219 views | 1 Likes

Blusukan di Bukit Gumitir yang Indahnya Ngga Bikin Ketar Ketir

3 star (from 1 people)
Jember, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 23 May 2018, 13:15:09
meliana
Tourist

Di rest area Gumitir ini, kalian bisa temuin café dan beberapa spot untuk berfoto. Selain itu, kalian juga bisa mengunjungi perkebunan kopi dan juga...

How to Get There

Perjalanan kali ini, gue akan pergi ke Jember. Nah, dalam perjalan ke Jember ini gue bareng sama kakak gue, Namanya Mario. Dari Banyuwangi kita naik mobil dan Mario yang nyetir. Kali ini kita akan ambil jalur berbeda karena sekalian pengen jalan-jalan sebentar. Hehehe.. Yup, kita melewati jalur pegunungan Gumitir. Fyi, jalur ini penuh dengan belokan dan tanjakan sehingga bikin orang yang melewatinya ketar ketir. Beruntungnya, saat ini telah disediakan fasilitas rest area yang juga bisa digunakan untuk berwisata juga. Dan hari ini kami berencana berhenti sejenak di rest area tersebut.

Sebenarnya, Kawasan Bukit Gumitir ini berada dipebatasan Jember – Banyuwangi, sekitar 39 kilometer dari arah Jember dan 60 kilometer dari arah Banyuwangi. Untuk menuju kesini, gue saranin kalian pake kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, soalnya disini jarang banget ada angkutan umum.

What to Do

Di rest area Gumitir ini, kalian bisa temuin café dan beberapa spot untuk berfoto. Selain itu, kalian juga bisa mengunjungi perkebunan kopi dan juga pabriknya. Seru banget lho! Kenapa? Karena tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 12 malam tanpa dipungut biaya sama sekali. Enak banget kan?

Saat pertama kali tiba disini, gue lihat ada kursi kayu yang sangat besar sekali. Kursi raksasa ini biasa digunakan sebagai spot berfoto dengan latar pegunungan yang indah. Kursi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung karena memiliki tinggi alas hingga 2,5 meter dan tinggi sandarannya mencapat 5,3 meter. Tinggi banget sih yaa. Tapi untungnya, ada tangga yang bisa dinaiki di sebelahnya jika pengunjung ingin berfoto di atas sana dan pemandangannya superrr awesomeee!!

Setelah puas berfoto di kursi raksasa dan menikmati indahnya pegunungan dari atasnya, gue mutusin buat berfoto di spot selanjutnya, yaitu di terowongan terpanjang di Indonesia. Terowongan ini bernama Terowongan Mrawan dan memiliki Panjang hingga 980 meter. Terowongan ini merupakan peninggalan Belanda dan untuk memasukinya pengunjung diharuskan membayar 25.000. Terowongan Mrawan masih aktif digunakan untuk lalu lintas kereta ternyata guys, makanya pengunjung Cuma dibolehin foto di depan mulut terowongannya saja.

Ohya, selain mengunjungi terowongan, dengan tiket sebesar 25.000 tadi kalian juga bisa menikmati hamparan kebun kopi robusta seluas 1165 hektar. Selama perjalanan kesana, bersiap untuk diguncang-guncang yaa guys. Hehehe.. Gue dan Mario pun blusukan ke kebun kopi yang sejuk dan indah ini. Selain kebun kopi, disini juga ada pabrik kopi Goenoeng Goemitir yang dibangun antara tahun 1901 dan 1903 oleh Belanda. Keren banget pokoknya, karena selain melihat indahnya pemandangan, disini kita juga akan belajar tentang sejarah. By the way, untuk menuju ke pabrik kopi ini kita disediain kendaraan oleh pihak pengelola, jadi ngga perlu repot.

Rest area Gumitir ini layak disebut sebagai lokasi agrowisata, akrena selain lokasinya di perkebunan dengan ketinggian 624 mdpl, area ini juga dilengkapi berbagai sarana penunjang yang pada umumnya terdapat pada sebuah agrowisata, seperti Outbound, Flying Fox, Kereta wisata, Jeep Willys, berkuda dan area perkemahan.

Tips and Trick

Kalo kalian pengen jalan-jalan kesini bareng temen-temen dan keluarga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dulu nih. Pertama adalah untuk tidak membuang sampah sembarangan di sekitar area objek wisata ini karena untuk menjaga keasriannya. Jangan lupa juga buat siapin kamera atau handphone dalam keadaan baterai yang terisi penuh jika kalian pengen hunting foto disini. Kalian diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman ringan disini, namun jika tidak membawa juga tidak apa-apa karena kalian juga bisa menemukan café yang menjual berbagai makanan khas Gumitir seperti Bebek Goreng dan Ayam Goreng Laos. Selain itu juga ada Kopi luwak, kopi lanang dan seduhan The rolas yang khas, kami juga sempat mencicipinys. Dan yang paling penting adalah jangan lupa berdoa dan tetap berhati-hati selama perjalanan.

Video by Antara TV

Gallery (12)

Comments (1)