Menikmati Sensasi Pemandian Parbubu

pemandian parbubu

olive | Sightseeing
Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia | City Trip
10 Nov 2016


Menikmati Sensasi Pemandian Parbubu
Suka ke pemandian? Pernah merasakan sensasi mandi dengan air soda? Kalau belum, wajib mengunjungi pemandian air soda Parbubu yang terletak di kaki bukit daerah Tarutung.

How to Get There

Dari kota Medan menuju Pemandian Air Soda Parbubu (Tarutung) ditempuh sekitar 7 jam melalui jalur darat dengan rute: Medan-Tanjungmorawa-Lubuk Pakam-Tebing Tinggi- Serbelawan-Pematang Siantar-Seribudolok- Parapat- Balige-Siborongborong-Sisingamangaraja.

 

 

Hingga akhirnya kita tiba di lokasi Air Soda Parbubu ini.

What to Do

Warna airnya nyaris berwarna merah sehingga nama Pemandian Air Soda Parbubu. Dalam bahasa batak toba disebut Aek Rara Tarutung, dimana aek berarti air sedangkan rara berarti merah.

 

    

 

Air soda yang ada di pemandian ini bukan seperti air soda yang sering kita minum lho.. Jadi sebaiknya jangan diminum lho ya..

 

Jika mandi di sini, tubuh kita akan berbusa namun airnya tidak lengket di badan. Uniknya lagi, air soda ini malah membuat kulit kita terasa halus dan badan terasa ringan. Gelembung air soda ini dapat menghangatkan tubuh lho.. Banyak yang bilang bahwa air soda ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit (bila mandi air soda secara teratur).

 

     

 

Untuk menikmati pemandian ini, kita tidak dikenakan biaya masuk, hanya perlu bayar parkir seharga sepuluh ribu rupiah saja.

 

Selain sensasi mandi dengan air soda, pemandangan di tempat ini pun juga sangat indah. Sambil berendam kita dapat menikmati pemandangan sawah serta gunung.

 

Tak heran bila banyak pengunjung yang datang ke sini. Bukan hanya pengunjung domestik saja, turis mancanegara juga banyak yang datang kemari.

 

Di sini ada penyewaan ban renang serta warung makan sederhana juga lho.

Tips and Trick
  • Disarankan mengisi perut dengan makanan yang mengandung protein tinggi sebelum berendam.
  • Usahakan agar percikan air soda ini tidak mengenai mata agar tidak perih. Bila tidak sengaja terkena, segera bersihkan mata dengan air mineral.
  • Disarankan untuk datang di pagi atau siang hari bila ingin berendam di kolam pemandian ini, karena jika sore hari airnya terlihat keruh karena kadang beberapa pengunjung yang mandi di sini menggunakan sabun mandi dan shampoo. Namun tenang saja, air soda ini silih berganti kok. Dari bawah mata airnya terus mengeluarkan air soda sedangkan air di tepi kolam pemandian itu akan terbuang dan mengaliri sawah.
  •  

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY