2,176 views | 2 Likes

Refreshing ke Air Terjun Kakek Bodo

3 star (from 3 people)
Batu, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 11 November 2016, 14:24:34
sendi
Tourist

Sering berlibur ke Tretes? Pasti sering melihat tulisan Kakek Bodo..
Apaan sih Kakek Bodo itu? Masa ada kakek tidak pintar di kenalkan ke masyarakat??
Hmm, saya penasaran sekali..

Akhirnya hari minggu lalu, saya dan teman-teman menyempatkan diri unt

How to Get There

Kami berangkat dari Malang menuju ke Pandaan, kemudian ambil arah ke Tretes (jaraknya sekitar 70 km dari Malang).

Memasuki kawasan Tretes, jalannya mulai menanjak, Kakek Bodo ini ada di sebelah kanan jalan.

Ikuti jalan naik yang ada hingga menemukan gapura selamat datang (seperti gambar di bawah).

 

 

Begitu sampai, kami segera memarkirkan kendaraan karena menuju lokasi hanya diperkenankan jalan kaki..

What to Do

Dari papan petunjuk di dekat loket masuk dituliskan bahwa selain ada air terjun juga ada petilasan Kakek Bodo (untuk ziarah), Musholla, Play Ground, Perkemahan, Area Outbond, Toilet serta kolam renang.

Kami tercengang kagum, tak menyangka kalau ada macam-macam fasilitas di tempat ini.. Daripada tambah penasaran, kami pun bergegas menyusuri tempat ini.

 

 

Begitu melewati pintu masuk, kami harus berjalan turun..

Karena di papan petunjuk tertulis 500 meter, kami sangat antusias untuk sesegera mungkin ke lokasi air terjun Kakek Bodo ini.

Ternyata jalannya sudah ditata rapi lhoo, ada undak-undakan tangganya, jadi ngga perlu khawatir terpleset tanah yang licin .

Selagi berjalan santai, kami melihat dan mencoba fasilitas yang ada di dalamnya.

 

     

 

Penataan, kebersihan serta suasana yang ada di tempat ini perlu diacungi dua jempol. Layak dijadikan destinasi liburan nich... Semua kepenatan yang ada langsung terobati karena keindahan alam ini J. Pantas saja tempat ini banyak dikunjungi rombongan keluarga.

 

 

Makin penasaran akan apalagi yang dapat kami lihat dan kami nikmati di tempat ini, kami berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Sembari berjalan, kami mendengar bahwa rombongan yang ada di belakang kami hendak ber-ziarah ke makam Kakek Bodo. Karena kami belum pernah berziarah ke makam serta tidak mengetahui tata cara yang ada, kami takut terjadi sesuatu. Andre langsung berinisiatif untuk meminta ijin kepada rombongan tersebut agar kami diijinkan bergabung dengan mereka. Kami pun disambut baik oleh rombongan Pak Agus ini. Pak Agus bercerita bahwa beliau sering melihat tokoh-tokoh masyarakat datang berziarah ke makam Kakek Bodo ini. Waktu berziarah pun tidak sembarangan, ada waktu khusus (hari dan jam). Untung kami datang pada waktu yang tepat yaa J.

 

Makam Kakek Bodo ini lokasinya berjarak sekitar 100 meter di sebelah timur jalan setapak sebelum ke arah puncak air terjun atau sekitar 600 meter dari pintu masuk utama.

 

     

 

Pada dinding makam ini tertulis legenda mengenai nama “Kakek Bodo” ini.

 

Setelah mengetahui asal muasal nama tempat ini, kami segera melanjutkan perjalanan kami menuju air terjunnya. Akhirnya kami mendekati lokasi air terjun Kakek Bodo ini. Jalanannya tertata rapi juga.. Cocok untuk ber-selfie ria.

 

    

 

Dari kejauhan kami melihat sosok air terjun Kakek Bodo ini, sungguh menakjubkan... Namun karena waktu kami terbatas, terpaksa saya tidak melanjutkan perjalanan hingga lokasi air terjun Kakek Bodo ini. Meski begitu, kami sungguh puas akan tempat wisata ini dan berniat kembali lagi bersama keluarga.

 

Untung saja saya penasaran dan menyempatkan diri ke sini, kalau tidak, saya tidak tau bahwa ada tempat berlibur yang senyaman ini.

Tips and Trick

  • Bila ingin leluasa menikmati air terjun Kakek Bodo ini, usahakan datang di hari biasa (bukan hari libur) karena pada hari libur, pengunjungnya banyak
  • Sebaiknya berkunjung pada musim kemarau karena fasilitasnya kebanyakan outdoor
  • Bawa barang seperlunya agar tidak berat
  • Bawa baju ganti dan handuk (terutama bila ingin main di sekitar air terjun)
  • Apabila berniat untuk ziarah, gunakan pakaian yang sopan
  •  

Gallery (0)

Comments (2)