nur | Traveler
Garut, Jawa Barat, Indonesia | Theme Park
03 Nov 2016


Menikmati Suasana di Kebun Mawar Garut
Bosan liburan ke tempat wisata, itulah yang saya alami kali ini. Sambil buka media sosial, eh ada yang posting tempat yang bernama Kebun Mawar Situhapa. Waah, ga terlalu jauh nih.. Bergegaslah saya untuk siap-siap ke Kebun Mawar ini.. Yippiee... Oh iy

How to Get There

Kebun Mawar Situhapa ini terletak di daerah Situhapa, jalan Raya Kamojang Km. 5, Kecamatan Semarang, Garut, Jawa Barat.

Letaknya setelah Kampoeng Sampireun.

 

Untuk menuju Kebun Mawar ini dari Bandung saya menuju ke kota Garut terlebih dulu. Setelah sampai di kota Garut, lanjutkan perjalanan hingga kecamatan Samarang. Ikuti papan petunjuk menuju Kampung Sampireun. Dari Kampung Sampireun teruskan perjalanan hingga menemukan papan nama Kebun Mawar di sisi kanan jalan raya.

What to Do

Selama perjalanan dari Garut menuju Kebun Mawar, pemandangan alamnya keren abiss..

Hamparan perkebunan, bukit-bukit yang seakan berjajar rapi serta udaranya yang segar membuat saya bersemangat menikmati liburan kali ini.

 

Setelah sampai di Kebun Mawar, saya langsung membayar tiket masuk seharga Rp. 15.000/orang. Murah ya.. 

 

 

Kebun Mawar ini luas sekali, kalau tidak salah sekitar 5 hektar luasnya, di dalamnya ada berbagai jenis bunga yang ditanam.

Tiap tanaman di Kebun Mawar ini ditanam per zona di mana setiap zona hanya ditumbuhi tanaman jenis tertentu seperti Zona Azalea, Zona Cana, Zona Mawar, dsb.

 

      

 

   

 

Tanaman mayoritas di sini adalah bunga mawar (ada sekitar 500 jenis), jadi tak perlu heran kenapa tempat wisata ini dinamai Kebun Mawar lagi yaa.. Wangi khas bunga mawar ini membuat saya makin betah berlama-lama di sini, sayangnya tidak banyak mawar yang bermekaran saat saya datang kali ini.

 

 

Menurut saya tempat ini cocok untuk bersantai ria menikmati keindahan yang ada, waktu saya berkunjung suasananya masih agak sepi, berasa seperti bersantai di halaman (privat) vila gitu.. Hehehe...

 

Oh iya, di sini ada fasilitas pendukung seperti toko oleh-oleh, restoran, dan penginapan.

Fasilitas penginapan yang ditawarkan berupa vila dan bungalow yang terbuat dari kayu, harganya cukup mahal.

 

    

 

Karena penasaran, saya sengaja mampir ke lokasi penginapan, ternyata di halaman tiap penginapan ini dipenuhi dengan bunga juga lho. Ditambah lagi pemandangan yang menawan dari Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray. Hmm, sayang bila dilewatkan bukan? Cocok banget digunakan sebagai background foto bila cuaca cerah.

 

Agar tidak bosan, cobalah bermain di labirin yang ada di Kebun Mawar ini. Selain seru, hasil fotonya juga bagus lho.. Sayang bila tidak diabadikan... Hehehe...

 

 

 

 

Tips and Trick
  • Dilarang memetik tanaman/bunga 
  • Bawa topi atau payung karena Kebun Mawar ini outdoor
  • Pakai sepatu atau sandal yang nyaman (kalau bisa yang tidak pakai hak, untuk pengunjung perempuan)
  • Dilarang membuang sampah sembarangan
  •  

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY