Liburan di Curug Panjang, Berasa Air Terjun Milik Pribadi

curug panjang bogor

sandal | Sightseeing
Bogor, Jawa Barat, Indonesia | Waterfall
29 Nov 2018


Liburan di Curug Panjang, Berasa Air Terjun Milik Pribadi
Ingin merasakan bagaimana memiliki Air terjun pribadi? disini kalian bisa merasakan memiliki air terjun pribadi karena disini sunyi, tenang, dan udara nya sejuk. Selain itu pemandangan disini indah!

How to Get There

Ngga akan pernah bosen rasanya kalo harus explore wisata di Kota Bogor ini. Mendapat julukan sebagai kota hujan, Bogor memang berada di dataran tinggi sehingga membuat curah hujan di kota ini begitu tinggi. Namun, dibalik itu semua Bogor punya banyak sekali tempat wisata kece yang pastinya akan membius semua wisatawan. Beberapa diantaranya udah aku explore sih, mulai dari Taman Bunga Sakura Cibodas, Wisata Keluarga di Kampung Salaka dan Devoyage. Ngga cuma itu lho guys, Bogor juga dikenal sebagai kota dengan seribu air terjun karena banyak sekali bisa ditemukan air terjun di kota ini, misalnya Curug Luhur dan Curug Cilember yang sangat menawan.

Nah, kali ini aku mau explore air terjun atau curug lagi nih guys. Kebetulan Minggu lalu aku free dan diajakin salah satu temen buat jalan-jalan ke Curug Panjang. Sebenernya aku udah lama banget pengen dateng ke Curug Panjang ini, tapi baru kali ini kesampean.

Curug Panjang berada di daerah lereng Gunung Paseban dan lumayan deket sama Taman Safari Indonesia di Cisarua. Dari pusat kota Bogor, jarak yang perlu ditempuh sekitar 20 km atau butuh waktu sekitar 1,5 jam. 

Setibanya disana, kalian wajib membayar tiket masuk dan menitipkan kendaraan sebesar Rp 3000. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 200 meter untuk sampai di air terjun. jalan untuk menuju ke air terjun ini melalui jalan setapak dengan tebing yang tinggi dan penuh pepohonan juga bebatuan. Seru banget deh!

curug panjang bogor

What to Do

Dibandingkan dengan Curug Luhur dan Curug Cilember, Curug Panjang memang ngga terlalu banyak dikenal orang. Justru itu, menurut aku jadinya tempat ini ngga banyak dikunjungi jadi keasrian dan kealamiannya masih tetap terjaga. Daya tarik utama dari curug ini adalah keindahannya dan udaranya yang sejuk. Ngga cuma itu, airnya yang mengalir juga sangat dingin dan jernih sehingga pengunjung bisa menikmati kesegarannya.

curug panjang bogor

Keunikan dari Curug Panjang ini adalah aliran airnya. Kalo biasanya air terjun airnya mengalir secara vertikal dari ketinggian tebing hingga ke dasar lalu membentuk suatu kolam atau aliran sungai kecil, tapi aliran air di Curug Panjang ini posisinya miring dan memanjang dengan kepanjangan sekitar 20 meter. Pantes aja yaa kalo curug ini diberi nama Curug Panjang.

curug panjang bogor

Meskipun wisata ini ngga terlalu terkenal, tapi fasilitas yang disediakan di air terjun ini cukup lengkap lho guys. Disini udah ada mushola, toilet, warung penjual makanan, pusat informasi dan juga parkiran untuk kendaraan. 

Video by Masdian Abdullah

Aktivitas seru yang bisa kalian lakukan disini adalah berenang dan bermain air di sekitaran air terjunnya. Buat kalian yang ngga bisa berenang dan pengen main air, disini juga udah disediain persewaan pelampung dengan harga Rp 15.000 per orang. Selain berenang, kalian juga bisa melakukan tracking melawan arus sungai hingga sampai di Curug Bulao yang bisa ditempuh selama 1 jam tracking. 

curug panjang bogor

Kondisi air terjun ini yang sepi pengunjung membuat kalian akan merasa berada di air terjun pribadi. Hawanya yang sejuk dan menikmati semilir angin pagunungan yang segar ditambah lagi dengan suara air terjun yang menenangkan. Bener-bener cocok buat melepas penat.

curug panjang bogor


Tips and Trick
  • Untuk menuju kesini, saran aku mending bawa kendaraan pribadi aja.
  • Jalur menuju ke air terjun ini bisa dibilang agak menantang, pastikan kondisi kendaraan yang kalian gunakan dalam keadaan bagus.
  • Siapkan stamina yang fit untuk trekking.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Bawa perlengkapan mandi dan baju ganti.
  • Bawa bekal dari rumah.
  • Harus ekstra hati-hati jika ingin berenang disini karena arus Curug Panjang sangat deras, apalagi saat musim hujan.
  • Jaga kebersihan tempat ini.
  •  

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY