tio
tio | Sightseeing
Bangli, Bali, Indonesia | Waterfall
2.24 K4

Air Terjun Tibumana, Surga Tersembunyi di Bangli Bali!

air terjun tibumana bali

tempat ini pantas disebut sebagai surga tersembunyi di Bali guys!
What to Do

Dengan bekal google maps dan plang penunjuk jalan, sampailah kami di kawasan Air Terjun Tibumana. Suasananya yang masih sejuk dan sangat asri menjadikan pengunjung sangat menikmati. Beberapa warga lokal juga terlihat di pintu masuk Air Terjun Tibumana ini, dengan senyum ramah yang lagi-lagi bikin kami seneng. Harga tiket hanya dibandrol Rp 5000,- saja, pengunjung sudah bisa menikmati suasana alam sekaligus air terjun disini.

 Seperti air terjun pada umumnya, pengunjungpun tetap harus menuruni puluhan anak tangga sebelum menikmati indahnya air terjun. Jalanan yang terjal dan licin menjadikan pengelola untuk membuat anak tangga di kawasan Air Terjun Tibumana. Meskipun sudah ada anak tangganya, pengunjung tetep harus waspada soal keselamatan ya.

air terjun tibumana bali

air terjun tibumana bali

Perjalanan menuruni anak tangga tentu dengan perasaan was was karena trek yang cukup curam dan licin, terlebih musim hujan kayak gini. Tapi, semua akan terbayar saat kalian tiba di Air Terjun Tibumana. Setelah trekking dan nyampe di kawasan air terjun, pengunjung akan disuguhkan dengan 2 air terjun yang bersebelahan.

Tinggi kedua air terjun tersebut sama, 20 meter tingginya. Aliran airnya cukup deras, mungkin karena musim hujan juga kali ya. Ramainya pengunjung terlihat sedang berfoto, selfie, hingga merekam video indahnya Air Terjun Tibumana.

Pengunjung yang dateng kesini cukup beragam. Mulai dari orang dewasa, remaja, hingga anak anak. Nggak hanya itu, bule atau turispun banyak yang berdatangan ke Air Terjun Tibumana, saking penasarannya kali ya wkwk.

air terjun tibumana bali

Ohiya, dulunya Air Terjun Tibumana hanya bisa dilihat dari atas lho. Maksudnya kalian yang pengen berwisata hanya bisa melihat aliran air yang ada di atas air terjun ini, nggak bisa kebawah karena aksesnya yang cukup sulit. Lama kelamaan, warga sadar bahwa Air Terjun Tibumana memiliki potensi wisata yang besar, akhirnya dibuatlah akses jalan seadanya menuju ke Air Terjun Tibumana ini. Jadi bisa menikmati indahnya Air Terjun Tibumana dari bawah deh…

Yang sangat disayangkan dari tempat wisata alam seindah ini adalah banyaknya sampah. Bagaimana tidak, dari perjalanan di jalan setapakpun udah miris ngeliatnya. Oh iya, karena buang sampah pada tempatnya adalah kesaran diri, semoga kalian sadar ya untuk tidak buang sampah sembarangan. Sayang sekali temen temen kalau Air Terjun Tibumana yang indah dan digemari banyak orang jadi full sampah=(

air terjun tibumana bali

air terjun tibumana bali

Tebing berselimut lumut juga terlihat sangat cantik disini. Pengunjungpun rela mengantri foto untuk dapet backgound yang bagus. Eits, meskipun kalian lagi seneng berfoto atau menikmati indahnya alam, jangan lupa untuk selalu berhati-hati. Alirannya yang deras juga mewajibkan kita untuk waspada. Kalau ke Bali, coba deh main main ke Air Terjun Tibumana!

How to Get There

Kalau ke Bali, tentu kalian boring kan kalau main ke tempat wisata yang itu itu aja? Selain Tanah Lot, Nusa Dua, dan Pantai Kuta, Bali juga punya wisata air terjun yang tak kalah indah. Seperti air terjun yang saya kunjungi di Bali beberapa waktu lalu.

Namanya adalah Air Terjun Tibumana, pernah denger? Mungkin bagi kalian yang asli Bali cukup nggak asing dengan nama air terjun yang satu ini. Tapi, buat yang rumahnya cukup jauh kayak aku tentu mungkin baru denger ya nama Air Terjun Tibumana?

Air Terjun Tibumana berlokasi di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Bangli, Bali. Lokasinya bisa dicari dengan menggunakan google maps ya. Jangan khawator, kami juga menggunakan google maps kok untuk tiba di Air Terjun Tibumana ini.

Youtube : Trans TV Official.

Tips and Trick air terjun tibumana bali

  • Pakai alas kaki yang nggak licin ya
  • Jangan lupa bawa alat dokumentasi
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data