Effida | Explorer
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
28 Nov 2018


Di Awal Musim Hujan, Surabaya Bertabur Bunga Layaknya Negeri Sakura
Surabaya berasa Jepang!!! Surabaya viral karena ada bunga sakura yang indah tumbuh subur disini!

How to Get There

Hi guys! Kalian tau ngga kalau di Surabaya lagi ada jalan dengan pepohonan yang instagramable banget, jalanan yang ala ala Jepang itu lho! Kalau lagi di Surabaya, kalian akan dengan mudah menemukan pohon dengan tampilan yang cantik ini di beberapa jalan protokol di Surabaya. Nggak perlu jauh jauh ke Jepang deh!

Perkenalan dulu deh sama pohonnya wkwk. Jadi, pohon yang ada di beberapa jalan protocol di Surabaya ini meiliki nama asli Tabebuya Christirica. Biasa dipanggil dengan nama pohon Tabebuya atau pohon Tabebuia. Nggak hanya di satu jalan di Surabaya, kalian bisa menemukannya di beberapa jalan protocol seperti di daerah Graha SA, Kertajaya, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Pahlawan. Udah cukup kenal kan dengan Bunga Tabebuia? Sekarang bahas tentang bunga yang cantik dan istagramable ini yuk!

wisata di surabaya

What to Do

Bunga cantik yang bernama Tabebuia ini lagi ngehits dan banyak dicari oleh warga Surabaya. Kenapa? Karena Bunga Tabebuia ini hanya mekar di bulan bulan tertentu. Dalam satu tahun, Bunga Tabebuia hanya akan mekar pada bulan Oktober – November dan akan mulai berguguran di November akhir hingga bulan Desember.

Pas dilihat sekilas memang mirip dengan Bunga Sakura, apalagi aku yang ngeliat, maksudnya yang masih awam banget sama Bunga Sakura dan Bunga Tabebuia gitu lho. Tapi kalo dilihat lebih dekat, bentuk Bunga Tabebuia memiliki perbedaan bentuk dengan Bunga Sakura di Jepang. Bunga Tabebuia memiliki bentuk terompet dengan lima kelopak. Nggak hanya itu, Bunga Tabebuia juga memiliki warna yang banyak diantaranya ada warna kuning, putih, dan merah muda. Kalau Bunga Sakura dari Jepang hanya memiliki satu warna yakni merah muda dan bentuknya membujur. Nah kalau di Surabaya itu Bunga Tabebuia ya bukan Bunga Sakura hehe.

wisata di surabaya

wisata di surabaya

Ternyata, Bunga Tabebuia ini memang bisa tumbuh dan berbunga di iklim tropis dan mekar saat musim kemarau. Nah kan sekarang mau mendekati bulan Desember, jadi Bunga Tabebuia yang ada di Surabaya ini mulai berguguran gitu, justru itu sih yang bikin makin enak dilihat. Pada saat mekar, dedaunan yang ada di pohon ini mulai jarang, entah gugur atau gimana ya yang jelas bagus banget wkwk. Nggak jarang lho fotografer berdatangan hanya untuk mengabadikan momen mekar dan gugurnya Bunga Tabebuia yang ada di beberapa jalan protokol di Surabaya.

bunga sakura

bunga sakura

Sudah cukup lama lho pohon yang menghasilkan bunga indah ini tertanam di beberapa jalan di Surabaya. Mungkin pas aku lewat kadang pas belum mekar gitu kali ya, kok baru tahu sekarang hehe. Ternyata, Pohon Tabebuia ini ditanam pada tahun 2009 dalam rangka pembenahan tata ruang kota. Pemerintah nggak hanya menanam Bunga Tabebuia yang berwarna merah muda lho, melainkan juga warna kuning dan putih. Gimana? Makin terlihat asri dan keren kan Kota Surabaya?

Youtube : Bangga Surabaya

Menurut pemerintah, Bunga Tabebuia ini nggak hanya berfungsi untuk mempercantik jalanan Kota Surabaya, melainkan juga sangat membantu menyediakan oksigen di kota sibuk seperti Kota Surabaya. Puncaknya, Bunga Tabebuia akan bermekaran dengan indah di pertengahan bulan November. Jadi kalau kalian pengen menikmati indahnya Bunga Tabebuia ini, datanglah ke Surabaya di pertengahan November ya! Mekarnya Bunga Tabebuia ini juga nggak lama, hanya sekitar 7 hingga 8 hari kemudian mulai gugur, justru pas mulai berguguran jadi makin cantik dilihat ya hehe.

Tips and Trick

Jangan lupa siapkan camera kalian untuk mengabadikan momen yang langka ini!

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY