chiwing | Tourist
Pacitan, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
17 Oct 2018


Pantai Srau Pacitan, Pantai Alami nan Tersembunyi
Pantai Srau Pacitan ini memiliki pemandangan alam yang sangat memukau, menjadi surga tersembuyi di Pacitan!

How to Get There

Masih seputaran Pacitan nih guys, soalnya kalo udah main ke salah satu pantai di Pacitan, ngga afdol kalo ngga main di pantai-pantai lainnya. Beberapa waktu yang lalu, aku udah nulis tentang pengalaman aku jalan-jalan ke Pantai Soge dan Pantai Teleng Ria. Nah, kali ini aku mau mengulas salah satu pantai yang menurutku bagus dan lokaisnya agak tersembunyi yaitu Pantai Srau.

pantai srau pacitan

Pantai ini terletak di Dusun Srau, itulah kenapa pantai ini diberi nama Pantai Srau. Pantai ini berada sekitar 30 km dari pusat Kota Pacitan dan jalanan menuju kesana kondisinya lumayan bagus. Dari Alun-alun Kota Pacitan tinggal menuju arah barat, kalian bisa naik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Sepanjang jalan menuju kesana juga udah banyak banget petunjuk arahnya, jadi ngga usah bingung. Atau kalo kalian masih bingung, kalian bisa pake maps.

Video by Arivin_Miong

What to Do

Bisa dibilang sih Pantai Srau ini mulai menjadi primadona dan mulai menggeser popularitas pantai-pantai lainnya yang ada di Pacitan, seperti Pantai Soge dan Pantai Klayar yang sudah terlebih dulu hits. Pantai ini dikenal karena letaknya yang tersembunyi, selain itu juga pantai ini punya pasir yang putih dan bersih. Ombak disini juga dikenal cukup besar untuk bermain selancar, ngga kalah sama Pantai Teleng Ria deh pokoknya. 

pantai srau pacitan

Sebenernya pantai ini terbagi dari tiga bagian, yaitu bagian timur, tengah dan barat. Karena memiliki tiga bagian pantai hal ini membuat Pantai Srau sangat keren dinikmati dalam suasana apapun, saat matahari terbit hingga matahari terbenam. Buat kalian yang pengen lihat matahari terbit, kalian bisa pergi ke pantai di bagian timur dan kalo kalian pengen lihat matahari terbenam, kalian bisa pergi ke pantai di bagian barat. Dimana pemandangan sunrise dan sunset nya indah banget.

pantai srau pacitan

Nah, sambil nungguin sunset, aku kemaren menikmati keindahan Pantai Srau di bagian tengah yang memiliki pemandangan hamparan pantai yang luas dan memesona. Disini terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan bentuk yang menjorok ke laut sehingga menambah eksotika pemandangan di pantai ini. keren banget lah tempatnya buat kalian yang hobi fotografi. 

wisata di pacitan

Karena kemarin kebetulan lagi ngga mood buat berselancar, aku pun hanya menikmati pantai ini sambil bersantai menikmati makanan ringan yang udah aku bawa sebelum kesini. Sebenernya ngga disarankan buat berenang di pantai ini karena ombaknya yang besar, jadi kalian cukup bermain air di pinggiran pantai. Apalagi kalo bawa anak kecil harus bener-bener diawasi.

wisata di pacitan

Karena lokasinya yang tersembunyi, membuat pantai ini masih jarang dikunjungi oleh banyak orang. Jadi kalo jalan-jalan kesini, berasa ada di pulau pribadi karena hanya segelintir orang aja. Pasir putih yang luas dan birunya air laut yang jernih berpadu menjadi pemandangan indah dan sangat cocok untuk digunakan bersantai. Agar santai di pantai makin lengkap jangan lupa buat nikmati kuliner khasnya seperti Ikan Panjo. Ikan ini mirip dengan Ikan dengan ikan cucut tapi tulangnya berwarna hijau kebiruan. Dagingnya lembut dan rasanya gurih. 

Buat kalian yang pengen camping disini juga bisa kok guys, kalian bisa memilih tempat di bagian barat pantai karena disini lokasinya agak tersembunyi dan menyimpan sumber air tawar. Dan lagi, pemandangan di bagian sini bagus banget pas sunset. Keren banget deh pokoknya. Yuk segera agendakan liburan kamu ke Pantai Srau ini!

wisata di pacitan

Tips and Trick
  • Tiket masuk pantai ini sebesar Rp 5000 per orang.
  • Jangan lupa bawa baju ganti kalo kalian pengen main air.
  • Bawa kamera.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Kalo kalian berencana camping, jangan lupa bawa peralatan lengkapnya.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY