5 star (from 1 people)
234 views | 1 Likes
Menikmati Senja di Gunung Kelud
Kediri, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Bingung weekend mau kemana? Guung Kelud bisa jadi referensi liburan kalian nih!

Posted on 30 April 2018, 10:29:51
Effida
Tourist
How to Get There

Karena gabut dan haus liburan, weekend kemaren aku dan temen-temen memutuskan buat liburan ke Gunung Kelud. Udah pada tau kan dimana lokasi Gunung Kelud? Yap, ada di perbatasan Kediri Blitar, kalo gak salah sih hehe. 

Kami berangkat dari Jombang menggunakan kendaraan pribadi. Dari arah Jombang, kalian hanya perlu menuju ke arah Kediri, bisa lewat jalan raya Braan Kertosono maupun lewat jalanan yang lumayan kecil(jalan pintas) melewati daerah Gudo -> Kunjang -> Bangsongan -> Pagu, dan seterusnya. 

Kami memilih melalui jalan yang lebih cepat dari Jombang yakni jalan pintas. Kami berangkat pukul 1.30 siang dan tiba di tujuan pada pukul 3.30 sore. Lumayan juga perjalanannya, untung salahsatu dari kami udah ada yang pernah ke Gunung Kelud dan hafal banget sama jalanan, jadi nggak usah repot2 nyari jalan lagi deh hehe.

Di sepanjang perjalanan, kalian bakal lebih banyak menemukan daerah persawahan yang masih asri banget, bisa dibilang sejuk udaranya. Uhuy! 

From Youtube NET. BIRO JATIM

What to Do

Setibanya di kawasan atau di lereng Gunung Kelud, pengunjung udah bisa merasakan sejuknya udara Gunung Kelud ini. Srep-srep dinginnya wkwk. Jalanan yang kami lalui menuju ke Gunung Kelud ini cukup lancar, jalanannya rata dan memadai banget, meskipun sesekali ada jalanan yang menanjak atau turunan curam. Meskipun begitu, kalian tetep bisa menikmati perjalanan menuju ke Gunung Kelud ini kok:) Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi wisata, pengunjung bisa menikmati banyaknya perkebunan nanas di kanan kiri jalan. So cool!

Wehee, setibanya disini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan gunung yang indah, kalo kata mas-mas fotografernya sih yang paling indah disini ya gunung yang ada di belakang kami itu, namanya Gunung Sumbing. 

Untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan roda 4, sayang sekali kalian harus memarkir kendaraan yang jauh banget dari tempat ini. Jadi mobil hanya boleh naik hingga batas yang ditentukan. Yah,, jalan kaki dengan trek yang sangat menanjak lumayan juga ya pegel-pegelnya hehe. 

Beda lagi dengan kalian yang datang dengan kendaraan ber roda 2, kalian bisa melanjutkan perjalanan hingga spot foto keren di jembatan ini. Meskipun setelahnya masih ada tanjakan lagi sih, tapi kebanyakan orang udah nyerah dan udah puas sampe di jembatan ini. 

 

Untuk tau lebih jauh tentang Gunung Kelud maupun Gunung Sumbing, kalian bisa memanfaatkan fotografer untuk bertanya karena mereka akan menjelaskan dengan detail kepada kalian, syaratnya harus make jasa mereka dulu buat foto hahaha bercanda. Ada banyak banget team fotografer disini, kalian bisa memanfaatkan momen bersama teman kalian dengan mencetak foto 10.000,- per lembar dan tambah 5000,- untuk mendapatkan file foto sepuasnya.

 

Ini nih yang sangat menarik, sebelum masuk ke Gunung Kelud, pengunjung akan menemui loket dan udah ada tarif sendiri-sendiri untuk kendaraan sepeda motor, mobil, maupun yang lain. Tetapi pas kami mau masuk dan salahsatu temen mendekati loket, si embaknya malah bilang gini "Masuk aja mas semuanya, nggak usah bayar". Lahh, GRASTIS DONG wkwk. Okedeh hemat budget lagi hihi. Mungkin tarif yang ada di papan tulisan itu hanya berlaku saat musim liburan saja, eh tapi itu 'mungkin' lho ya, gatau lagi kalo embaknya baik sama kami wkwk. 

Tak lupa kamipun foto bersama untuk mengabadikan momen. Sambil nunggu senja, kami mencoba menaiki kendaraan ATV yang ada disini. Sampe hari menjelang petang akhirnya kamipun memutuskan turun gunung dan pulang.

Boleh nih kalian mampir ke wisata Gunung Kelud kalo lagi ke Kediri. Pulangnya jangan lupa bawa oleh-oleh nanas khas Lereng Gunung Kelud ya!

Tips and Trick
  1. Pastikan kendaraan anda memadai untuk digunakan di jalanan yang menanjak
  2. Bawa jaket atau penghangat lainnya ya
  3. Jangan lupa bawa alat dokumentasi tentunya
  4. Kalo beli oleh-oleh nanas di lereng gunung kelud, jangan lupa nawar karena sebenernya murah banget wkwk
Gallery (9)
Comments (0)