Surga Bawah Laut di Gili Air

laut gili air

rudibelawan | Sightseeing
Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia | Snorkling
04 Nov 2016


Surga Bawah Laut di Gili Air
Yang suka menyelam atau snorkling, menginginkan privasi, ketenangan dalam liburan Anda, tak ada ruginya bila mengunjungi Gili Air.

How to Get There

Gili Air ini terletak di sebelah barat Pulau Lombok, tepatnya di Desa Gili indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Karena Gili Air merupakan pulau tersendiri, untuk menuju ke sini, kami berangkat dari kota Mataram menuju pelabuhan Bangsal (sekitar 1 jam) terlebih dulu.

Dari pelabuhan Bangsal ini, kami harus menyebrangi laut menggunakan kapal motor/boat (sekitar 25 menit) untuk dapat menuju ke Gili Air.

 

 

What to Do

Sesampainya di Gili Air, kami segera ganti pakaian dan segera menjelajahi keindahan pemandangan bawah lautnya. Pemandangan bawah lautnya memang mempesona, sayang kami tidak dapat mengabadikannya. Kami dapat menikmati keindahan terumbu karang, kuda laut serta ikan dengan warna-warna yang menarik. Indaaah buangeeeet..

Puas menyelam, kami pun beristirahat sejenak.. Karena kami ingin menikmati keindahan alam dengan cara kami sendiri-sendiri, kami memutuskan berpisah dan bertemu kembali pukul 14.00 WITA.

Gio yang sudah kecapekan memilih tidur sambil berjemur di pinggir pantai. Saya dan Lea mengelilingi Gili Air ini dengan berjalan kaki di sepanjang pesisir pulau (dalam 90 menit kami sudah mengelilingi pulau ini). Sedangkan Albert memilih menyewa sepeda agar dapat menemani kami berkeliling.

Hamparan pasir putih yang memukau di sepanjang garis pantai, lokasi yang bersih, biru dan jernihnya air di pantai ini membuat semakin betah untuk berlama-lama di sini.  

Airnya bening bangeet.. Kami malah tergiur untuk main air dan main pasir di pinggir pantai.. Ooopss..

Untung tidak ada anak kecil yang melihat kami.. Hehehe..

Selain itu terlihat juga banyak pengunjung yang berselancar, naik Cidomo serta jogging di sepanjang tepian pantai ini lhoo..

Di Gili Air ini juga terdapat hotel, restaurant dan bar juga loh.

Tidak terasa waktu cepat sekali berlalunya. Kami pun harus bergegas untuk kembali agar tidak ketinggalan perahu.

Ternyata Gili Air ini lebih banyak dikunjungi turis mancanegara untuk berselancar di bulan Juli hingga Agustus lho.

Tips and Trick
  • Gunakan sun block.
  • Bawa perlengkapan snorkling dan diving sendiri.
  • Bawa persediaan makanan dan minuman.
  • Bila pergi berkelompok serta ingin mempersingkat waktu perjalanan, lebih baik carter kapal motor atau speed boat.
  • Pilih jadwal keberangkatan di pagi hari (bukan sore hari) karena air laut di pagi hari cukup tenang.
  • Bulan Juli & Agustus gelombang lautnya cukup tinggi, kadang kapal tidak berangkat bila kondisi tidak memungkinkan.
  • Amankan benda elektronik yang di bawa pada wadah plastik.
  • Apabila Anda berada/ingin ke Senggigi, dapat menggunakan fast boat dari wahana Gili Ocean. Dari Senggigi ke Gili Air perjalanannya sekitar 30 menit. Namun sebaiknya bertanya dulu mengenai jadwal keberangkatannya (hanya jam tertentu)
    Ada juga public boat dengan jadwal penyebrangan dari Bangsal ke Gili Air pada pk 08.00 – 11.00 WITA dengan tarif Rp. 12.000 per orang
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.