biosel | Sightseeing
Karangasem, Bali, Indonesia | Historical Places
09 Nov 2018


Tirta Gangga Water Palace: Taman Kerajaan yang Dikelilingi Air Suci
Tirta Gangga Water Palace ini memiliki taman yang di kelilingi air suci dan pemandangan yang indah!

How to Get There

Siapa bilang traveling ke Bali butuh biaya mahal? Banyak yang beranggapan bahwa jalan-jalan ke Bali butuh biaya yang ngga sedikit tapi, bisa juga kok traveling hemat ke Bali. Caranya? Kalian pergi aja ke tempat wisata yang tiket masuknya murah ataupun gratis. Emang ada? Ada banget! Beberapa waktu yang lalu, aku udah share tentang salah satu wisata hits Bali yang gratis, yaitu Taman Bunga Marigold. Atau kalo kalian suka wisata yang agak mistis, aku mau suggest kalian buat dateng ke Desa Trunyan untuk menyaksikan kuburan unik dan bersejarah. 

Anyway, kali ini aku mengulas salah satu wisata bersejarah namun sangat indah yang ada di Karangasem, Bali yaitu Tirta Gangga. Tirta Gangga berada di Desa Abang, Kecamatan Bang Kabupaten Karangasem. Kalo dari kota Denpasar, kalian bisa lewat Jalan Prof Ida Bagus Mantra, melalui Kabupaten Klungkung. Saran aku sih mending kalian bawa kendaraan pribadi atau kalian bisa rental motor atau mobil di kota Denpasar.

tirta gangga water palace

What to Do

Tirta Gangga memiliki luas kurang lebih 1,2 hektar yang memanjang dari timur ke barat. Ada tiga hal yang bisa dikunjungi disini, antara lain kebun, kolam air dan patung. Lokasinya yang berada di tengah area persawahan dan air yang ada di taman ini asalnya dari mata air Rajasa. Katanya sih, taman ini masih milik Kerajaan Karangasem. 

tirta gangga water palace

Saat pertama kali memasuki kawasan taman, hal pertama yang terlihat adalah hamparan kolam air dan sebuah candi yang menjulang tinggi di bagian kanan. Di dalam kolam ini kalian bisa lihat banyak ikan hias yang berenang bebas di dasar kolam. Air di taman ini sangat jernih dan dingin karena memang berasal dari mata air yang dianggap oleh masyarakat lokal sebagai air suci. Biasanya air tersebut digunakan untuk upacara keagamaan di daerah sekitar taman Tirta Gangga. Amata air Rejasa punya jumlah air yang sangat besar, jernih dan dingin. Sekitar sepertiga dari mata air ini dikirim ke rumah penduduk di Kota Amlapura dan dua pertiganya digunakan untuk mengisi kolam dan pembuangan dari kolam akan digunakan untuk pertanian.

tirta gangga water palace

tirta gangga water palace

Terdapat tiga tingkatan bangunan di taman ini. Pada bangunan tertinggi, ada mata air yang berada di bawah pohon beringin. Lalu di level kedua, ada kolam renang dan bangunan yang paling bawah adalah kolam hias dengan air mancur. Buat kalian yang mungkin penasaran gimana sejukknya mata air disini, kalian bisa sempatkan untuk berenang di kolam renangnya. Aku pun kemarin nyobain buat berenang disana, airnya bening banget dan pastinya menyegarkan. Bener-bener beda sama kolam renang modern.

tirta gangga water palace

Ohya, ada yang menarik untuk diulik lagi soal Tirta Gangga ini, yaitu sejarahnya. Seperti yang udah aku sebutin sebelumnya, kalo taman ini merupakan milik Kerajaan Karangasem. Nama Tirta Gangga sendiri berasal dari kata Tirta yang bermaksa air suci dan Gangga yang merupakan nama sungai di India. Taman air ini dibangun pada tahun 1946 oleh Raja Karangasem saat itu, yaitu Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Namun, pada tahun 1963 taman ini pernah rusak parah akibat letusan Gunung Agung. Kemudian pemerintah Kabupaten Karangasem melakukan renovasi besar-besaran di taman ini untuk kemudian dijadikan tempat wisata.

tirta gangga water palace
tirta gangga water palace

Tips and Trick

Menurut aku, tempat ini cocok banget buat kalian traveler budget yang pengen jalan-jalan ke Bali, pasalnya tiket masuk taman ini cukup terjangkau yaitu hanya Rp 5000 per orangnya. Karena ini lokasinya banyak airnya, aku saranin kalian buat pake alas kaki yang sesuai. Kalo kalian berencana berenang di kolam renangnya, kalian akan dikenakan tiket lagi sebesar Rp 6000 dan jangan lupa buat bawa perlengkapan mandi dan baju ganti. Jangan lupa bawa kamera dan jaga kebersihan tempat ini. Ohya, tempat ini buka setiap hari mulai jam 08.00 - 18.00 WITA, Kecuali hari Minggu Tirta Gangga tutup sampai jam 18.30 WITA. So, jangan dateng kesorean ya guys.

Video by Beautiful Indonesia

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY