat kalian yang pengen main air, jangan lupa buat bawa perlengkapan mandi dan baju ganti. Gunakan kacamata hitam, topi dan sublock agar tidak langsung terkenal sinar matahari. Seperti yang udah aku sebutin tadi, di teluk ini dilarang keras buat berenang, jadi jangan sekali-kali berenang disini karena demi keselamatan kalian juga.  Jangan lupa bawa kamera anti air dan tetap jaga kebersihan Teluk ini dengan membawa pulang sampah kalian lagi.

Where to Stay

Buat kalian yang pengen bermalam disini, kalian bisa mendirikan tenda di kawasan Pantai Ngliyep.

Gallery (10)

Comments (1)