biosel | Sightseeing
Gianyar, Bali, Indonesia | Historical Places
07 Jan 2019


Goa Gajah Ubud: Wisata Sejarah yang Menarik Untuk Diulik
Goa Gajah Ubud ini menjadi wisata di Bali yang memiliki sejarah!

How to Get There

Hai guys, udah lumayan lama nih ngga liburan! Meskipun tinggal di Bali, aku ngga selalu bisa liburan, apalagi kalo pas banyak kerjaan. Dan akhir tahun kemaren, aku sempet dapet libur jadi aku pake buat berkeliling Bali. Setelah beberapa waktu yang lalu aku udah eksplore beberapa tempat di Kabupaten Karangasem, seperti Tirta Gangga. Nah, kali ini aku mau eksplore kawasan Ubud.

Kalo ngomongin soal wisata di Ubud memang ngga pernah ada habisnya ya guys. Selain ada Monkey Forest, ternyata Ubud juga punya Goa Gajah yang bikin aku penasaran banget. Goa Gajah ini berada di sebelah barat Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Akses untuk menuju ke Goa Gajah ini cukup mudah guys, kalian bisa pake motor atau mobil. Dari pusat kota Denpasar, butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan untuk menuju ke Goa Gajah ini.

goa gajah ubud





What to Do

Sedikit mengulik tentang sejarah dari Goa Gajah ini guys. Awalnya aku berpikir kalo goa ini bakal ada gajahnya atau berbentuk gajah ataupun dulunya jadi tempat tinggal gajah. Konon, goa ini dibangun pada abad ke 11 Masehi pada pemerintahan Raja Sri Bedahulu. Nama goa ini ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 M dan pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk, goa ini digunakan sebagai tempat pertapaan San Bidadyaksa.

goa gajah ubud

Pada tahun 1954 hingga tahun 1979 dilakukan sebuah penelitian hingga akhirnya menemukan adanya air suci kuno yang berasal dari 6 patung perempuan. Air dari pancuran ini diyakini dapat membersihkan aura buruk kepada para pengunjung. 

goa gajah ubud

Nama Goe Gajah sendiri berasal dari kata “Lwa Gajah” dimana kata “Lwa” ditemukan di kitab Negarakertagama yang cukup terkenal di Indonesia. Di dalam kitab tersebut, kata Lwa memiliki arti sebuah sungai. Sedangkan Gajah merunut kepada pertapaan bukan kepada hewan. Jadi, Lwa Gajah memiliki arti sebuah pertapaan yang letaknya di tepi sungai. Nah, jadi kalo kalian mau kesininya cari gajah, ngga bakal ada ya guys.

Saat pertama kali masuk ke area ini, di pintu masuk ada dua buah patung yang ada di kiri kanan goa ini. Kedua patung ini diibaratkan sebagai penjaga dari goa tersebut. Di mulut goa, ada relief patung kepala raksasa yang disebut dengan ‘Bomha’ oleh masyarakat Hindu Bali. Relief ini adalah relief wajib yang harus ada di setiap pintu masuk candi yang ada di depan pura. Fungsinya adalah untuk menyucikan dan menjernihkan pikiran masyarakat sekitar yang ingin beribadah atau masuk ke dalam ruang sakral di pertapaan ini.

wisata di bali

Suasana di area goa ini sangat hening dan tenang. Ternyata di goa ini ada lampu-lampu yang redup menerangi goa ini. Disekitar sisi goa terdapat Ceruk yang biasa digunakan untuk duduk para Resi atau Budha yang sedang melakukan semedi, sekarang Ceruk ini boleh digunakan wisatawan untuk duduk dan mengabadikan momen.

Tak hanya di dalam goanya aja guys, kawasan sekitar goa ini pun menyajikan wisata sejarah yang sangat kental. Di sebelah utara, ada warisan Hindu - Shivaism dan beberapa artefak yang bisa kalian temukan diisni, salah satunya adalah Arca Ganesha. Ganesha memiliki peran sebagai penolak bala atau bahaya yang disebut sebagai Ganapati. 

wisata di bali

Pada patung Ganesha ini terdapat bedan Paracu yang berbentuk kapak. Benda ini menjadi simbol untuk menghancurkan bahaya dan juga kebodohan yang ada di dalam pikiran umat manusia. Sementara benda mangkok yang ada belalai di dalamnya memiliki simbol sebagai pengetahuan yang di dapatkan dari pendidikan dan juga ilmu pengetahuan di kalangan masyarakat.

Selain Ganesha, disini juga ada Patung Tri Lingga yang mencerminkan konsep Hindu Tri Murti yang terdiri dari Brahma, Siwa dan Wishnu. Patung Lingga yang besar dikelilingi oleh 8 lingga kecil dan berada di satu tempat.

wisata di bali

Nah, menarik sekali kan? Selain bisa foto-foto, kalian juga bisa belajar sejarah disini guys. So, kalo main ke Bali, jangan lupa untuk mampir ke Goa Gajah ya guys!

Video by LimeWave

Tips and Trick
  • Goa Gajah buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 16.00.
  • Harga tiket masuk Rp 15.000 per orang.
  • Bawa kamera.
  • Gunakan pakaian yang sopan.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  •  

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY