4 star (from 1 people)
186 views | 1 Likes
Beningnya Labuan Cermin, Sekeping surga di Ujung Timur Kalimantan
Berau, Kalimantan Timur, Indonesia
Category: Snorkling


Posted on 24 May 2018, 13:07:02
zero
Tourist
Location on Google Maps
Labuan Cermin Lake
Biduk-Biduk, Biduk Biduk, Biduk-Biduk, Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur 77373, Indones
How to Get There

Hi Guys, akhirnya liburan ke Kalimantan lagi nih. Tapi, kali ini aku bakalan mengunjungi salah satu danau terindah di pulau tersebut. Danau ini bernama Labuan Cermin dan terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Untuk menuju kesini, aku berangkat dari Surabaya dengan pesawat menuju kota Berau. Ngga susah kok guys buat cari pesawat kesini dan kalo kalian beruntung, kalian juga bisa dapet harga promo.

Setelah sampai di Berau, banyak sekali jasa travel yang menawarkan perjalanan ke Labuan Cermin. Harganya pun bervariasi, tergantung dari fasilitas apa yang diinginkan. Anyway, perjalanan dari bandara Berau ke lokasi Danau Labuan Cermin memakan waktu lebih dari 6 jam perjalanan. Dari kabupaten Berau menuju ke Tanjung Redep, kemudian dilanjutkan perjalanan ke kecamatan biduk-biduk. Setelah tiba di kecamatan Biduk-biduk, terdapat banyak petunjunk arah untuk menuju danau Labuan Cermin. Karena bepergian dengan menggunakan jasa travel, jadi ngga ribet deh harus cari-cari jalan atau nyetir sendiri. Cukup duduk dan nikmati perjalanan karena sepanjang jalan kalian akan disuguhi oleh pemandangan pohon sawit dan pantai dengan pasir putihnya yang indah.

What to Do

Untuk mencapai danau ini memang tidak mudah, tetapi semua akan terbayarkan ketika sudah sampai disana. Labuan Cermin merupakan merupakan sebuah danau yang memiliki air yang snagat jernih kebiruan seperti kaca. Danau ini juga dikenal sebagai danau dua rasa karena memiliki dua lapisan air, yaitu lapisan paling atas mempunyai rasa tawar dan yang paling bawah rasa asin. Anehnya, kedua air itu tida bercampur sama sekali. Unik sekali kan?

Dengan airnya yang begitu jernih, kalian bisa lihat penyu dan satwa air danau lainnya secara jelas. Batang pohon maupun bebatuan yang ada di dalam airnya terlihat jelas diatas perahu saat aku berkeliling. Bahkan, perahu yang aku tumpangi terlihat seperti melayang. Keren abis!

Setelah berkeliling dengan perahu, kita akan diperbolehkan untuk berenang. Bagi yang bisa berenang, kalian bisa menyelam di danau ini. Tapi bagi yang ngga bisa berenang, kalian juga bisa tetep berenang tapi jangan lupa untuk pake life jacket yaa.

Seperti danau pada umumnya, danau ini memiliki air yang tenang dan ngga ada arus. Kedalamannya pun variatif, mungkin ngga lebih dari 10 meter. Keuntungan buat kalian yang bisa berenang, kalian bisa menyelam dan merasakan langsung airnya yang asin di lapisan bawah.

Selain itu, berenang semakin kedalam kita akan melihat airnya yang berwarna biru, bukan lagi hijau tosca seperti yang tampak dari atas. Disini, juga kita bisa melihat hewan air asin berenang di kedalaman, beda dengan ikan yang tampat dari permukaan yang merupakan satwa air tawar. Meskipun ini pengalaman pertamaku berenang di danau, namun rasanya sangat menyenangkan. Seperti lagi menyelam di kolam alami.

Jangan sampai salah timing ya guys kalo mau kesini, soalnya waktu terbaik buat dateng kesini itu pas pagi-pagi banget atau pas sore hari. Soalnya pas jam-jam tersebut, air danau akan berwarna hijau tosca dan sangat indah.

Tips and Trick

Overall, danau ini indah sekali bagaikan surga di ujung pulau Kalimantan. Untuk itu, buat kalian yang pengen kesini juga, aku punya beberapa saran yang penting buat kalian perhatiin. Jangan lupa untuk membawa uang tunai lebih, karena disini banyak sekali wahana menarik dan menantang yang bisa dinikmati. Buat kalian yang pertama kali kesini, aku saranin juga buat ikutan paket tour karena selain menghemat waktu juga kalian ngga perlu repot, kalian bisa cek paket tournya disini.

Ohya, buat kalian yang pengen basah-basahan, jangan lupa bawa kacamata hitam, baju ganti, perlengkapan mandi, kacamata renang dan juga finn. Untuk life jacket, biasanya sudah termasuk di paket tour yang kalian ikuti. Jangan lupa untuk membawa kamera bawah air dengan baterai yang sudah terisi penuh. Terakhir, tetep jaga kebersihan demi kelestarian alam ya guys..

Video by UJS TV Pariwisata

Gallery (8)
Comments (1)