198 views | 0 Likes

Ilegal Post! Read with Caution and an Open Mind - Amsterdam

5 star (from 1 people)
Amsterdam, North Holland, Netherlands
Category: Wine & Nightlife

Posted on 17 May 2018, 10:10:24
elaine_gina
Sightseeing

There is something about Amsterdam.. The city is so ALIVE! Orang-orangnya ramah bebas berekspresi.. Ikatan kuat kita sama mereka langsung kerasa saat kita menjejakkan kaki di tanahnya. Satu yang bakal kerap kita denger dari orang lokal ataupun orang Indon

How to Get There

How to get there.. Pertama : pantau Garuda Travel Fair, Skyscanner.com, atau yang ngga keberatan soal budget bisa pilih flight dari travel mana aja dan book a flight. Kalo mau gampang ke Amsterdam pastikan kalian turun di Amsterdam Schipol Airport tentunya.

Ke dua : urus Visa Schengen. Jangan lupa apply Visa Schengen, guys terutama bagi pemegang passport Indonesia karena WNI masih butuh Visa buat masuk negara-negara Schengen di mana Belanda termasuk salah satunya. Aku kasih tips supaya lebih mudah Schengennya lolos ya.. Pertama pastikan kontrol jumlah duit di rekening supaya mencukupi terutama selama 3 bulan terakhir. Ke dua, aku saranin buat apply ke Vfs Global Belanda aja langsung deh.. Persyaratannya lebih mudah, nggak perlu translate dokumen, dan chance buat lolosnya lebih besar dari negara-negara Eropa lainnya biarpun kalian berencana pergi ke negara lainnya juga.

Kantor Vfs ini ada di Jakarta, Surabaya, dan Denpasar dan formulir aplikasi dan persyaratan lengkapnya bisa di lihat dan download di www.vfsglobal.com.

Ke tiga, book "Free Cancelation" Hotel di booking.com. Jangan lampirin Couchsurfing, rumah temen, Hostel, Hotel bobrok supaya kelihatan lebih terjamin punya dana dan mereka yakin kita nggak jadi imigran gelap. Aku punya beberapa tips lagi tapi kita bukan mau membahas soal Schengen kan yah.. Jadi kalo mau tau lebih banyak tips lagi bisa PM aku di Facebook www.facebook.com/elaine.gina.3 sambil lihat-lihat foto liburanku atau IG @elaine_gina

 

Setelah sampai di negeri tulip ini guys, kalian yang nggak ikut tour alias jalan sendiri sebaiknya beli "Travel Ticket" di kiosk di Schipol Airport. Pilih durasinya sesuai dengan durasi stay kalian. Buat referensi, harga 3 days Travel Ticket ini €33.50. Dengan punya Travel Ticket ini kalian bebas naik public transport apapun dari bus, metro, train, dll dan jatuhnya jauuuh lebih murah kalo kalian pengen keliling keliling Belanda, maklum transportasi di luar sangat costly, kalo kita asal naik aja tanpa tau tentang trik-triknya budget kita bisa jebol.

So dari Amsterdam Schipol Airport kita tinggal naik Train aja ke Amsterdam Centraal lalu naik Metro ke Damrak. Semua jalurnya bisa dilihat di papan petunjuk dan jalur Metro bisa di Google kalo bingung. Dari Centraal ke Damrak tinggal lurus aja kok deket banget, sebenernya jalan kaki juga bisa.

Kalo tersesat tinggal tanya-tanya orang sekitar. Orang-orang sini super ramah dan sangat helpful sama turis. Very shockingggg!! Bahkan mereka ngeliat kita celingukan di jalan aja mereka bisa stop motor mereka buat nanyain "kamu tersesat kah?" "Uda bisa nemuin jalan kah?" Woooooooow!! Love this city!!!

Dari Dam Square kalian tinggal jalan lurus, di area sana ada sungai (Damrak) dan pusat hiburan mereka yang jual makanan, snack, sampai vulgarly jual Cannabis dari versi lolipop sampai energy drink dan dari jual sex toys sampai ada Sex museum segala. Freedom bener-bener terasa di sini! Tapi freedom yang bertanggung jawab ya..

Sesampai di daerah Damrak yang terkenal, kalian bakal lihat di sisi jalan ada 3 coffee shop yang berlogokan "THE BULLDOG" and there where the story begins..

What to Do

Tentunya kita di sini mau ngebahas soal THE BULLDOG COFFEE SHOP in particular, ya guys.

Kalian tau apa arti Coffee Shop di Belanda? Ada yang tau ada yang engga kayaknya.. Well, apa sih yang ilegal tentang coffee shop? Masa minum kopi ilegal? Aku kasih tau deh kenapa coffee shop di sana masuk kategori Paradise bukannya Kuliner ;) Karena di "coffee shop" di Belanda jualannya bukan cappuccino, bukan latte, apalagi kopi tubruk.. Tapi jualannya GANJA! Segala jenis ganja yang ada yang namanya Sativa, Indica, brownies ganja, minuman ganja woooooow!! Bikin speechless dan bengong!

Aku malah bilang sama temen Indo-ku yang uda bolak balik Amsterdam kalo aku di sana mau nyobain kopinya berhubung aku pecinta kopi tapi doi ketawa.. Yang jual kopi itu disebutnya "Cafe"; nah di "coffee shop" itu sama sekali nggak ada menu kopi temen-temen..

Yang pengen tau 'what to do' di The Bulldog depends on interest kalian.. Intinya yang main ke sini pastilah explorer kelas yahud yang rasa pengen taunya tinggi. Setinggi cuma pengen lihat-lihat orang giting atau sampai pengen ngelinting aku ngga bakal comment, kalian sendiri yang nentuin. Tapi it's always exciting buat lihat-lihat dan experience pengalaman baru dalam hidup, biar hidup ini penuh warna :) 

Yang aku perhatiin di sini atmosfir coffee shop The Bulldog ini beda banget sama tempat sejenis lainnya. Interior disetting seunik dan semenarik mungkin, beda banget sama yang lain, dengan nuansanya yang rada gelap, neon, stiker, dan pernak-pernik yang keren, unik, dan menarik, musik yang asik bikin suasananya super "chill". Dari ke 3 The Bulldog di Damrak masing-masing punya tema yang berbeda. Ada yang khusus buat beli cookies sama brownies, yang satu lagi buat minum-minum, dan yang satu lagi buat beli ganja.

Banyak yang masuk cuma buat lihat-lihat, bahkan sama mama papa dan anak kecil, tapi yang jelas kalo kalian pengen nyobain pengalaman sekali seumur hidup ngelinting ganja di Belanda ya nggak usah datang sama keluarga biar nggak diomelin ha ha ha. Plus, kalo kalian mau ambil foto dan video kayak aku, mesti siapin nyali buat ditegur karena dilarang sama sekali ambil foto dan video. Bukan karena ilegal ya tapi bagi mereka nggak etis aja foto mereka kesebar di internet while di negara mereka ganja masih ilegal.

Walaupun jago nyebunyiin kamera, aku kena tegur beberapa kali.. Tapi tetep aja sayang kalo nggak bisa berbagi pengalaman sama orang-orang di rumah.. Travellers kan story tellers.. Ohh maafkan saya para pengunjung The Bulldog.. 

Tips and Trick

Tips and tricks buat ke sini siapin nyali kali ya.. Apalagi buat yang nggak pernah berkunjung ke Amsterdam sebelumnya karena biarpun legal, tetep aja bakal deg degan lihat orang ngisap ganja di seluruh penjuru ruangan..

Bakal lebih deg degan lagi kalo kitanya yang nyobain.. Di seluruh Amsterdam ganja itu legal, teman-teman (IMPORTANT: Amsterdam aja ya, kota lainnya di Belanda enggak), jadi sepulang dari Bulldog boleh jalan sambil ngisap ganja di sepanjang jalan.. Bikin jantung copot aja kalo ada yang nyapa.. Ngerasa kalo harus nyembunyiin tapi eh ternyata mereka mau minta cicip ha ha ha jadi punya temen baru deh..

Tips yang lain lagi adalah buat nyediain duit yang cukup antara €12-€25 buat beli dan yang kebanyakan dari kita nggak sering nyimeng seperti aku ini, patungan lah buat ngabisin paketnya alias siapin temen buat berbagi.. Atau make friends lah buat berbagi karena dapatnya lumayan banyak.. Kasian aja kalo dibuang kan harganya lumayan.. Tips dari temenku, belinya yang sudah dilinting aja biar nggak ribet ngelinting sendiri dan rusak. Inget guys.. Apapun yang kalian beli di sana HARUS HABIS sebelum kalian keluar dari Amsterdam! Nggak ada yang boleh dibungkus bawa pulang. Ntar kalian malah nggak bisa pulang karena berakhir di bui huwaaaa....

Di bagian akhir postku di IG ini ada videonya.. Feel free to check this out:

https://www.instagram.com/p/BiLhhbtDEBh/

Yang baru pertama kali nyimeng mesti selow ya nyobainnya biar ngga panik sama efeknya.. Ada juga yang nggak ngerasain apa-apa sih.. Aku aja nyoba lolipop dan brownies-nya sama sekali nggak berasa apa-apa. Satu lagi, nggak perlu khawatir karena ganja itu sama sekali nggak bikin ketagihan.. Kalo belum pernah nyoba nggak boleh ngejudge atau comment ya.

Tips terakhir, be nice to the people di sana karena mereka juga baik dan ramah banget sama kita. Kalian tau kan orang yang lagi "high" itu jadi super baik dan ramah. Jadi tetep respect dan jangan melototin mereka kayak ngeliat alien atau ondel-ondel buat yang baru kali ini ngalamin pengalaman ini, oke? Aku tau ini pasti baru banget buat kalian, aku tau rasanya karena untuk aku juga baru banget. Tapi hal baru dalam hidup lah yang bikin hidup ini lebih hidup dan worth living kan ^_^ bukan yang monoton terus. Monoton itu cuma bikin galau. Di sini aku belajar banget buat open minded dan nggak sembarangan menilai orang karena satu paham kalau diliat dari sisi yang berbeda bisa keliatan berbeda. There are always two sides of the coin. Have fun di I Amsterdam, guys!!! :D

Where to Stay

Di sekitar Amsterdam Centraal atau Dam Square.

Gallery (0)

Comments (0)