tedy | Sightseeing
Bantul, Yogyakarta, Indonesia | City Trip
29 Jan 2019


JSPB Songgo Langit: Menikmati Semilir Angin Sawah dengan View Mempesona
JSPB ini memiliki pemandangan yang mempesona dan angin yang ada di JSPB ini membuat pikiran rileks...,

How to Get There

Youtube -> Dave Fitra Tama

Hi guys! Musim liburan udah abis, tapi aku masih punya cerita beberapa bulan lalu yang belum aku review nih. Jadi, hari terakhir liburanku di Yogyakarta, aku sempet mengunjungi salahsatu wisata yang kekinian waktu itu. Hanya area persawahan sih, tapi indahnya itulo. Udah tau belum wisata apa yang aku maksud hehe.

Jadi, aku sempet diajakin sama doi buat jalan ke salahsatu wisata yang cukup baru di Yogyakarta. Tepatnya adalah di daerah Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang cukup jauh mengharuskan kami untuk melakukan perjalanan selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Nama tempatnya adalah Sawah Bowongan. Banyak juga yang bilang Sawah Songgo Langit, atau kalian bingung cari jalan kalian bisa ketikkan di google maps ‘JSPB Songgo Langit’ dan ikuti rute untuk menuju ke tempat yang satu ini.

What to Do

Kami sampe di kawasan JSPB Songgo Langit ini pas siang hari, untungnya matahari lagi ngga terik banget jadi masih bisa menikmati wisata kali ini. Berhubung wisata JSPB Songgo Langit ini outdoor banget, jadi saya sarankan banget buat kalian dateng di pagi atau di sore hari.

Ohiya, arti dari JSPB Songgo Langit adalah Jelajah Sawah Pertanian Bowongan Songgo Langit, jadi kalian nggak perlu bingung mengartikan lagi ya apa sih arti dari JSPB ini. Kalian udah pasti tau kana pa yang menarik dari wisata yang satu ini? Yap, jembatan bamboo yang membentang sepanjang 357 meter dibuat mengitari hijaunya sawah JSPB Songgo Langit.

Di kawasan JSPB Songgo Langit, pengunjung juga bisa memanfaatkan penyewaan barang yang bisa dipake selama mengitari JSPB Songgo Langit ini. Barang yang disewakan antara lain ada topi caping dan payung lebar. Ongkos sewanya juga nggak mahal, hanya dibandrol dengan harga Rp 2000,- aja sekali sewa.

JSPB di Bantul

JSPB di Bantul

Sepanjang jalan di jembatan bambu yang membentang diatas hijaunya sawah ini, pengunjung pun menyempatkan diri untuk berfoto maupun berselfir dangan view jembatan bambu dan hijaunya sawah. Kalau sawah lagi hijau-hijaunya, pemandangan yang dilihat dan foto yang diambil akan lebih baguuus banget.

Tak hanya itu, di ujung jembatan, pengunjung juga akan menemukan panggung dua lantai, yang terbuat dari bambu juga tentunya. Banyak yang memanfaatkan tempat ini sebagai gardu pandang. Namun, nggak jarang juga digunakan untuk pengambilan foto. Surganya para fotografer nih. Viewnya yang keren dan udara sawah yang semilir enak banget, cocok buat kalian yang lagi galau bisa ilang galaunya hahaha.

JSPB di Bantul

JSPB di Bantul

Selain menyimpan keindahan, kalau berwisata kesini kalian juga nggak perlu mengeluarkan banyak biaya. Untuk parkir kendaraan roda dua, hanya dikenalan biaya Rp 2000,- sedangkan untuk roda empat Rp 5000,-. Tiket masuknyapun cukup murah menurutku, hanya Rp 2000,- saja per orang sekali masuk. Karena JSPB Songgo Langit memiliki keindahan dan view yang ‘alam banget’, nggak jarang orang yang memanfaatkan keindahannya untuk sesi foto prewedding. Kalau foto prewedding, dikenakan biaya sendiri nih yakni Rp 100.000,-, cukup terjangkau juga ya.

JSPB di Bantul

Karena lokaisnya yang cukup berada di area yang mengharuskan kalian melewati jalanan yang menanjak dan berkelok, bus besarpun dilarang masuk sampe ke lokasi JSPB Songgo Langit, karena cukup bahaya. Oleh karena itu, pengelolapun menyediakan bus shuttle dengan tarif Rp 150.000,- per mobil (max 8 orang per mobil). Jadi kalau kalian dateng bareng rombongan dengan menggunakan bus, jangan lupa siapkan budget lebih ya. Selamat mencoba kalau ke Yogyakarta!

Tips and Trick

Jangan lupa bawa camera hehe. Terus pastikan kendaraan kalian memadai untuk menuju ke lokasi mengingat jalannya yang cukup berkelok dan menanjak. 

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY