dino | Traveler
Jember, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
09 Oct 2016


Indahnya pantai papuma ( Hawaii of Indonesia )
Anda ingin merasakan sensasi saat berada di Hawai nahh di indonesia juga ada Pantai yang pemandangannya seperti di Hawai lohh. Anda ingin mencoba sensasi saat berada di hawai.

How to Get There

Anda ingin ke Pantai Papuma? Pantai Papuma ini terletak di desa Lojejer, kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur Indonesia. 

Jika anda ingin ke Pantai ini, Perlu anda ketahui bahwa medan yang ditempuh ketika anda pergi ke Pantai Papuma Jember lumayan curam, jadi yang perlu anda persiapkan adalah mobil / jeep yang sehat, sehat disini dalam artian bahwa mobil anda tidak bermasalah ketika dipakai untuk tanjakan dan perjalanan jauh. Namun jangan khawatir itu pun hanya berjarak 300 meter saja tidak lebih. Selanjutnya kerja keras dan ketegangan anda di perjalanan akan terbayarkan saat sampai ditempat tujuan.

Untuk berkunjung ke Pantai Papuma Jember anda tidak bisa menggunakan bis besar karena jalan yang berkelok-kelok dan juga curam dengan tingkat kecuraman berkisar antara 45'-50'. Namun bagi anda yang sudah terlanjur panitia dan pengelola sudah menyiapkan kendaraan untuk mengantar anda ke Pantai Papuma Jember yaitu ojek dengan harga berkisar IDR12.500 perorang (tidak termasuk harga karcis masuk).

Perjalanan ke Pantai Papuma cukup mudah para traveler bisa mengambil arah dari surabaya ke jember lalu ke lokasi Pantai Papuma yang berjarak sekitar 217 km dan memakan waktu tempuh sekitar 5 jam 55 menit untuk sampai ke lokasi.

Semoga informasi ini berguna bagi anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Papuma yang mempesona ini selamat mencoba.

What to Do

Di Jember Pantai Papuma ini sangat terkenal jadi hampir semua masyarakat jember tahu akan keberadaannya, dan pantai ini ramai di kunjungi karena keindahannya yang membuat traveler jatuh hati dengan Pantai Papuma, tidak hanya pengunjung dari pulau jawa saja loh penasaran dengan pantai ini tetapi banyak juga traveler yang rela jauh-jauh datang untuk menikmati keindahannya yang mempesona.

Pantai Pasir Putih Malikan atau yang lebih dikenal dengan nama singkatnya “Papuma” merupakan salah satu objek wisata yang jadi andalan wisata terbaru kota Jember, Jawa Timur. Pesona pantai yang masih terjaga serta keunikan batu-batu karang yang menjadi daya tarik utama Pantai Papuma menjadikannya sebagai lokasi wisata alam yang banyak diburu wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

 

Pantai cantik ini tak lepas dari serangkaian mitos dan legenda yang meliputi sejarahnya. Mulai dari batu-batu karang misterius hingga rumor korban jiwa yang dikaitkan dengan ratu pantai selatan, berikut ini saya tampilkan 5 mitos gaib seputar Pantai Papuma, Jember.

 

  1. Ombak pantai selatan yang selalu memakan korban

Seringnya kecelakaan yang terjadi di sini dikait-kaitkan dengan Nyi Roro Kidul, sang penguasa pantai selatan yang konon memang sering mengambil korban manusia untuk dijadikan penghuni kerajaan gaibnya.

  1. Pulau tak bernama yang dihuni oleh ular - ular berbisa

Merupakan salah satu ciri khas Pantai Papuma adalah gugusan batu karang yang berukuran raksasa dan oleh penduduk setempat disebut pulau atau gunung kecil. Total ada tujuh tonjolan batu karang yang jika dilihat dari sudut tertentu tampak seperti berderet. Masing-masing batu memiliki nama, yaitu Dhampar Kencana, Genteng/Kura-Kura, Kodok, Kresna, Narada, dan Kajang. Ada juga yang menyebutnya Batara Guru, Kresna, Narada, Nusa Barong, dan Kajang. Namun ada sebuah batu karang yang tak memiliki nama sendiri. Batu karang ini dihindari oleh warga setempat. Tak ada yang berani mengunjunginya karena konon karang tersebut dihuni sekawanan ular berbisa.

  1. Batu malikan

Menurut situs resmi Papuma, malikan yang menjadi asal-usul nama pantai ini adalah sebuah batu datar yang mirip kerang raksasa berjajar di sepanjang bentangan pantai yang menghadap ke barat. Karena letaknya yang bersebelahan dengan Pantai Watu Ulo, Papuma ini memiliki berbagi sejumlah mitos dan legenda yang sama dengan pantai tetangganya itu.

Batu Malikan konon merupakan tempat di mana Raden Mursada dan Mursaud (atau Marsudo dan Joko Samudera menurut versi cerita yang lain) memancing. Di atas batu itulah Marsudo atau Mursada tak sengaja memancing ikan ajaib Raja Mina yang kemudian ia lepaskan. Dan di situ pula kail Joko Samudera atau Mursaud tersangkut ular raksasa yang kemudian dibelah menjadi tiga bagian oleh Marsudo dengan cemeti pemberian Raja Mina. 

  1. Goa Lawa

Di salah satu bagaian Pantai Papuma terdapat batu karang dengan ceruk kecil yang oleh penduduk setempat dinamakan Gua Lawa atau 'gua kelelawar'. Gua ini tidak selalu bisa dilihat traveler. Goa ini Hanya bisa di lihat saat air sedang surut saja. Menurut mitos yang dipercayai penduduk setempat, gua ini merupakan tempat bersemayam Dewi Sri Wulan, salah satu putri penguasa pantai selatan dan tempat Kyai Mataram bersemedi.

  1. Larung sesajen agar panen ikan melimpah

Apa itu larung sesajen? Di Pantai Papuma rutin dilakukan ritual larung sesajen. Persembahan sesajen ini merupakan tradisi yang diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu. Biasanya warga sekitar ramai-ramai mendoakan sesajen tersebut sebelum dihanyutkan ke laut. Tujuan ritual ini adalah sebagai perwujudan rasa syukur atas kelimpahan panen ikan tahun ini dan tentu saja sebagai bentuk permohonan agar panen ikan terjadi sepanjang tahun.

Itulah 5 mitos aneh dan gaib yang berkaitan dengan Pantai Pasir Putih Malikan, Jember.

 

 

 

Apa yang bisa traveler lakukan saat berada di Pantai Papuma? Di sini anda bisa menyusuri pesisir pantai dengan udara pantai nya yang sejuk dengan ombak yang besar membuat traveler yang berkunjung di tempat ini merasa nyaman dan dengan melihat keindahan pantai ini di jamin deh perjalanan yang awalnya melelah kan akan terbayar dengan pemandangannya yang eksotis membuat anda takjub dan merasa nyaman saat berada di pantai ini dengan teman, keluarga,dan orang tersayang.

Tidak hanya itu pantai ini di kelilingi oleh barisan bukit-bukit , ekosistemnya di sini masih sangat terjaga dan udara disini juga sangat sejuk karena pantai ini berdekatan dengan hutan lindung yang sangat mendukung untuk anda yang ingin melakukan kegiatan outdoor misalnya berkemah, outbound, penjelajahan, penelitian dan kegiatan lainnya.

 

 

 

Nah bagi anda yang berkunjung ke Pantai Papuma bingung ingin menginap dimana? jangan Khawatir dan bingung ingin beristirahat dimana, di area Pantai Papuma terdapat Cottage yang di sewakan dengan harga yang bervariasi sesuai dengan fasilitas yang di sediakan, Pihak pengelola wisata menawarkan banyak pondok dan cottage dengan harga 150-450 ribu dengan fasilitas yang berbeda-beda sesuai dengan harga yang di tawarkan.

 

Nah bagi anda yang ingin berlibur dengan penginapan yang lebih murah datang lah di kota jember dengan tariff lebih murah yaitu antara 70 ribu- 100 ribu lohh kamar disini difasilitasi kamar Mandi dalam, Tv, dan Single bed, tanpa AC sihh tapi bagi anda yang tidak bisa tidur tanpa AC anda bisa memilih kamar dengan harga 120 ribu dengan fasilitas Tv, kamar mandi dalam, Ac, bed, dan dapat sarapan pagi. Beberapa penginapan itu seperti Hotel Bintang Mulia, Hotel Cendrawasih, dan Hotel Merdeka.

 

Di area pantai juga terdapat berbagai makanan dengan menu Seafood jadi bagi anda yang berkunjung ke pantai ini tidak usah khawatir ya ingin makan dimana karena di area pantai terdapat warung-warung yang memiliki menu-menu yang siap mengisi perut anda dan memanjakan lidah anda.

 

Pantai ini merupakan pantai tereksotis di Jawa Timur loh, tidak heran pantai ini selalu ramai dengan pengunjung yang menyukai menghabiskan waktu untuk berlibur ke Pantai ini, karena Airnya yang berwarna hijau kebiruan yang menambah pesona dan kesan yang indah. Pantai Papuma juga memiliki sunrise dan sunset yang indah loh.

Seru bukan berlibur ke Pantai Papuma dengan pemandangan pantai nya yang indah di tambah lagi dengan sunsetnya yang membuat liburan anda dengan teman, keluarga, dan orang tersayang susah untuk di lupakan, jangan lupakan yang menjepret keindahan pantai ini dengan orang tersayang agar bisa di simpan mau pun di abadikan. Ayoo!!! Berkunjung ke Pantai Papuma yang eksotis ini.

 

Untuk dapat menikmati berlibur ke Pantai Papuma traveler harus membayar tiket masuk Rp. 7.000,- untuk hari biasa dan pada hari libur Rp. 15.000,-. Sedangkan kendaraan yang masuk ke Pantai Papuma dikenakan biaya roda 2 dengan biaya Rp. 1.000 sedangakan roda 4 dikenakan biaya Rp. 2.000 (Harga bisa berubah sewaktu-waktu).

 

 

 

Tips and Trick
  1. bawa snack dan air secukupnya Sebab, Anda mudah terkena dehidrasi di pantai terutama saat terik matahari.
  2. jangan berenang di pantai papuma dikarenakan ombaknya sangat deras
  3. jaga sikap dan perkataan dipantai papuma dikarenakan pantai ini cukup dikeramatkan
  4. jangan buang sampah di sembarang tempat , jagalah kebersihan alam.
  5. Pasti menyebalkan ketika sedang di pantai dan sandal jepit Anda rusak. Anda bisa membawa sandal 2 agar saat sandal anda putus bisa memakai sandal yg anda bawa tadi.
  6. Benda lainnya yang wajib dibawa tentu saja kamera untuk mengabadikan momen liburan Anda. Lalu kacamata hitam, baju ganti, dan sandal jepit. Tak ada salahnya Anda membekali diri dengan plester luka, juga obat-obatan pribadi.
  7.  

    Disini saya ada video mengenai “Pantai Papuma” yang membuat anda takjub karna suasana alam dan keindahannya yang harus anda coba dan anda ketahui.

    Anda penasaran???

    Klik disini -> 

                          

    *Picture that I use in Review is not mine , i take it from google , thank you.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY