luna | Tourist
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia | Beach Exploring
05 Oct 2018


Teluk Hijau: Eksotisme Wisata Pantai di Banyuwangi
Indahnya Pesona alam yang ada di Teluk Hijau di Banyuwangi, Membuat saya terpesona dengan kecantikan tekuk nya yang berwarna hijau!

How to Get There

Apa yang kalian inget kalau denger kata Banyuwangi? Pelabuhan Ketapang? Kawah Ijen? Atau deretan pantainya yang indah? Yang jelas, Kabupaten Banyuwangi memiliki banyak sekali keindahan wisata alam. 

Akhir akhir ini Banyuwangi memang lagi ramai diperbincangkan karena wisata indahnya, ada Kawah Ijen, Pulau Merah, Green Bay atau Teluk Hijau, dan masih banyak lagi. Kalau Pulau Merah atau Green Bay mungkin kalian udah nggak asing lagi ya. Nah kali ini kami bakal traveling ke Teluk Hijau Banyuwangi. 

Alamat dari Teluk Hijau Banyuwangi ini ada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Kalau dari Pantai Merah masih lumayan deket. 

Sebagian orang Banyuwangi menyebutnya dengan sebutan teluk ijo. Ijo itu sama dengan Hijau ya kalau dalam bahasa Jawa. Tak hanya ada di Banyuwangi, sebutan Teluk Hijau juga ada di sebuah wisata di Tulungagung. 

Dari pusat Kabupaten Banyuwangi, kalian perlu menempuh perjalanan dengan jarak kurang lebih 90 kilometer. Saat akan tiba menuju Teluk Hijau, jalanan yang dilewati akan lebih berkelok dan menanjak, pastikan bensin kalian udah full yak arena akan susah cari pom bensin disini. Bawa makanan dan minuman juga karena kalian udah nggak akan menemui perkampungan atau pertokoan disini. 

Youtube - Discovery Banyuwangi

What to Do

Nama Teluk Hijau ini diberikan karena kalau dilihat dari kejauhan laut disini berwarna hijau. Kalau dilihat lihat, memang ada perbedaan dengan laut pada umumnya yang berwarna biru. Katanya, warna hijau yang ada di laut ini disebabkan karena kedangkalan laut dan adanya alga di dasar laut sehingga memantulkan warna hijau. Keran dan bersih banget kalau dilihat dari kejauhan. 

Teluk Hijau ini dibuka mulai pagi hingga sore hari. Yang lebih asik lagi, untuk masuk ke Teluk Hijau ini, pengunjung tidak dipungut biaya alias GRATIS lho. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir aja. 

teluk hijau banyuwangi

teluk hijau banyuwangi

Ada bnayak hal yang bisa kalian lakuin selama berada di Teluk Hijau. Pengunjung bisa berenang, snorkeling, maupun bermain pasir. Selain itu, masih ada keseruan lain lho yakni menaiki perahu nelayan untuk menyebrang. Untuk naik perahu ini dikenakan biaya Rp 35.000,- untuk pulang pergi.

Membawa camera juga menjadi hal yang seru, karena kalian jadi bebas berfoto. Teluk Hijau ini memiliki banyak spot yang bisa kalian gunakan untuk berfoto lho. Bersihnya kawasan Teluk Hijau juga dijamin bikin foto kalian makin bagus.

Jam jam yang disarankan untuk megunjungi teluk hijau ini adalah di pagi hari. Selain suasananya yang masih seger, panas matahari juga belum begitu menyengat. Yang cewe, jangan lupa pake sunblock ya biar ngga gosong.  

teluk hijau banyuwangi

teluk hijau banyuwangi

teluk hijau banyuwangi

Suasana yang ada di Teluk Hijau ini cukup nyaman dan menenangkan. Bagaimana tidak, kalian bisa bersantai menikmati indahnya pemandangan ditemani dengan suara deburan ombak yang menghantam bebatuan karang. Seru!

Di deket Teluk Hijau, kalian juga bisa menemukan air terjun kecil. Kalau musim hujan, air terjun ini akan menghasilkan debit air yang besar sehingga kalian bisa mantai sekaligus main main di sekitar air terjun. Asik bukan? 

teluk hijau banyuwangi

Wisatawan yang dateng ke Teluk Hijau juga nggak hanya berasal dari Banyuwangi saja, melainkan ada banyak yang dateng dari luar kota bahkan luar provinsi. Air lautnya yang bersih dan hamparan pasirnya yang indah memang bikin siapapun pengen kesini. 

Kalau kalian berniat ngecamp, Telu Hijau ini menyediakan tempat atau lahan untuk membangun tenda juga. Jangan lupa membawa tenda dan alat camp lainnya ya. Yang pengen menginap di penginapan, disini juga tersedia penginapan seperti villa maupun homestay, jadi pengunjung bebas memilih mau menginap dimana. 

Tips and Trick
  1. Jaga kebersihan Teluk Hijau
  2. Gunakan sunblock
  3. Datanglah pagi hari karena suasana lebih segar
  4. Pastikan kendaraan kuat untuk jalanan menanjak dan sudah isi bensin full ya
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY