Taman Indonesia Kaya, Wisata Budaya Seru di Kota Semarang

wisata di semarang

jimmy | Sightseeing
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia | Culture & Art
11 Dec 2018


Taman Indonesia Kaya, Wisata Budaya Seru di Kota Semarang
wisata budaya di Kota Semarang

How to Get There

Weekend jalan-jalan lagi nih guys! Setelah kemarennya aku pergi ke Kampoeng Kopi Banaran, kali ini aku mau jalan-jalan di sekitaran Semarang kota tepatnya ke sebuah taman yang baru aja dibuka pada bulan Oktober lalu, yaitu Taman Indonesia Kaya atau biasa dikenal dengan Taman Menteri Supeno. Kebetulan Minggu lalu aku lagi free dan pengen jalan-jalan di sekitaran kota aja.

Taman Indonesia Kaya berada di Jalan Menteri Supeno dan lokasinya deket banget sama Simpang Lima Semarang, tepatnya di sebelah kantor Gubernur Jawa Tengah. Kalian bisa naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk menuju kesini. Kalo kalian dateng dari luar kota, kalian bisa naik bus kota Semarang aja biar ngga terlalu macet.

wisata di semarang

What to Do

Taman Indonesia Kaya baru saja diresmikan pada tanggal 10 Oktober 2018 dan udah mulai dibuka untuk umum selama 24 jam. Aku udah penasaran banget pengen tahu didalamnya ada apa aja didalamnya. Taman ini berada di lahan seluas 5000 meter persegi dan memiliki panggung seni terbuka dimana merupakan panggung seni terbuka pertama di Jawa Tengah. Taman ini didirikan dengan tujuan untuk menjadi wadah ekspresi bagi seniman dan pekerja seni di sekitaran Jawa Tengah.

wisata di semarang

Panggung budayanya pun ada dua sisi lho guys, sisi yang pertama menghadap ke SMAN 1 Semarang dan biasa digunakan untuk pementasan. Panggung ini mampu menampung kurang lebih 200 orang. Sementara di sisi yang kedua menghadap ke kantor Gubernur dan memiliki kapasitas hingga 800 orang. Panggung budaya ini bisa digunakan secara gratis lho guys.

wisata di semarang

Ngga cuma ada panggung budaya aja guys, Taman Indonesia Kaya juga punya banyak spot foto menarik. Wah, cocok banget nih buat kalian yang suka foto-foto. Disini ada gapura dengan gambar mural berbentuk ikon budaya, sejarah dan ekonomi Indonesia. Terlebih lagi, disini juga ada beberapa lukisan Klenteng Sam Poo Kong, Wihara Buddhagaya Watugong dan Lawang Sewu.

wisata di semarang

Selain itu, disini juga ada Taman Pandawa Lima yang lokasinya ngga jauh dari panggung budaya. Area ini berisi seni instalasi lima tokoh pewayangan yang disebut Pandawa Lima yaitu Dewa Akhirat, Dewa Angin, Dewa Perang dan dewa kembar, Nakula & Sadewa.

wisata budaya

Taman ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang sehingga hawanya jadi sejuk. Area hijau ini biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berinteraksi atau sekedar jalan-jalan menikmati sejuknya taman tanpa harus menginjak rerumputan. Apalagi ada air mancur menari atau dancing fountain warna warni yang membuat taman ini jadi semakin megah dan indah. Air mancur ini bergerak sesuai dengan alunan musik klasik dan lagu-lagu perjuangan Indonesia. Kalo kalian mau nonton pertunjukan air mancur ini, kalian bisa dateng ke taman ini setiap hari mulai jam 7 malam sampe jam 8 malam. Tapi kalo weekend, kalian bisa menikmatinya hingga jam 9 malam. Gratis lho guys!

wisata budaya

Menurut aku, taman ini bisa menjadi alternatif wisata gratis buat masyarakat Semarang dan sekitarnya karena selain bisa untuk jalan-jalan, taman ini juga kental akan budaya Jawa Tengah yang khas dan menarik sekali untuk diulik. Disamping itu, taman ini juga bisa banget buat menggelar atau pertunjukan budaya secara gratis. Kita jadi bisa semakin mengenal kebudayaan kita sendiri ya dengan dateng ke taman ini.

wisata budaya

Jadi, buat kalian yang jalan-jalan ke Semarang, jangan lupa ya buat mampir ke Taman Indonesia Kaya.

Video by NET. BIRO JAWA TENGAH

Tips and Trick
  • Bawa kamera yang bagus untuk mengabadikan momen.
  • Jaga kebersihan taman ini.
  • Jangan rusak taman ini.
  • Ajak kerabat dan keluarga untuk kesini.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY