Liszt1213 | Sightseeing
Maros, Sulawesi Selatan, Indonesia | Cave Exploring
04 Dec 2018


First Time Caving: Blusukan di Goa Batu Bantimurung, Bisa Dapet Jodoh?
Goa Batu Batimurung yang indah dan jika ke goa ini di yakini akan segera mendapatkan jodoh loh, ayuk yang jomblo merapat!!!

How to Get There

Mumpung ada waktu buat jalan-jalan, saya pun memutuskan untuk jalan-jalan ke salah satu destinasi yang udah lama banget pengen saya kunjungi, yaitu Goa Batu Bantimurung. Sebenernya, saya sudah pernah pergi ke Bantimurung sebelumnya, tapi belum pernah caving ke Goa Batunya. So, berangkatlah saya ke Makassar ditemani oleh dua orang teman lainnya. 

Goa Batu Bantimurung masih berada dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung, tepatnya sekitar 800 meter dari air terjun Bantimurung dan dekat dengan Danau Toalaka, danau indah dan tenang tapi sering memakan korban jadinya ditutup bagi pengunjung. Untuk menuju kesini, kebetulan kita bertiga ditemenin sama salah seorang temen yang tinggal di Makassar dan sekalian akan jadi guide kita juga. Wisata Alam Bantimurung berada sekitar 20 kilometer dari Bandara Hasanudin Makassar.

goa batu batimurung
goa batu batimurung



What to Do

Setelah melewati jalan setapak yang lumayan melelahkan tapi pemandangannya sangat memanjakan mata, sampailah kami di mulut Goa Batu yang sangat unik. Karena goa ini sangat gelap gulita, kami pun tak lupa menyewa senter dengan harga Rp 10.000 dan lampu petromak dengan biaya sewa Rp 50.000 untuk menerangi jalan. Btw, kami kemarennya sewa tour guide juga untuk menunjukkan jalan dan bawain lampu petromak ini. 

goa batu batimurung

Karena sebelumnya saya belum pernah caving, lumayan agak ngeri juga guys. Soalnya beneran gelap dan jarang pandang terbatas, meskipun udah bawa senter. Untungnya sirkulasi oksigennya sangat bagus jadi ngga terasa sesak. Bagian dalam goa dihiasi stalaktit dan stalagmit dengan bentuk yang indah. Suasana didalam goa ini sangat tenang, dingin, gelap dan sepi. Lantai goa yang berupa tanah ini juga terasa lembab karena terkena tetesan air stalaktit.

goa batu batimurung

Goa Batu ini juga dikenal sebagai Goa Jodoh, dimana bagi mereka yang percaya biasanya akan mengajak pasangan yang akan dinikahinya ke goa ini. Di dinding dalam goa terdapat sebuat tempat berupa cekungan yang konon katanya dipercaya bisa memperlancar jodoh. Nah, pasangan yang akan menikah tersebut biasa naik ke cekungan ini bersama-sama untuk memanjatkan doa. Sementara di sudut goa ada sebuah tempat yang katanya merupakan tempat bertapa Raja Bantimurung. Lalu ada juga sumber air tawar yang berkhasiat jika digunakan untuk membasuh muka maka akan awet muda. Sumber air ini masih mengalir hingga saat ini lho guys.

goa batu batimurung

goa batu batimurung

Sebenernya agak merinding juga sih kalo harus gelap-gelapan di dalem goa, tapi ini bener-bener jadi pengalaman yang menarik banget buat saya share sama yang lain. Tapi, dibalik itu semua bebatuan disini memang indah banget guys. Karena memang goa ini gelap banget, makanya banyak sekali kelelawar yang hidup didalam goa ini. Jadi jangan kaget ya.

goa batu batimurung

Overall, saya sangat menikmati keindahan goa ini meskipun agak meirnding disko karena gelap banget. Tapi keindahannya bener-bener ngga usah diragukan lagi. Ohya, masuk ke goa ini ngga usah bayar tiket masuk lagi karena udah jadi satu sama tiket masuk ke Taman Nasional Bantimurung, yaitu sebesar Rp 15.000 per orang. Kalian cukup kasih tip aja buat guide yang nemenin kalian mengeksplore goa ini. 

goa batu batimurung








Tips and Trick
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Buat kalian yang takut kegelapan, saya sarankan untuk ngga kesini.
  • Pakai baju yang nyaman.
  • Bawa perbekalan makanan dan minuman ringan.
  • Jaga kebersihan goa dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Dilarang berbicara keras-keras di dalam goa.
  • Siapkan stamina yang fit karena perjalanan ke goa ini lumayan melelahkan.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY