olive | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | City Trip
01 Nov 2016


Telaga di atas awan (Embung Sriten)
Embung Sriten.. Nama yang unik bukan? Embung artinya tempat penampungan air hujan yang terletak di atas bukit dan digunakan sebagai sarana irigasi.

How to Get There

Embung Sriten ini merupakan telaga buatan di puncak tertinggi Gunung Kidul, tepatnya di Desa Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Gunung Kidul.

 

Dari Yogyakarta lewati jalan Wonosari menuju Bukit Bintang. Sampai di pertigaan Sambipitu (setelah SPBU di kanan jalan, maju sedikit) ambil arah kiri, menuju Nglipar. Masuk di Perkebunan Hutan Kayu Putih. Sebelum Pasar Nglipar ada pertigaan ambil yang ke kiri. Sampai jalan Nglipar terus ke Ngawen terus lewat Kedungpoh. Sampai pertigaan di timur Kantor Kepala Desa Pilangrejo ambil arah kiri. Ikuti jalan sampai pos ronda kecil sebelum pertigaan ambil arah lurus. Jalan terus hingga menemukan jalan cor blok, lurus lagi sampai mentok kemudian ambil jalan ke kiri.

 

   

 

Jalan menuju lokasi masih belum bagus (masih berbatu kecil) sehingga butuh perjuangan ekstra untuk sampai di Embung Sriteng ini. Namun usaha ini tidaklah sia-sia, terbayarkan oleh indahnya pemandangan yang ada.

What to Do

Bukan hanya bermanfaat, keindahan panorama yang ditawarkan di tempat ini pun sungguh mempesona. Naik sedikit ke atas bukit yang ada di atas embung, kita dapat menikmati pemandangan sawah, bukit serta perumahan di bawah sana.

 

   

 

   

 

Rencananya, kelak Embung Sriten ini akan digunakan sebagai kawasan agrowisata serta digunakan sebagai salah satu tempat wisata paralayang juga.

 

Oh iya, di sekitar embung ini sudah disediakan gazebo untuk beristirahat sejenak. Ada toilet serta warung juga kok, jadi tidak perlu khawatir.

Tips and Trick
  • Pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi bagus, karena banyak tanjakan yang harus dilalui (terutama kondisi ban, kopling dan rem)
  • Disarankan menggunakan motor bebek (bukan matic)
  • Apabila melalui tanjakan yang sulit, sebaiknya penumpang yang dibonceng turun dan berjalan saja (agar tidak jatuh)
  • Tidak disarankan datang pada saat cuaca hujan, kondisi jalan yang masih berupa tanah akan menambah kesulitan 2x lipat. Bila terpaksa datang, perlu kewaspadaan extra
  • Kadang sore hari kabutnya turun, sedia jaket biar ga kedinginan
  •  

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY