Menjelajahi Lobang Jepang

lobang jepang

sendi | Sightseeing
Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia | Historical Places
03 Nov 2016


Menjelajahi Lobang Jepang
Sejarah merupakan suatu kisah misteri dari masa lalu, tak heran bila peninggalan bersejarah memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu peninggalan bersejarah yang ingin saya kunjungi kali ini bernama Lobang Jepang (ada juga yang menyebutnya dengan Gua

How to Get There

Untuk sampai ke Lobang Jepang ini, dari kota Bukit Tinggi kita harus menuju Pasar Atas terlebih dahulu.

Kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki (sekitar lima menit) menuju ke Taman Panorama lebih dulu karena pintu utama menuju lokasi Lubang Jepang dipusatkan di Taman Panorama ini.

 

Sebenarnya ada tiga pintu masuk utama, namun hanya pintu masuk di Taman Panorama saja yang dibuka sedangkan pintu-pintu lainnya (dekat jurang Ngarai Sianok dan dekat Istana Bung Hatta) ditutup demi alasan keamanan.

 

 

 

What to Do

Sesampainya di pintu masuk Lobang Jepang, saya melihat ada pintu gerbang terbuka yang di dalamnya terdapat banyak anak tangga (yang dilengkapi dengan pegangan stainless steel di bagian tengahnya) menuju ke bawah.

 

    

 

Begitu memasuki Lobang Jepang, saya mulai menyadari saya harus melalui banyak anak tangga. Namanya juga bunker, pasti berada puluhan meter di bawah permukaan tanah (sekitar 40 meter di bawah permukaan tanah). Untung saja saya punya stamina yang bagus..

 

      

 

Sempat merasa takut saat memasuki Lobang Jepang ini, karena bayangan saya penerangan yang ada di dalam Lobang ini sangat minim dan terdapat hal-hal mistis di dalamnya. Ternyata kekhawatiran saya itu teratasi saat melihat adanya lampu neon yang digunakan di dalam bangunan ini,

 

 

Sepanjang perjalanan, tak ada bunyi-bunyian aneh serta cerita seram dari sesama pengunjung. Jadi merasa aman dan lega rasanya. 

 

Sebenarnya Lobang Jepang ini panjangnya sekitar 5.000 meter, namun yang dipugar dan digunakan sebagai tempat wisata hanya sekitar 1.470 meter. Banyak jalan di dalam Lobang Jepang ini yang ditutup demi kepentingan keamanan pengunjung.

 

Pada bagian dalam lubang ini terlihat ada ruangan-ruangan yang sudah diberi papan nama petunjuk sehingga kita tidak bingung apa fungsi dari ruangan itu.

 

   

 

 

Tips and Trick
  • Pastikan kondisi tubuh fit karena harus naik turun banyak tangga pastinya menguras tenaga
  • Bawa perbekalan terutaman minuman
  • Bawa lampu senter untuk jaga-jaga
  • Bila mengajak anak kecil, perlu diawasi agar tidak terjatuh atau terpisah dari keluarga
  • Sebaiknya datang di pagi hari agar tidak kepanasan 
  • Lebih seru bila pergi berkelompok
  •  

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY