0 star (from 0 people)
168 views | 0 Likes
De Javasce Bank
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places


Posted on 16 April 2018, 15:34:46
pritagizela
Sightseeing
Location on Google Maps
De Javasche Bank
Jl. Garuda (Rajawali) No.1, Krembangan Sel., Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur 60175, Indonesia
How to Get There

Karena lagi liburan dan pengen jalan-jalan keliling Surabaya. Alhasil kami memutuskan buat memanfaatkan fasilitas kota yang ada. Yap, kali ini kami jalan-jalan dengan menggunakan Surabaya Heritage Track

Kalo yang belum tau Surabaya Heritage Track ini, kalian bisa menaikinya tiap hari kok, kecuali hari Senin ya. Nah untuk ketemu sama bus merah yang kece ini kalian bisa dateng ke House Of Sampoerna. Fyi, Surabaya Heritage Track ini hanya beroprasi di jam-jam tertentu mulai dari jam 10 pagi, jam 12 siang, dan jam 3 sore. Kalian bisa pilih tuh mau naik yang jam berapa hehe. 

Karena kebetulan saat itu kami dateng kurang dari jam 10, akhirnya kamipun memutuskan buat keliling di House Of Samporna dulu untuk kemudian jalan-jalan menggunakan bus ini di jam 10 tepat. 

What to Do

Di sepanjang perjalanan, tentunya kalian akan dipandu dengan seorang guide yang siap menjelaskan apapun yang ada di sepanjang perjalanan, serta menjelaskan sejarah dan keterangan tempat-tempat bersejarah di Surabaya khususnya. Oh iya, rute bis yang kami naiki kai ini adalah menuju ke Museum BI, Balai Kota, dan Balai Pemuda Surabaya. Lumayan banyak ya rutenya, dan yang paling menarik disini adalah, gratis tis tis..

Di Museum BI atau yang disebut dengan De Javasce Bank ini, pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai hal yang berhubungn dengan uang ya tentuya hehe. Mulai dari uang zaman dulu, hingga alat pencetak uangnya pun masih ada. Keren kan ya hehe.

Kalian bisa mengitari luasnya museum ini nih guys. Oh iya, kalo ada yang ga paham atau kalian pengen tanyain, kalian ga perlu khawatir karena bakalan ada guide yang dengan detail jelsain ke kalian. Asik ga sih bisa cuci mata dan refreshing sekaligus berwisata sejarah dengan menggunakan Surabaya Heritage Track ini.

Selain adanya mesin pencetak uang dan banyakna koleksi uang jaman dulu, ada juga desain teller jaman dulu lho. Menurut penjelasan yang saya dapet, jadi jaman dulu itu kalo mau ke teller, nasabah harus masuk ke ruangan yang kayak sangkar atau penjara ini, kemudian pintunya ditutup. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko pencurian maupun kejahatan lainnya. Kreatif ya!

Bisa banget nih jadi rekomendasi jalan-jalan kalian saat weekend! Selanjutya kamipun melanjutkan perjalanan menuju ke Balai Kota dan Balai Pemuda. Yuk naik dan ramaikan Surabaya Heritage Track ini!

Tips and Trick
  1. Turut jaga fasilitas kota seperti Surabaya Heritage Track ini ya!

Youtube : Jelajah Nesia

Gallery (12)
Comments (0)