Air Terjun Kedung Kayang, Surga Tersembunyi di Magelang

air terjun kedung

shania | Sightseeing
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia | Waterfall
01 Feb 2019


Air Terjun Kedung Kayang, Surga Tersembunyi di Magelang
air terjun kedung kayang ini menjadi surga tersembunyi di Magelang!

How to Get There

Trip ke Magelang kemaren nggak berhenti disitu saja, kami juga mencoba mengunjungi air terjun yang terkenal di Magelang, Jawa Tengah. Mungkin beberapa dari kalian udah pasti tau ya sama air terjun yang satu ini. Yap! Air Terjun Kedung Kayang!

Air Terjun Kedung Kayang berlokasi di Jalan Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Perjalanan kami dimulai dari pusat kota Magelang dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Untungnya, ada sodara yang asli Magelang dan pernah kesini, jadi nggak perlu bingung lagi deh nyari lokasi dari Air Terjun Kedung Kayang ini.

What to Do

Sengaja berangkat pagi karena waktu itu pas banget sama awal musim hujan. Kami tiba di kawasan Air Terjun Kedung Kayang tepat pukul 10 pagi an gitu. Masih sepi sih waktu itu. Sengaja juga milih hari yang weekday biar nggak berjubel.

Air Terjun Kedung Kayang memiliki aliran air yang cukup deras yang berasal dari gunung Merapi dan Merbabu. Lokasi Air Terjun Kedung Kayang berada di ketinggian 1200 mdpl, nggak heran ya kalau pengunjung udah nyampe di lokasi air terjun, pengunjung akan merasakan sejuk dan dinginnya udara diatas pegunungan. Masyarakat setempat juga menuturkan kalau aliran air di Air Terjun Kedung Kayang ini nggak pernah surut. Meskipun lagi musim kemarau atau musim hujan, alirannya tetap saja deras.

air terjun kedung

Nah karena lokasinya yang berada di pegunungan juga nih, kalian kebayang nggak gimana seger dan dinginnya aliran air di Air Terjun Kedung Kayang? Seger parah. Awalnya sih aku cuma nyobian sentuh air pake tangan. Eh keterusan berendam kaki dan maen air sekalian basah basahan di pinggiran air terjun. Seru juga ternyata!

Ada untungnya juga sih kami dateng pas weekday gini. Selain lokasinya yang masih sepi, kami juga bisa dengan puas menikmati indahnya wisata alam yang satu ini. Inget guys, kalau berwisata apalagi ke tempat yang beresiko seperti ini, kalian wajib berhati hati ya. Apalagi musim hujan gini, tentu jalanan menuju ke Air Terjun Kedung Kayang bakal lebih licin dari biasanya.

air terjun kedung

air terjun kedung

Meskipun Air Terjun Kedung Kayang ini termasuk air terjun yang memiliki tampilan yang mempesona, namun masih banyak mitos yang simpang siur dengan wisata alam yang satu ini. Sejarahnya juga cukup panjang guys. Jadi, dulunya Air Terjun Kedung Kayang ini dalah tempat yang digunakan untuk para Empu bertanding, adu kekuatan. Singkat cerita, dari kejadian tersebutlah muncul mata air Air Terjun Kedung Kayang, yang diyakini bahwa hingga kini Air Terjun Kedung Kayang nggak akan pernah surut.

Nggak hanya itu, ada yang lebih nyeremin lagi menurutu haha. Jadi, aura mistis yang ada di Air Terjun Kedung Kayang ini bakal keluar di malam Jumat Kliwon di Bulan Suro, penduduk sekitar masih meyakinianya sih. Menurut warga, di hari hari tersebut sering terdengar suara gamelan ataupun alunan lagu jawa yang nyaring banget dari lokasi air terjun ini. Selain itu, di hari Kamis Wage juga akan banyak kera berkumpul di atas Kedung Kayang.

air terjun kedung

Ahh, tapi indahnya Air Terjun Kedung Kayang emang nggak perlu diragukan lagi. Jadi nggak perlu takut sama mitos yang beredar guys. Yang jelas jangan merusak ataupun berniat jelek saat berwisata ke tempat ini ya. Yok cobain!

Tips and Trick
  • Jangan lupa bawa alat dokumantasi
  • Jangan mengotori area Air Terjun kedung kayang ya!
  • Youtube -> Eksapedia

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY