142 views | 0 Likes

danau kastoba salah satu paradisenya pulau bawean

3 star (from 1 people)
Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Category: Meet Locals

Posted on 23 May 2018, 14:15:55

Kekayaan alam indonesia ini memang tak ada habisnya untuk terus di eksplore akan keindahaannya. Dan kali ini guys saya berkesempatan untuk menikmati keindahan surga yang tersembunyi yang berada di ujung utara jawa timur tepatnya di kabupaten gresik yaitu

How to Get There

Lalu bagaimana caranya untuk menuju ke danau kastoba tersebut ?

Setelah istirahat sejenak sambil menyiapkan peralatan yang akan kami bawa untuk explore di hari pertama ini , saya langsung memacu motor saya menuju icon alam utama pulau ini yaitu danau kastoba. Untuk menuju ke danau kastoba ini saya harus menempuh perjalanan selama 40 menit menuju ke utara pulau bawean dengan jarak tempuh sekitar 13 km dari hotel barokah tadi. Danau kastoba ini terletak di desa paromaan kecamatan tambak kabupaten gresik. Oh ya ni guys sepanjang perjalanan menuju ke danau kastoba ini anda harus sering bertanya warga lokal karena mengingat anda tidak akan menemukan papan petunjuk untuk menuju ke danau kastoba tersebut.  Jangan ragu ataupun malu karena warga lokal sini sangatlah rama dan baik kepada wisata asing dan siap membantu anda disini. Oh ya ni guys kalau berada desa mendekati danau anda harus bertanya “ TELAGA “ dan bukan danau , ingat .... TELAGA , karena warga sini menyebutnya telaga kastoba bukan danau.  Karena pengalaman saya saat mencari danau sangat kesulitan dan bahkan tidak ada orang yang  tahu danau jadi anda harus menggunakan kata kunci Telaga.

Sepenjang perjalanan menuju ke desa paromaan anda kan di suguhi oleh luasnya sawah warga yang sangat indah dan sipa untuk di panen, karena pulau bawean terkenal akan makmurnya sawah yang berjajar luas menjadi sumber mata pencaharian mereka disini. Untuk kondisi jalan menuju ke danau kastoba sudah tergolong sangat baik karena jalannya sudah di cor dengan semen meski jalan tersebut  tak seluas jalan di kota.

Oh ya sebenrnya da 2 jalur untuk sampai menuju ke danau kastoba tersebut dan kali ini saya mengambil rute lama tepatnya di desa pasar telaga. Dan setelah sampai di desa tersebut  menitipkan kendaraan saya kepada warga lokal yang sangat baik dan ramah. Setelah mendapat petunjuk dan arahan dari warga lokal untuk sampai di danau kastoba , saya melanjutkan perjalanan saya menuju ke danau dengan melewati jalan setapak kecil dengan di dominasi hutan jati yang sangat rimbun dan asri. Suasana perjalan sangatlah tenang dan sunyi hanya suara serangga hutan yang menemani perjalanan saya menuju ke danau kastoba selama 30 menit tracking.

Setelah sampai di bibir danau saya langsung terkesima melihat tenangnya danau yang begitu luas dengan di dominasi oleh hutan lebat di pinggirannya berwarna hijau dan sejuk. Di sini ada satu pondok kecil yang bisa kita gunakan untuk bersantai ataupun melakukan ibadah sholat. Lalah setelah tracking akan terbayar saat saya sampai di danau kastoba ini , tenangnya suasana , sejuknya udara serta indahnya warna air yang di dominasi dengan hijaunya pepohonan di sekitar membuat tempat ini seakan surga yang tersembunyi di pulau bawea. Karena saya datang di hari kamis terlebih lagi di sore hari sekitar pukul 14.30 disini saya tidak menemukan satu pengunjung sama sekali jadi seolah tempat ini miliki saya pribadi untuk menikmati keindahaan danau kastoba ini.

 

Oh ya ni guys kabarnya di balik keindahan yang di suguhkan disini , danau kastoba ini memiliki cerita legenda yang masih kerap di yakini warga sini. Dan konon katanya ni guys danau ini tergolong masih mistis dan kerap kental dengan adanya hantu atau bisa di sebut juga penunggu danau kastoba ini. Jadi jika anda berkunjung ke danau kastoba ini anda harus jaga sikap dan ucapan disini. Namun di balik hal seperti itu danau kastoba ini memiliki daya tarik alam yang sangat mempesona dan indah. Dimana disini kita akan dimanjakan akan pemandangan hutan asri serta tenangnya air danau di tambah lagi air yang begitu sangat sejuk akan membuat anda merasa tenang dan nyaman saat berada di danau kastoba ini,

What to Do

Lalu kegiatan apa saja yang bisa di lakukan disini ?

Mengingat ini adalah sebuah danau pastinya di benak anda ingin menikmati segarnya air tersebut , anda hanya bisa bermain di pinggiran danau yang tak terlalu dalam serta pastinya mengingat view di danau kastoba ini sangat keren jangan lupa untuk mengabadikan moment dengan jepretan kamera anda karena setiap sudut danau kastoba ini sangatlah kece dan keren. Oh ya ni guys jika anda membawa hammock atau ayunan tali anda bisa memasangnya di pinggiran danau di sela-sela pohon yang berjajar sehingga anda dapat bersantai sambil menikmati tenang dan asrinya danau kastoba ini.

Dan apa yang wajib kita bawa saat berkunjung ke danau kastoba ini ?

 

Pastinya makanan , mengingat disini tidak ada satupun warung yang menjual makanan jadi anda wajib membawa bekal sendiri jika tak ingin kelapran saat berkunjung ke danau kastoba ini. Kedua anda wajib membawa lotion anti nyamuk mengingat anda akan tracking melewati hutan yang sangat lebat  , terakhir anda wajib membawa sabun atau peralatan mandi karena pastinya anda akan bermain air disini jadi dan disini sudah adakamar mandi untuk membilas badan anda setelah bermain di pinggiran danau. Untuk tribusi masuk kita tak akan di kenakan biaya sama sekali atau bisa di bilang gratis.

Tips and Trick

Oh ya ni guys saran aja , jika anda berkunjung ke danau kastoba ini turutlah menjaga kelestarian serta kealamian tempat ini , jangan pernah meninggalkan sedikit sampah pun atau menagmbil apapun disini. Nikamtilah yang telah disuguhkan disini dan jangan pernah merusak sedikitpun kealamian tempat ini. Ok guys untuk cerita hari pertama ini sekian dulu masih ada lanjutan lagi di hari ke dua dan ke tiganya guys , terus ikuti perjalanan saya explore pulau bawean ini di cerita selanjutnya.

Gallery (6)

Comments (2)